Tips dan Trik Dasar Komputer yang wajib anda ketahui

Tips dan Trik Dasar Komputer yang wajib anda ketahui
Tips dan Trik Dasar Komputer (Gambar: Google)
Tips dan Trik Dasar Komputer, Ada begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan komputer Anda. Sistem operasi komputer Anda, apakah itu Microsoft Windows atau Apple Mac OS, perangkat lunak ini memiliki cukup banyak tips dan trik mengejutkan yang dapat membuat pengalaman Anda di komputer Anda mudah dan produktif.

Dari pintasan keyboard hingga trik internet, Anda mungkin dapat melakukan banyak trik keren yang juga akan menghemat waktu Anda di komputer.

Di sini, kami telah menyiapkan daftar beberapa tip dan trik komputer yang efektif yang akan membantu Anda.

Menjadikan folder Anda 'tidak terlihat' oleh orang lain

Bagaimana kalau membuat folder pribadi Anda secara ajaib tidak terlihat oleh orang lain dan hanya Anda yang mengetahuinya? Ini kedengarannya sangat membantu. Dalam sistem operasi Windows, Anda sebenarnya dapat membuat folder penting dan pribadi Anda tidak terlihat.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  1. Buat folder baru di layar desktop Anda atau di dalam folder apa pun.
  2. Secara default, folder yang Anda buat bernama 'Folder Baru' . Klik kanan pada folder dan pilih 'Ubah nama' 
  3. Hapus nama default folder, dan ketik 0160 sambil menekan dan menahan tombol Alt . Tekan Enter .
  4. Klik kanan pada folder lagi dan pergi ke Properties .
  5. Klik pada 'Kustomisasi'
  6. Buka ikon Folder dan klik 'Ubah ikon' Kotak dialog akan muncul dengan beberapa ikon untuk dipilih dari folder Anda.
  7. Pilih ikon kosong dan tekan OK

Jika Anda membuat folder ini di layar desktop Anda, sorot dengan mengklik kiri sambil menahannya lalu seret dengan pointer mouse Anda. Anda akan melihat titik kecil yang disorot yang tidak memiliki ikon dan tidak ada nama. Ini adalah folder tersembunyi Anda.

Mengembalikan tab yang tidak sengaja ditutup di browser Anda

Terkadang mungkin terjadi bahwa Anda secara tidak sengaja menutup tab peramban saat berselancar di internet. Sekarang, Anda menginginkannya kembali. Ada trik sederhana untuk mengembalikan tab browser yang Anda tutup secara tidak sengaja.

Untuk Windows, Anda dapat mengembalikan tab yang tidak sengaja ditutup dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + T . Dengan menggunakan tombol, tab browser Anda akan dipulihkan dan Anda akan kembali ke halaman sebelumnya.

Untuk Mac OS, gunakan kombinasi tombol Cmd + Shift + T .

Trik ini berfungsi pada semua browser yang didukung.

Screnshot bagian Windows tertentu

Banyak dari Anda mungkin tidak mengetahui rahasia  perintah PrintScreen . Ada trik unik yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari hanya jendela aktif di layar Anda.

Untuk melakukan ini, cukup gunakan kombinasi tombol Alt + PrtSc . Kemudian buka aplikasi Paint dari  menu Start dan tekan Ctrl + V  untuk menempelkan tangkapan layar. Anda hanya akan melihat jendela aktif dan bukan seluruh layar.

Ini cukup membantu ketika Anda hanya ingin sebagian dari aplikasi Anda ditangkap sebagai tangkapan layar.

Cara membatalkan kesalahan Anda

Apakah Anda baru saja secara tidak sengaja menghapus file atau membuat perubahan konyol saat mengerjakan aplikasi? Anda dapat mengembalikan perubahan dengan mudah dan menghemat hari Anda.

Sama seperti Anda membatalkan atau mengulangi perubahan dalam pengolah kata, hal yang sama dapat dilakukan dengan aplikasi jendela lainnya.

Menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Z  membantu Anda membatalkan perubahan yang tidak diinginkan yang telah Anda buat secara tidak sengaja pada aplikasi Anda. Demikian pula, jika Anda ingin mengulang perubahan yang telah Anda buat, gunakan kombinasi tombol Ctrl + Y .

Pintasan keyboard untuk video YouTube

Saat Anda menonton video di YouTube, Anda dapat mengontrol video dengan satu set pintasan keyboard dan tidak harus menggunakan penunjuk mouse sama sekali.

Umumnya, saat menonton video di YouTube, Anda menggunakan bilah spasi  untuk menjeda dan melanjutkan pemutaran video. Namun, ada kunci alternatif yang dapat Anda gunakan untuk tujuan yang sama. Anda dapat mengganti bilah spasi  dengan menekan tombol K  pada keyboard Anda. Anda dapat menjeda dan melanjutkan video di YouTube.

Juga, jika Anda ingin memajukan dan memundurkan video beberapa detik, gunakan tombol L  dan J  , masing-masing. Tekan M  untuk membisukan volume video. Tekan M  lagi untuk mengembalikan suara video yang sedang Anda putar di YouTube.

Pintasan untuk Meluncurkan jendela Informasi Sistem

Tahukah Anda bahwa Anda dapat meluncurkan jendela Sistem Informasi di komputer Windows Anda hanya dengan menekan satu tombol?

Biasanya, ketika Anda harus melihat informasi sistem di komputer Anda, Anda harus pergi ke menu Start Anda, maka Anda harus klik kanan pada My Computer atau Computer dan pilih Properties untuk melihat detail komputer Anda.

Bayangkan jika Anda bisa sampai di sana hanya dengan menekan tombol. Ini akan menghemat waktu Anda mengklik opsi untuk mendapatkan ke jendela yang diinginkan.

Sekarang, Anda dengan mudah melakukan ini dengan menggunakan kombinasi tombol Win + Pause Break . Menekan tombol akan segera memunculkan jendela Informasi Sistem di layar komputer Anda. Cobalah!

Mengubah nama beberapa file dan folder bersamaan

Bagi sebagian orang yang mungkin belum pernah mendengar atau mencoba trik luar biasa ini di komputer mereka. Kuncinya di sini adalah Anda benar-benar dapat mengganti nama banyak file atau folder secara bersamaan, menghemat waktu Anda yang berharga untuk mengubah nama banyak file dan folder secara individual.

Untuk melakukan ini, pilih beberapa file atau folder pada sistem komputer Anda. Kemudian, tekan tombol F2  . Anda akan melihat satu file atau nama folder disorot yang dapat Anda rename. Masukkan nama untuk file atau folder dan Anda akan memiliki file dan folder yang dipilih lainnya secara otomatis diganti dengan akhiran angka diikuti setelah setiap nama.

Anda juga dapat membuat beberapa folder di layar desktop atau di dalam direktori apa pun. Pilih semua folder dan tekan F2  yang akan menyorot satu folder untuk diganti namanya. Berikan nama baru ke folder dan cukup tekan tombol Enter .

Sukses! Sisa folder akan memiliki namanya secara otomatis berubah dan akan memiliki angka di dalam tanda kurung untuk membedakan masing-masing folder dari yang lain. Ini membutuhkan waktu kurang dari beberapa detik.

Terapkan kiat dan trik komputer ini untuk  teman-teman Anda terkesan

Anda akan melihat betapa mudah, membantu, dan menghemat waktu tip dan trik komputer ini. Jadi, jika Anda belum mencoba tips dan trik komputer yang bermanfaat ini, inilah saatnya Anda mencobanya dan membuat teman Anda terkesan dengan keterampilan magis Anda. Kiat dan trik komputer ini juga dapat mengubah kutu buku komputer menjadi kutu komputer.

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Dasar Komputer yang wajib anda ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel