-->

Membuat notifikasi berlangganan blogger / Push Notifications

Membuat notifikasi berlangganan blogger / Push Notifications
Membuat Notifikasi berlangganan blog, saat membaca artikel di blog atau website orang lain, anda pasti pernah bertemu dengan notifikasi melayang yang misalnya berisi pemberitahuan “ingin membaca info terbaru dari antapedia” kemudian diakhiri dengan 2 tombol "OKE SIP" atau "BELUM".

Model Notifikasi seperti ini menurut kami sebenarnya lebih bersifat permintaan untuk berlangganan artikel-artikel terbaru di website, namun permintaan tidak memaksa. it’s oke untuk mengingatkan pembaca barangkali ingin terus mengikuti postingan-postingan paling baru dari blog tersebut.
Memasang notifikasi permintaan untuk berlangganan memang cukup fair dan bisa menambah professional sebuah blog. Pengunjung tetap diberi pilihan mau berlangganan artikel atau tidak, jika tertarik maka secara sukarela akan menekan tombol “Allow” untuk berlangganan, sebaliknya jika tidak tertarik maka akan memilih “No.Thanks”.

Manfaat memasang Push Notifications untuk blog

Secara manfaat tentu saja saling menguntungkan antara penulis dan pembaca, Bagi blogger memiliki keuntungan dalam segi traffic blog, karena begitu penulis telah memposting artikel maka dengan segera akan diterima oleh orang yang belangganan blog. Sedangkan bagi pembaca dia akan mendapatkan informasi baru khususnya update sesuai tema blog yang diikuti.

Pada info kali ini kami akan membagikan tutorial tentang cara membuat notifikasi berlangganan menggunakan jasa pihak ketiga, yaitu menggunakan jasa website Onesignal secara gratis

Cara membuat tombol berlangganan Push Notifications:
  1. Masuklah pada website onesignal.com, klik Sign up
  2. Masukkan data email, Password, dan nama perusahaan / organisasi (nama organisasi bisa diisi dengan nama blog anda) dikolom ini anda bisa juga  mendaftar dengan cara lain menggunakan media sosial yang dimiliki yaitu Github, Google atau Facebook. Dalam hal ini kami membuat akun di OneSignal menggunakan email.
  3. Website OneSignal akan melakukan verifikasi melalui email yang telah didaftarkan, silahkan klik link yang dikirim melalui email tersebut untuk proses verifikasi.
  4. Anda akan dibawa pada halaman baru All Aplications, klik New App/Website (beri nama aplikasinya terserah anda, misalnya menggunakan nama blog) 
  5. Setelah selesai pilih Web Push kemudian Next
  6. Sampai di halaman Configuration Web Push pilih Website Builder, dibawahnya pilih Blogger (atau sesuaikan dengan platform masing-masing, misalnya wordpress, Joomla, Webly dll), kemudian isi form yang tersedia dibawahnya, setelah selesai klik Save
  7. Copy Kode HTML yang muncul dilayar add code to site, kemudian tempelkan di HTML Blog tepatnya dibagian bawah kode <head>. Jika sudah selesai klik simpan.
  8. Silahkan buka blog, sekarang sudah tampil Push Notification atau penawaran untuk berlangganan blog anda.
Jika cara diatas sudah diikuti dengan seksama, maka push notification dari OneSignal akan berfungsi dengan baik, jika belum berhasil coba dari awal lagi. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya tentang cara membangun blog yang baik secara lengkap dibawah ini








































Kapan Jadwal Pembayaran dari Google Adsense?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel