Mengembalikan file yang terhapus di pc

Dalam setiap pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan komputer, pastinya pernah kan kehilangan file data yang terhapus secara tidak sengaja ataupun sengaja.

Dan setelah menyadari file yang dihapus adalah file penting, maka kita akan menyesal dan segera mencari tahu bagaimana cara mengembalikan file hilang tersebut.
Mengembalikan file yang terhapus di pc
Mengembalikan file yang terhapus 
Tapi kawan-kawan tidak perlu panik, Saat ini Kawan-kawan sudah berada ditempat yang tepat untuk mendapatkan informasi cara  mengembalikan file yang terhapus di PC.

Karena sebenarnya data yang terhapus pada komputer itu tidak benar-benar hilang, namun masih tersimpan pada file recovery komputer.

Oke, langsung saja kita pelajari caranya.

CARA MENGEMBALIKAN FILE YANG TERHAPUS

MENUJU FOLDER RECYCLE BIN

Folder Recycle Bin adalah penampungan file-file yang telah dihapus, baik itu secara sengaja ataupun tidak. Tersenyumlah jika file tersebut masih berada didalam folder Recycle Bin, itu artinya harapan untuk mendapatkan file yang terhapus masih ada.

Segeralah klik kanan pada file yang dihapus tadi, kemudian pilih Restore, dengan seketika file tersebut akan kembali pada tempat asalnya dan bisa dibuka sebagaimana sebelumnya.

MENGEMBALIKAN FILE DENGAN UNDO DELETE

Pada Windows Explorer kita biasanya melakukan copy dan delete file, nah jika sudah terlanjur menghapus file tapi kita belum menutup jendela Explorer maka kita bisa mengembalikan file yang terhapus di pc dengan fasilitas Undo Delete.

Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada mouse, kemudian pilih Undo Delete. File yang terhapus akan kembali seperti sedia kala.

Catatan: Undo Delete bisa berfungsi jika layar explorer belum kita Close.

MEMERIKSA FILE BACK UP KOMPUTER

Sebagian kawan membiasakan diri untuk membuat Back up file komputer secara berkala, jika anda adalah salah satunya, maka anda sangat beruntung sekali meskipun kehilangan file karena terhapus, akan tetap ada back-up file yang bisa kita manfaatkan.

Periksalah Back-up file pada penyimpanan flash disk atau bank data eksternal, barangkali file yang terhapus pernah sempat terback-up sehingga dapat kita temukan kembali file yang telah dihapus

MENGGUNAKAN SOFTWARE PC INSPECTOR FILE RECOVERY

Selanjutnya jika kita sudah kesulitan dalam mengembalikan data yang terhapus adalah menggunakan Software PC Inspector File Recovery.

Dengan Software ini kita akan diberikan tiga opsi pengembalian file yang terhapus

1.    Recover Deleted Files
2.    Find Lost data
3.    Find Lost Drive

Untuk langkah pertama coba pilih Recover Deleted Files, kemudian akan muncul pilihan Drive pada hardisk komputer. Kita bisa memilih on Windows Drive D lalu tekan tombol centang berwarna hijau disamping kanan kotak select drive.

Tunggulah proses scan dari software Inspector File Recovery, akan ada tanda kondisi file dengan tulisan Good yang artinya file yang telah direcovery tidak rusak dan siap untuk dikembalikan.

Setelah selesai scan file yang dihapus, temukan dan klik kanan pada file yang ingin dikembalikan, selanjutnya Save to... akan tampil kotak pilihan lokasi penyimpanan file.

Tunggulah proses pengembalian file recovery tersebut, waktu yang dibutuhkan tergantung besar kapasitas file yang dihapus.

PENUTUP

Tiga pilihan untuk mengembalikan file yang terhapus di pc cukup mudah digunakan dan gratis, tergantung pada kelihaian kita untuk menemukan kembali file yang terhapus.

Semoga resep ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua, dan bisa menyelamatkan file data yang sempat membuat hati deg-degan.

Selamat Siang.

Baca Juga:



0 Response to "Mengembalikan file yang terhapus di pc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close