Cara mengetik dengan suara di Laptop

Cara mengetik dengan suara di Laptop -- Bagi kita yang memiliki kesibukan lain maka kegiatan mengetik ini merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Mengingat kita harus betah duduk berlama-lama sambil mengetik di depan komputer.
 

Tapi tahukah kawan-kawan bahwa sekarang ini ada aplikasi pengubah suara menjadi tulisan, sehingga kita hanya tinggal berbicara pada mikrofon kemudian aplikasi ini akan bekerja untuk mengubah suara menjadi tulisan.

Kawan-kawan masih belum percaya kan? Tentu, karena memang kawan-kawan semua masih belum membuktikannya. Artikel ini asli ditulis menggunakan aplikasi pengubah suara menjadi tulisan / text dan hasilnya cukup memuaskan seperti yang kawan-kawan baca.
 

Baiklah langsung saja akan saya bagikan cara mengetik dengan suara di Laptop, ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk mengetik dengan suara, sehingga bisa memudahkan pekerjaan kita dalam mengetik.
Yaitu menggunakan:


1.    Google Dokumen
2.    Aplikasi Web Dictation

 

MENGGUNAKAN GOOGLE DOKUMEN 
Cara yang pertama yaitu menggunakan Google Dokumen, Caranya ialah sebagai berikut:
  1. Masuklah pada link docs.google.com, kita akan dibawa pada tampilan Google Dokumen seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara mengetik dengan suara di Laptop
    Google Dokumen
  2. Untuk mencoba mengetik menggunakan suara kita klik lembar dokumen bertanda Plus atau Blank. kemudian klik tanda kertas tersebut.
  3. Kita menuju pada menu toolbar di atas yaitu menu Add ons setelah menemukan menu add ons, kita klik get add-ons dan akan dibawa pada halaman Add ons.
    Cara mengetik dengan suara di Laptop
    Mengunduh aplikasi Speech Recognition Soundwriter
  4. Carilah aplikasi Speech Recognition Soundwriter seperti pada gambar lalu kita bisa mengkliknya untuk menginstal pada Google Document.
  5. Kemudian oke kita kembali kepada halaman Google Documen kita klik kembali tombol Add ons dan sekarang sudah tampil menu aplikasi baru yaitu Speech Recognition Soundwriter, kita sekarang kita Arahkan kursor dan temukan tombol Start, kemudian klik Start.
    Cara mengetik dengan suara di Laptop
    Mulai mengetik dengan suara
  6. Sekarang kita bisa memulai untuk mencoba mengetik dengan suara, tapi sebelum itu jangan lupa gunakan earphone atau microphone pada headset kita, agar kepekaan suara bisa terekam dengan baik.
  7. Tekan tombol bundar berwarna merah kemudian cobalah untuk mengucapkan beberapa kalimat terlebih dahulu untuk mencoba aplikasi mengetik dengan suara ini.
    Cara mengetik dengan suara di Laptop
    Mengetik dengan suara
  8. Setelah sukses kita melakukan tes suara, maka selanjutnya kawan-kawan bisa membuat artikel sesuai dengan keinginan kawan-kawan, sekarang Kita mulai berbicara ataupun berpidato dalam membuat artikel.
Ini sangat memudahkan kita karena kita tidak harus duduk terus-menerus di depan komputer sambil mengetik.
 
Namun sekarang sambil berbaring ataupun bersantai sesuai dengan keinginan kita maka ketikan artikel tetap berjalan.
inilah cara yang pertama mengetik artikel menggunakan suara lewat Google Dokumen dan jangan lupa cara ini hanya bisa berfungsi dengan syarat perangkat Komputer kita terhubung pada internet.
 
MENGGUNAKAN APLIKASI DICTATION
 
Selanjutnya cara yang kedua yaitu menggunakan menggunakan aplikasi web yang bernama Dictation, penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah karena kita hanya tinggal masuk pada Web Dictation yaitu https://dictation.io
Cara mengetik dengan suara di Laptop
Aplikasi Dictation
Setelah kita masuk pada link diatas maka secara otomatis kita akan dibawa pada halaman online dictation, di sana sudah tersedia lembar kertas yang kosong dengan pilihan menu pilihan Start Listening kemudian Clear, Save, Copy.
Keempat menu pilihan tersebut mempunyai fungsi sesuai dengan artinya masing-masing misalnya Start Listening untuk memulai mengetik dengan suara.

Fungsi Tombol Aplikasi
-    Start Dictation berguna untuk memulai mengetik dengan suara
-    Tombol Clear untuk membersihkan halaman hasil ketikan dengan suara,
-    Tombol Save untuk menyimpan hasil pekerjaan mengetik dengan suara, kemudian yang terakhir
-    Tombol Copy untuk menyalin hasil pekerjaan kita.
 
Ini sangat mudah sekali dan langsung saja Mari kita coba untuk mengetik dengan suara, yang pertama kita tekan tombol Start Listening dan dekatkan microphone ke mulut kita.
 

Kemudian sebutkan beberapa kalimat atau langsung saja kita membuat artikel menggunakan suara dan aplikasi secara langsung akan menampilkan tulisan seperti yang kita bicarakan.
 

Demikian cara mengetik dengan suara di Laptop, dan kawan-kawan bisa memanfaatkan ini untuk memperlancar Menulis artikel atau hal lain yang berhubungan dengan mengetik.
 

Mudah-mudahan bisa berguna bagi kawan-kawan yang membutuhkan sekaligus bisa menambah wawasan kita.

Baca Juga:



0 Response to "Cara mengetik dengan suara di Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close