Membersihkan Link Rusak Pada Blog agar pengunjung naik drastis

Membersihkan Link Rusak Pada Blog agar pengunjung naik drastis
Broken Link (Gambar: Google)
Cara Membersihkan Link Rusak Pada Blog - Link Rusak atau lebih dikenal dengan sebutan Broken Link pada blog adalah link mati atau Link Tidak aktif yang dapat mempengaruhi struktur blog sehingga tidak disukai oleh mesin pencari dan pengunjung.

Link Rusak selain menghambat perayapan mesin pencari juga berakibat menurunnya pengunjung terhadap blog anda, bisa dibayangkan pengunjung yang sudah antusias mencari informasi melalui blog anda kemudian harus kecewa karena link yang diklik tidak tersambung pada artikel yang diinginkan. Kalau sudah begitu jangankan ingin membaca artikel aktif lainnya, mungkin pengunjung akan tutup buku alias kabur mencari informasi di blog lain yang menawarkan informasi jelas bukan sekedar link rusak atau broken link.

Broken Link yang terlalu banyak seperti pengalaman pada salah satu blog saya hingga memiliki 700 lebih link tidak aktif 404 maupun badhost ini menandakan bahwa blog memang tidak terawat dengan baik, dan memang iya blog tersebut memang otomatis terawat karena ketidak tahuan saya bahwa didalamnya terdapat link rusak yang harus diperbaiki secara berkala.

Awalnya saya mengira bahwa ngeblog hampir 2 tahun dan beranggapan bahwa di blog itu adalah urusan nulis saja, namun ternyata tidak. Ngeblog itu perlu yang namanya Optimasi Mesin Pencarian, memperhatikan apa yang disukai mesin pencari sehingga dampaknya akan berpengaruh terhadap sumber kunjungan kepada blog tersebut.

Baca Juga: Penyebab dan Akibat Adanya Broken Link Pada Blog

Berbicara mesin pencari, menurut saya Mesin Pencari adalah sumber traffik nomor 1 setelah media sosial. Karena pertimbangan sederhananya begini, jika sumber traffik melalui media sosial maka selama kita mampu untuk melakukan promosi maka kunjungan akan datang pada blog kita, namun jika otomatis melalui mesin pencari, tanpa promosipun akan tetap ada traffik menuju artikel blog yang telah disenangi oleh mesin pencari.

Bagi seorang blogger yang mencari penghasilan dari traffik (Iklan atau Jasa), kegiatan menulis adalah hal yang penting, namun lebih penting lagi yaitu memastikan agar blog kita diindeks Mesin pencarian dengan dengan baik.

Cara membersihkan Link Rusak di Blog

Ada 1 cara ampuh yang biasa saya gunakan untuk mengecek dan menghapus Broken Link / Link Rusak di blog, dalam hal ini saya menggunakan Platform Blogspot.

Mari kita bahas cara membersihkan Link Rusak tersebut menggunakan

MENGECEK LINK ERROR MELALUI WEBSITE BROKEN LINK CHECKER

Kunjungi Website Online Broken Link Checker https://www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php#status, masukkan url blog yang ingin diketahui Link Rusaknya, isikan huruf captcha pada kolom Security Code, Klik tombol Report all occurrences of each dead link, kemudian Find broken link now. Tunggulah hingga aplikasi website broken link selesai melakukan scan terhadap Link Rusak pada blog kita.

Setelah selesai Scan dan muncul daftar link rusak, selanjutnya adalah mengetahui tempat artikel Link Rusak tersebut. Caranya sebagai berikut
  1. Di Website Broken Link Checker, Arahkan kursor pada tulisan URL yang terbaca sebagai broken link.
  2. Setelah ditemukan sumber halaman yang memiliki Link rusak, masuklah melalui menu edit di postingan pada dashboar blogger. Cari dan hapus link tersebut. Kemudian klik perbaharui untuk menyimpan artikel yang telah di edit.
  3. Lakukan cara 1 dan 2 berulang-ulang hingga link error selesai dibersihkan.
  4. Kesulitan dalam menghapus Link error jika yaitu jika link tersebut berada di kolom komentar, namun tetap bisa dilakukan penghapusan dengan menghapus komentar yang sesuai dengan nama profil yang dianggap error.
  5. yang terakhir cek lagi link blog yang rusak seperti cara no. 1 diatas, jika sudah bersih, itu artinya blog kita sudah terbebas dari broken link
Perlu diketahui bahwa untuk link error di kolom komentar baik Profil Blog maupun G+ yaitu dengan mencocokkan nomor ID pada tiap-tiap komentar. Memang cukup rumit namun cara pembersihan broken link ini akan lebih akurat karena langsung dilakukan penghapusan pada sumbernya.

Tidak seperti cara pertama penghapusan Link yang melalui Google Search Console, kemungkinannya meskipun Link Rusak telah dihapus melalui menu Hapus URL, namun bisa jadi akan kembali lagi menjadi link rusak yang terbaca saat perayapan mesin pencari.

Apakah Broken Link berpengaruh pada Rank Alexa?

Tentu saja, menurut pengalaman saya setelah melakukan penghapusan Link Rusak hingga bersih. Beberapa hari kemudia Rank Alexa naik atau angkanya peringkatnya semakin kecil.
Nah jadi kesimpulannya ternyata banyak manfaat jika kita rajin menghapus broken link di Blog, diataranya:
  1. Blog menjadi bersih dari link rusak dan mempermudah perayapan dari mesin pencari.
  2. Meningkatkan traffik Pengunjung dan penghasilan dari blog bertambah besar.
  3. Merampingkan Peringkat Alexa dan lain sebagainya.
Baca juga artikel tentang blog lainnya
6 Kesalahan Blogger sehingga tidak bisa sukses

Belum ada Komentar untuk "Membersihkan Link Rusak Pada Blog agar pengunjung naik drastis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel