8 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tidak Mudah Bocor

Tips ampuh merawat baterai laptop supaya awet dan tidak mudah bocor sebenarnya mudah sekali untuk dilakukan.

Tips yang akan saya bagikan kali ini harus disimak baik-baik oleh semua pengguna laptop agar baterainya berumur panjang dan tidak mudah bocor. Seringkali penggunaan dan perawatan laptop yang buruk, masih saja dilakukan oleh sebagian besar pemilik laptop.

8 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tidak Mudah Bocor
8 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tidak Mudah Bocor
Padahal,  baterai adalah komponen terpenting yang menentukan berfungsi atau tidaknya sebuah laptop. Coba bayangkan saja, jika laptop mahal sekalipun apabila tidak ada baterai apakah bisa menyala. Maka dari itu, merawat baterai laptop sudah menjadi kewajiban semua orang.

Langsung saja kita simak tips ampuh merawat baterai laptop supaya awet dan tidak mudah bocor berikut ini.
 
1. Isilah Baterai Laptop Baru Selama 4-8 Jam
Bagi anda yang saat ini sedang membeli laptop baru, maka tips ampuh merawat baterai laptop yang pertama dan harus dilakukan adalah mengisi daya baterainya selama 4-8 jam. Hal ini dilakukan agar baterai laptop bisa terisi penuh setelah beberapa lama kekurangan atau mungkin kehabisan daya. Solahkan charger laptop anda sampai indikator lampu baterai berwarna hijau.

2. Manfaatkan Colokan Listrik

Tips ampuh merawat baterai laptop selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan colokan listrik. Maksudnya adalah kita sebaiknya melepas baterai laptop dan memakai colokan listrik disekitar sebagai sumber daya utamanya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya suhu panas yang bisa memperpendek umur baterai. Namun jika tidak ada colokan listrik,  anda bisa menggunakan baterainya.


3. Jangan Sampai Baterai Laptop Habis Total
 
Mungkin tips ampuh merawat baterai laptop yang satu ini sudah familiar bagi semua orang. Tidak membiarkan daya baterai tersisa 0% tentu menjadi hal yang harus dilakukan supaya baterai laptop awet dan tak mudah bocor.

Baterai laptop yang dibiarkan terkuras habis akan berdamak pada kompnen hardware yang cepat rusak.
Maka dari itu,  settinglah pengaturan di baterai laptop agar menunjukkan indikator ketika daya baterai hanya tersisa 10% saja.


4. Segera Lepas Charge Jika Baterai Sudah Terisi Penuh
 
Entah disengaja ataupun tidak,  seringkali kita melakukan tindakan buruk yang ampuh merusak baterai laptop ini. Kita terus membiarkan charger tetap mencolok pada laptop meskipun baterai sudah 100%.

Parahnya lagi, hal tersebut terus terjadi terutama saat kita mencharge laptop saat ingin tidur, sampai keesokan harinya charger masih menempel.


Nah, jika anda ingin baterai lebih awet dan tahan lama. Sebaiknya langsung lepas charge ketika baterai sudah 100% terisi.

5. Matikan WiFi Ketika Tidak Browsing

Bagi anda yang ingin menghemat baterai laptop agar awet seharian, maka tips yang satu ini wajib dilakukan.

Laptop yang terus menerus mencari sumber WiFi terdekat padahal tidak digunakan, hal tersebut hanya akan membuat baterainya cepat habis. Menarik bukan, tips ampuh merawat baterai laptop yang satu ini?.

6. Mengurangi Ketajaman Layar
 
Dengan mengurangi ketajaman layar, hal ini tidak hanya membuat baterai laptop menjadi lebih awet saja namun juga menjadikan kita nyaman saat menggunakannya. Setting layar ke tingkat yang paling rendah, sudah terbukti ampuh mengurangi jumlah konsumsi daya.

7. Manfaatkan Headset
 
Menonton film ataupun mendengarkan musik dari laptop memang terasa menyenangkan. Namun tahukah anda, ternyata kedua aktivitas ini mampu menguras baterainya menjadi lebih cepat. Maka dari itu, anda bisa menggunakan headset untuk mendengarkan audionya.

Tips merawat baterai laptop yang satu ini memang terlihat simpel namun terbukti ampuh memberi manfaat yang besar.

8. Menggunakan Adaptor Charger Original

 Poin yang ke-8 ini sangatlah penting untuk dilakukan dalam merawat baterai laptop. Penggunaan adaptor charger yang bukan original, ternyata mampu memperpendek usia baterai. Hal ini terjadi karena ketidak sesuaian antara keduanya.

Maka dari itu, tips merawat baterai laptop selanjutnya yaitu memakai adaptor charger original. Selain itu, jangan memakai terminal yang bercabang banyak karena arus listrik yang masuk kedalam laptop tidak stabil.

Demikianlah 8 tips ampuh merawat baterai laptop supaya awet dan tidak mudah bocor. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, dan selamat mencoba tipsnya.

Baca Juga:



11 Responses to "8 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tidak Mudah Bocor"

  1. Kalau nggk pernah dipasang baterai dalam menghidupkan laptop, apa nanti bakalan awet pas dipakai ya min??

    ReplyDelete
  2. Saya biasanya lepas batrai aja klo ada coloman gan seperti dirumah
    Laptop saya batrainya tahan 4 tahun... :-)

    ReplyDelete
  3. Makasih gan sangat bermanfaat untung laptop saya baterainya masih awet :) 4 jam

    ReplyDelete
  4. palingga bisa saya jaga batre biar aawet gan. cpet baget rusak

    ReplyDelete
  5. makasih gan info nya ijin bomark kak

    ReplyDelete
  6. waduuhh pantes aja batre ane bocor

    ReplyDelete
  7. niche info
    untuk perawatan baterai laptop biar awet

    ReplyDelete
  8. jangan gunakan ketika di charge supaya awet

    ReplyDelete
  9. bagus nih tipsnya buat laptop saya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close