Inilah 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mendownload Dan Install Software Gratis Dari Internet

Hal yang harus dilakukan sebelum mendownload dan install software gratis dari internet merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena saat kita mengunduh sebuah software gratis dari internet.
Kita tidak akan pernah tahu apakah software itu aman atau berbahaya. Khususnya para pemula, mereka seringkali terjebak software gratis yang membahayakan komputernya.

Alih-alih bermanfaat,  software tersebut justru menjadi virus berbahaya yang mengancam keselamatan komputer.

Nah, apakah anda sudah pensaran dengan hal yang harus dilakukan sebelum mendownload dan install software gratis dari internet?. Silahkan simak uraiannya berikut ini.

1. Memastikan Software Berasal Dari Developer Terpercaya
Ini dia hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum mendownload software dari internet. Pastikan software tersebut berasal dari Developer terpercaya, seperti Google, Microsoft dan lain sebagainya.

Curigai,  jika software yang akan anda download berasal dari developer yang belum terkenal dan masih baru.

Cek di google apakah kredibilitas developer tersebut sudah baik atau masih abal-abal. Pastikan anda menelitinya dengan baik. Developer yang baik biasanya akan langsung muncul situs officialnya begitu kita mengetikkan namanya.

2. Software Berasal Dari Situs Terpercaya
Ketika anda ingin mengunduh sebuah software, alangkah baiknya anda mendownload langsung dari situs officialnya. Jika anda mendownload dari situs lain.

Pastikan web tersebut sudah terpercaya seperti Filehippo, Sourceforge dan lain sebagainya.

Anda wajib waspada apabila software yang akan anda download berasal dari web gratisan dan tanpa memiliki situs official resmi. Software seperti ini hanyalah sampah yang bisa mengancam kesehatan komputer anda.

3. Carilah Review Software Terlebih Dahulu
Bagi kamu yang belum yakin terhadap software tertentu,  sebaiknya anda mencari review software tersebut di google.

Lihatlah apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Perhatikan juga apakah aplikasi tersebut terpercaya atau justru sangat jelek. Software yang aman,  sudah pasti akan mendapat banyak review positif dari orang-orang yang pernah menggunakannya.

4. Scan dengan Antivirus
Untuk memastikan software yang anda download aman dan terpercaya, maka tidak ada salahnya untuk melakukan scan terlebih dahulu menggunakan antivirus.

Anda bebas akan memakai antivirus yang mana,  bisa SMADAV, VirusTotal ataupun tools lainnya.

Apabila anda adalah pemakai Windows,  maka anda dapat memanfaatkan Windows Defender yang telah built-in di OS Windows. Pastikan software tersebut lolos uji terhadap uji coba anda mengunakan Antivirus.

5. Lihat Proses Instalasi
Pada umumnya,  software gratis yang bertebaran di internet dilengkapi dengan toolbar ataupun aplikasi lain yang sesungguhnya tak kita perlukan. Jika kita tidak teliti saat memilih, maka akan banyak file sampah yang ikut terinstall.

Untuk menghindarinya, anda bisa dengan menghilangkan centang pada instalasi toolbar ataupun yang dibarengkan pada installer tersebut. Cara yang satu ini mungkin terdengar sederhana dan sepele,  namun nyatanya masih belum banyak yang mengetahui dan dampaknya sangatlah besar.

6. Install Software secara Terisolasi (Opsional)
Cara ini sebenarnya tidak wajib untuk dilakukan, namun juga tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Jadis semua terserah anda ya.

Software yang sudah anda unduh masih terlihat mencurigakan dan anda belum yakin akan keamanannya, maka ada satu cara ampuh untuk mengujinya.  Cara tersebut adalah mencobanya dahulu di Virtual Machine ataupun di Sandbox memakai Sanboxie.

Sodtware tersebut akan diinstall secara terisolasi sehingga tak akan mempengaruhi sistem utama. Jika saha software tersebut adalah virus,  maka sistem komputer anda tetap aman dan tidak terpengaruh sama sekali.

Demikianlah 6 hal yang harus dilakukan sebelum mendownload dan menginstall software gratisan dari internet. Mungkin hal tersebut sedikit merepotkan anda,  akan tetapi untuk menjauhkan komputer dari software sampah tentu harus dilakukan. Apalagi,  anda akan terbiasa setelah melakukan ini beberapa kali.

Baca Juga:



3 Responses to "Inilah 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mendownload Dan Install Software Gratis Dari Internet"

  1. Ada referensi site download software yang teraman min?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih bro info nya, soalnya saya waktu itu kena virus pas download aplikasi hehehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close