-->

4 Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi pada laptop

4 Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi pada laptop
Bluetooth tidak berfungsi (Gambar: Google)
Bluetooth laptop tidak berfungsi, disematkannya bluetooth pada laptop merupakan fasilitas pendukung yang sangat bermanfaat untuk melakukan sambungan data maupun transfer file dari perangkat satu dengan perangkat lainnya.

Meskipun bluetooth saat ini sudah menjadi perangkat yang jadul namun ternyata masih digunakan oleh banyak orang. Bahkan perangkat laptop yang baru sekalipun masih dilengkapi dengan bluetooth. ini menandakan bahwa bluetooth tetap menjadi bagian penting dari perangkat teknologi meskipun sudah banyak aplikasi pesaing lainnya yang muncul dengan fungsi lebih lengkap daripada bluetooth.

Mengingat begitu pentingnya bluetooth ini bagi pemilik laptop, tentu akan terasa kurang lengkap rasanya jika bluetooth laptop tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama-sekali.

Bagaimana cara memperbaiki bluetooth laptop yang tidak berfungsi?

Caranya mudah saja, antapedia telah merangkum caranya dengan sederhana agar bisa disimak oleh semua pengguna laptop yang memiliki masalah bluetooth tidak berfungsi.

1. Memeriksa kelengkapan bluetooth laptop

Hampir semua perangkat laptop telah dilengkapi dengan bluetooth, namun ada beberapa laptop yang tidak support bluetooth alias tidak memiliki bluetooth, cara mengetahuinya biasanya terdapat simbol bluetooth pada bagian-bagian tertentu di laptop, khususnya di tombol keyboard laptop. Lebih jelasnya lihat spesifikasi laptop anda di buku panduannya atau melihatnya di internet.

Jika tidak ada tanda-tanda di laptop, atau setelah di cari di internet laptop anda memang tidak support bluetooth, maka anda tidak perlu putus asa, karena kami akan memberitahu anda cara mengatasinya.

2. Menggunakan perangkat bluetooth portable

Pilihan ke 2 jika laptop anda benar-benar tidak support bluetooth ialah dengan menggunakan Bluetooth eksternal atau bluetooth portable. anda bisa membelinya di konter, toko komputer terdekat dengan harga yang murah.

Bluetooth portable bisa langsung dicolokkan pada laptop dan dengan segera bisa digunakan untuk kegiatan transfer file, memutar musik jarak jauh dan yang lainnya.

3. Mengaktifkan bluetooth dengan menekan ikon bluetooth di laptop

Kadang ini yang sering diabaikan atau tombol bluetooth di keyboard tidak sengaja tertekan sehingga menyebabkan bluetoothnya menjadi off. tekan bersamaan tombol fn + tombol bergambar bluetooth. Biasanya tombol gambar bluetooth ini berada pada barisan f1, f2 dan seterusnya di keyboard bagian atas tergantung merek dan jenis laptopnya.

4. Menginstall driver bluetooth

Masalah ini biasanya paling sering dialami saat laptop baru selesai diinstall ulang, baik itu laptop baru maupun lama. meskipun laptop support bluetooth tapi tidak ada drivernya, tetap saja bluetooth tidak akan pernah berfungsi.

Silahkan mengunjungi website masing-masing penyedia merk laptop dan mencari driver bluetooth yang compatible dengan laptop yang digunakan, gunakan kata kunci pencarian yang spesifik dengan merek atau tipe laptop anda misalnya "driver bluetooth laptop A tipe B". Karena di internet banyak sekali driver bluetooth yang tentunya untuk berbagai macam jenis laptop.

Secara umum itulah cara mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi pada laptop / komputer, pengalaman kami saat bluetooth Bluetooth tidak berfungsi ini bisa teratasi dengan cara no. 4 yaitu menginstall kembali driver bluetooth sesuai tipe laptop yang sedang kami gunakan, dan akhirnya work! proses penggunaan sambungan bluetooth di laptop berjalan aman dan lancar.

Baca Artikel Komputer lainnya

Belum ada Komentar untuk "4 Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi pada laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel