-->

6 Kesalahan Blogger sehingga tidak bisa sukses

6 Kesalahan Blogger sehingga tidak bisa sukses
Kesalahan Blogger sehingga tidak bisa sukses. Sumber gambar: Google
Antapedia.com - Saya hari ini tertarik untuk menulis kesalahan-kesalahan blogger sehingga tidak pernah merasakan sukses dalam mengelola blog, maksudnya tidak menghasilkan apa-apa dari ngeblog kecuali capek dan banyak waktu terbuang dengan sia-sia.

Responden dari Kesalahan Blogger ini adalah saya sendiri, yang selama 3 tahun ini mengelola blog jauh dari istilah sukses. Saya belum pernah menikmati hasil ngeblog secara normal seperti kawan-kawan blogger lain yang sudah tiap bulan mendapatkan komisi dari aktivitas mengelola blognya.

Kesalahan blogger ini saya tulis agar tidak ditiru oleh kawan blogger lain khususnya para pemula yang ingin sukses dalam mengelola blognya. Sehingga cukup saya saja yang tidak sukses dan orang yang membaca artikel ini menjadi blogger yang teramat sangat sukses karena telah belajar dari kesalahan saya ini.

Berikut ini kesalahan-kesalahan saya dalam mengelola blog sehingga sampai artikel ini ditulis saya merasa bahwa saya belum menjadi blogger sukses.

Baca Juga: 8 Tips yang harus diketahui oleh blogger pemula

1. Saya tidak menggunakan kata kunci pada nama domain

Sejujurnya saya memang tidak membidik kata kunci untuk nama domain saya ini, saya menciptakan nama Domain Antapedia berasal dari  dua kata Anta berarti Kamu (Bahasa Arab) Pedia artinya pengetahuan, jadilah Antapedia itu memiliki arti Pengetahuan Kamu.

Nama Antapedia sangat jauh dari kata kunci yang sering dicari orang, dan tidak ada suatu keilmuan yang bernama antapedia sehingga potensi untuk mendapatkan pengunjung berdasar nama domain saja sangat jarang bahkan tidak ada kecuali saya sendiri yang mencarinya di Mesin Pencarian. dan ini menjadi kesalahan saya yang pertama yaitu nama pembuatan nama domain yang salah atau tidak berpotensi dicari orang dan menyebabkan blog saya tidak sukses.

2. Saya tidak rajin update artikel

Kesalahan saya yang kedua adalah rasa malas menulis atau istilahnya saya menulis artikel secara musiman, jika saya memiliki mood bagus maka saya mulai menulis, atau sebaliknya  jika tidak mood saya selalu membuang waktu tidak dipergunakan untuk menulis dan mengupdate artikel untuk blog saya.

Padahal saya sering membaca bahwa untuk menjadi blogger yang sukses itu harus rajin menulis dan mengupdate artikel. Sehingga karena Jadilah saya yang kedua inilah blog saya tidak pernah sukses.

3. Menulis semaunya

Dalam hal menulis saya jarang menarget keyword yang akan digunakan pada artikel. Selama ini saya menulis hanya sesuai keinginan saja, jadi apapun ide tulisan yang muncul dikepala maka akan saya tulis. 

Sebenarnya ini menjadi salah satu kesalahan saya dalam mengelola blog, karena tidak melakukan Riset Keyword dan tidak memperhatikan banyaknya pencarian atau tidak menyediakan apa yang banyak dicari oleh pengguna internet. ketika artikel tidak banyak dicari orang maka jelaslah blog tidak akan memiliki banyak pengunjung. silahkan baca cara menulis untuk blog Ini dia 9 persiapan sebelum menulis artikel blog

4. Sering Ganti Template

Sejujurnya saya selalu tertarik dengan hal yang baru dan menarik, khususnya template. saya tidak dapat menahan diri jika melihat tampilan template blog yang menarik. Padahal Kabarnya terlalu sering mengganti template dapat menyebabkan visitor anjlok.

Saya tidak terlalu mengerti tentang pengaruh template terhadap visitor. Namun sedikit yang pernah saya baca bahwa mengganti template dapat mempengaruhi perayapan mesin pencari. Hal ini masuk akal mengingat struktur template telah berbeda sehingga mesin pencari perlu melakukan perayapan ulang. Dan tentu belum bisa dipastikan apakah struktur template tersebut cocok untuk mesin pencari atau tidak.

5. Jarang Promosi di Medsos

Hal ini mungkin akibat saya belajar tentang blogging yang setengah-setengah sehingga beranggapan bahwa mempromosikan blog di media sosial hanya memiliki visitor sementara saja, berbeda dengan pengunjung yang murni dari Google. saya inginnya mendapatkan pengunjung yang langsung datang dari Google bukan dari media sosial. Padahal menurut para ahli blogger, mempromosikan blog di media sosial itu sangatlah penting untuk memperkenalkan blog dan nantinya pengunjung (yang awalnya berasal dari media sosial) akan kembali mengunjungi blog sehingga datanglah traffik dari orang yang telah kenal ke blog kita.

6. Tidak membuat jadwal ngeblog

Untuk berdisiplin melakukan setiap kegiatan kita harus memiliki jadwal untuk mengatur kegiatan tersebut. Dalam kegiatan ngeblog juga perlu ada jadwal kapan waktu yang paling tepat dan dapat dilaksanakan dengan rutin secara terus-menerus.

Jika tidak ingin menjadi fulltime blogger, tentu kita harus memilih waktu diluar kegiatan wajib harian. Kalau anda seorang siswa atau pegawai kantor buatlah jadwal ngeblog yang sekiranya tidak mengganggu kegiatan utama. Jadwal ngeblog menjadi sangat penting karena kita akan mengerjakannya secara jangka panjang.

Saya sampai saat ini tidak memiliki jadwal untuk kegiatan ngeblog, dan hanya melakukannya jika memiliki waktu luang, dan sangat tidak disiplin.

Kesalahan tersebut menjadi kendala utama bagi blog saya sehingga tidak bisa sukses, dan tidak memiliki perubahan berarti khususnya dalam mencari penghasilan melalui blog.

Bagaimana jika ingin sukses ngeblog? Mudah saja, lakukan kebalikan dari 6 kesalahan diatas.
  1. Gunakan Kata Kunci Pada Judul Domain Blog
  2. Rajin Update Artikel
  3. Menulis artikel setelah melakukan Riset Kata Kunci
  4. Jangan Gonta-ganti template
  5. Promosikan Blog di Media Sosial (Fb, Instagram, Twitter, WA dll)
  6. Buatlah jadwal ngeblog

Belum ada Komentar untuk "6 Kesalahan Blogger sehingga tidak bisa sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel