-->

Panduan membuat blog

Panduan membuat blog, Blogger adalah sebuah layanan online yang dimiliki oleh Google berfungsi sebagai media yang mewadahi kawan penggemar tulis-menulis, Promosi dan banyak hal lainnya.

Layanan simple dan cepat ini telah menjadi pilihan yang lebih disukai banyak blogger pemula, dan juga merupakan salah satu metode yang paling mudah untuk membuat dan menerbitkan sebuah blog gratis.

Jika Kita belum terbiasa dengan layanan blog dari Google, maka artikel ini akan mengajarkan Kita bagaimana caranya untuk membuat account dan memiliki sebuah blog pada situs Blogger.com.
Panduan membuat blog
Cara membuat Blog
Dibawah ini adalah langkah-langkah mudah untuk membuat sebuah blog
  1. Menavigasi ke www.blogger.com menggunakan browser web pilihan Kita.
  2. Masuklah menggunakan akun Google Kita untuk memulai.
  3. Jika Kita tidak memiliki akun Google, klik "Mulai" untuk membuat sebuah akun Google.
  4. Masukkan "Nama tampilan" digunakan untuk menandai posting blog Kita dan klik "Lanjutkan".
  5. Kemudian Klik "Buat Blog Anda sekarang"
  6. Pilih "judul Blog" dan URL yang tersedia untuk blog Kita. Kita dapat memeriksa jika URL Kita apakah tersedia atau tidak dengan mengklik "Cek ketersediaan" (jika tidak tersedia Cobalah menambahkan kata lain dan tidak menggunakan hal-hal seperti tanda penghubung, dll).
  7. Masukkan verifikasi kata dan klik Lanjutkan.
  8. Pilih template pemula, yang akan digunakan sebagai desain atau layout dasar blog Kita.
  9. Selanjutnya Klik "Mulai Blogging"
  10. Kita dapat membuat sebuah posting blog baru, mengedit posting, serta mengedit halaman melalui tab "Posting".
  11. Membuat Judul posting Kita dengan menulis dalam kotak teks di sebelah "Judul".
  12. Postingan Kita akan dimasukkan ke dalam editor teks "Compose", dimana Kita juga akan dapat mengakses fungsi editor teks dasar seperti ukuran font, warna teks dan kemampuan untuk menyisipkan link.
  13. Jika diinginkan Kita juga dapat menggunakan tab "Edit HTML" untuk memasukkan bahan postingan Kita dalam bentuk format HTML.
Bagian "Posting pilihan" yang terletak di bawah editor teks "Compose" yang akan memungkinkan Kita untuk mengaktifkan komentar pembaca, pengaturan HTML, dan posting waktu dan tanggal.

Kita dapat sekarang memilih "Simpan sekarang" untuk menyimpan posting Kita, "Pratinjau" untuk melihat posting Kita sebelum diterbitkan pada blog Kita, atau "Mempublikasikan posting" untuk mempublikasikan posting Kita yang baru dibuat secara langsung pada blog.

Jika Kita ingin mengubah desain blog Kita dari template awal yang dipilih ketika permulaan membuat blog Kita, Kita dapat melakukan perubahan melalui tab "Desain".
Pada Bag "Desain" Kita akan dapat mengedit elemen halaman, HTML, dan mengubah template Kita dengan desain template. Jika Kita ingin menyesuaikan pengaturan lainnya seperti halnya siapa yang dapat melihat, berkontribusi, atau komentar di blog Kita dll, klik tab "Setelan".

Kita dapat menyesuaikan penerbitan, komentar, pengarsipan, perizinan, dan setelan lainnya dari sub tab yang terletak di bawah tab "Setelan" utama. Kita dapat menambahkan penulis baru yang mampu berkontribusi dan mengedit blog Kita dengan mengklik tab "Setelan" > "Permissions" kemudian terdapat sub tab, dan memilih "Tambahkan penulis".

Namun kadangkala ada beberapa pengalaman kesulitan yang Kita alami dalam proses penambahan Penulis baru jika menggunakan melalui satu ponsel, yaitu kita selalu gagal dalam menambah penulis padahal email undangan sudah kita dapatkan.

Caranya agar kita tidak gagal adalah: setelah kita undang penulis lain lewat blog kita, maka ubahlah pengaturan sinkronisasi ponsel kita dengan email yang kita undang, kemudian klik “terima undangan” dari email yang kita dapatkan tersebut, dan sukses! Blog Kita sudah memiliki beberapa penulis sesuai dengan banyaknya undangan yang Kita kirim.

Belum ada Komentar untuk "Panduan membuat blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel