Cara mudah mengganti template blog

Pada Artikel sebelumnya Antapedia telah membahas tentang bagaimana caranya untuk membuat blog, dan sekarang mari kita bersama-sama belajar tentang cara mudah mengganti template blog.
Cara mudah mengganti template blog
Cara mudah mengganti template blog
APA SIH TEMPLATE BLOG ITU?

Template blog atau website adalah desain wajah halaman blog dengan berbagai komponen pelengkapnya, serta berfungsi sebagai aplikasi pada sebuah website. 

Sedangkan Template blog itu berguna untuk memperindah tampilan-tampilan pada website sehingga orang yang berkunjung pada blog kita merasa senang dan nyaman.

Berbagai macam template blog yang dapat digunakan, dan model template blog tersebut bisa dimodifikasi sesuai dengan selera pemilik blog.

Disaat pertama kali kita membuat blog, maka secara otomatis kita akan diberikan template bawaan standart yang disediakan oleh blogger.

Namun pilihan template bawaan blogger cukup terbatas, sehingga kita yang ingin memiliki template berbeda, akan dirasa perlu untuk menggantinya.

Bagi yang mengerti tentang css dan html, mereka akan sangat mudah melakukan modifikasi tampilan blog sesuai dengan keinginan mereka.

Namun bagi kita yang tidak mengerti pemrograman (termasuk saya pribadi), membuat sebuah template ini akan dirasa sangat sulit. Jalan keluarnya adalah dengan mengunduh secara gratis atau membeli template premium yang siap pakai.

BAGAIMANA CARA MEMASANG TEMPLATE PADA BLOG?

Dalam hal ini khusunya pada blog yang disediakan blogspot, kita bisa melakukan perubahan template seperti langkah-langkah yang akan Antapedia bagikan dibawah ini.

Langkah-langkah mengganti template blog

  1. Yang pertama, kita sediakan dulu tempale yang ingin dijadikan pengganti template blog kita sebelumnya. Jika templatenya masih dalam format rar silahkan di extract dulu menjadi file explorer.
  2. Masuklah pada dasboard blogger, disana kita akan menemukan berbagai menu pengeditan blog, pilihlah menu Tema.
    Cara mudah mengganti template blog
    Memilih menu Tema
  3. Selanjutnya pada halaman tema ini kita menuju pada tombol Cadangkan/Pulihkan
    Cara mudah mengganti template blog
    Tekan tombol Cadangkan / Pulihkan
  4. Akan muncul kotak download dan back up tema, pada langkah ini kita bisa lakukan back up dulu template yang lama dengan menekan tombol donwload tema untuk berjaga-jaga mungkin nantinya kita ingin kembali pada template sebelumnya.
  5. Langkah selanjutnya klik tombol Browse, kita akan dibawa pada halaman upload file yang berada pada hard drive, pilih template bereksistensi xml dan klik open.
    Cara mudah mengganti template blog
    Memilih file xml
  6. Kita dibawa kembali pada kotak upload tema, lihatlah pada gambar dibawah sudah ada file xml yang siap di upload, tekan tombol upload dan tunggulah hingga selesai loading.
  7. Sekarang kita tekan tombol Lihat blog untuk melihat hasilnya.
  8. Sukses! sekarang kita sudah berhasil mengganti template blog lama dengan template yang baru.
Setelah selesai mengganti template blog ini, kita bisa mengotak-atik pengaturan ringan pada template, misalnya memasang widget atau menambah menu-menu baru pada template.

PENUTUP

Bagi pemula diharapkan untuk berhati-hati untuk melakukan editing html ini, karena salah sedikit maka template tersebut akan rusak.

Jadi untuk mengamankan template, terlebih dahulu perlu selalu lakukan back up seperti cara no. 4 diatas, dan kita bisa edit template atau pengaturan lainnya.

Dan jika ternyata setelah melakukan editing pada template dan dirasa kurang cocok, kita bisa mengembalikannya pada template semula dengan mengupload template hasil back up tadi.

Itulah cara mudah mengganti template blog, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, khususnya para blogger pemula seperti saya.

Baca Selanjutnya: 9 Cara Monetize Website

Baca Juga:



3 Responses to "Cara mudah mengganti template blog"

  1. makasih , artikelnya membantu sekali untuk blogger pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
  2. jejak dulu gan, untuk pemula sangat bermanfaat artikel ini.

    ReplyDelete
  3. o..... seperti itu
    saya kira dicopy manual scrpnya :D
    thx infonya gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close