Cara mudah merawat laptop agar tahan lama

Cara mudah merawat laptop agar tahan lama -- Pada era teknologi yang serba canggih dan praktis ini memiliki laptop sudah menjadi bagian penting dalam berbagai pekerjaan.
Cara mudah merawat laptop agar tahan lama
Merawat laptop agar tahan lama
Mulai dari kegiatan browsing, membuat laporan kegiatan, hingga mendesain rancangan pekerjaan semuanya dilakukan dengan menggunakan laptop.

Dengan bekerja yang didukung oleh performa laptop yang baik, maka berbagai manfaat dan kemudahan akan dapat kita rasakan.

Namun sadarkah kita? bahwa kebanyakan dari pengguna laptop kurang peduli dengan keadaan laptop yang biasa dipakai.

Misalnya pada tingkat overload penggunaan, lama waktu operasi laptop dan juga faktor kebersihan hardware / software yang bisa saja mengganggu aktivitas kerja kita.

Perlu diketahui bahwasanya kekuatan laptop ini berbeda dengan PC / atau komputer duduk yang memang notabene lebih tahan lama.

Laptop ini disamping menggunakan desain praktis, namun juga sangat beresiko mengalami kerusakan 3 kali lebih besar daripada komputer biasa.

LALU BAGAIMANA CARA MERAWAT LAPTOP YANG BENAR?


Faktor utama yang paling berpengaruh dalam menjaga ketahanan laptop ada pada perawatan, seberapa perhatian kita terhadap laptop? Mengingat laptop kadang menjadi tumpuan utama dalam pekerjaan sehari-hari.

Dan dibawah ini antapedia mencoba mengulas tentang cara mudah merawat laptop agar tahan lama, sehingga kita akan mempunyai laptop yang sehat dan tahan banting meskipun digempur oleh berbagai kepentingan pekerjaan.

PERAWATAN DARI SEGI SOFTWARE

Kewajiban kita yang pertama adalah perawatan laptop pada perangkat lunaknya seperti list dibawah ini:

JANGAN MENJALANKAN APLIKASI-APLIKASI YANG BERAT

Dari segi software bisa kita terapkan untuk tidak membiasakan menggunakan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kerja diatas maksimal prosesor.

Misalnya bermain game berat, karena ini dapat meningkatkan suhu laptop menjadi tidak stabil. Laptop menjadi panas dan komponen-komponen didalamnya akan cepat rusak serta bisa saja baterai mengalami kebocoran karena suhu panas laptop yang berlebihan.

MEMBERSIHKAN PROGRAM ATAU APLIKASI YANG TIDAK DIGUNAKAN

Pada laptop kita terkadang banyak fitur yang kita sendiri tidak pernah menggunakannya, hal ini tentu akan menambah beban hardisk serta memperlambat proses read and write laptop.

Sistem akan memberikan warning jika ruang penyimpanan mulai penuh, dan kita harus membesihkannya sebelum laptop kita benar-benar penuh dan terjadi error yang bisa memusnahkan data-data penting kita.

Hapuslah aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan tersebut, sehingga memori menjadi ringan kembali dan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

TIDAK MENGGUNAKAN KONEKSI INTERNET SAAT HUJAN

Resiko lainnya adalah penggunaan internet disaat hujan turun, karena untuk mengantisipasi kemungkinan jaringan komputer tersambar petir yang dapat merusak perangkat laptop yang sedang digunakan.

MENGGUNAKAN ANTIVIRUS

Tidak perlu ditanyakan lagi akan pentingnya antivirus pada laptop kita, hal ini bermanfaat untuk melindungi sistem komputer dari serangan virus berbahaya yang dapat melemahkan kinerja laptop.

HANYA MENGUNDUH FILE YANG DIBUTUHKAN

Kebiasaan kita jika tertarik dengan file atau aplikasi gratis yang ditawarkan di internet, padahal sebenarnya aplikasi tersebut tidak dibutuhkan.

Maka mulai sekarang jangan lagi mengunduh aplikasi yang tidak penting, karena file tersebut akan menjadi data sampah dan hanya menghambat proses pekerjaan kita.

PERAWATAN DARI SEGI HARDWARE


Tidak kalah pentingnya dengan perawatan software, perangkat keras ini memiliki andil yang luar biasa dalam kelancaraan pekerjaan kita

MERAWAT BATERAI SECARA BENAR

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh laptop adalah penggunaannya yang tidak hanya selalu berada didekat stop kontak listrik.

Laptop menjadi lebih praktis bisa kita hidupkan dimana saja karena sudah disematkan baterai sebagai penyimpan daya listrik untuk mengoperasikan laptop dimana saja             

Seperti yang diulas di dalam blog mas Tisnamaulana tentang Cara menghemat batrai laptop, bahwa salah satu perawatan baterai yang benar yaitu dengan tidak memakainya secara overload, salah satunya solusinya kita bisa meredupkan layar terutama pada malam hari.

Dengan mengurangi kecerahan layar ini disamping dapat memperpanjang penggunaan daya baterai , juga secara tidak langsung menjaga baterai laptop

dan manfaat lainnya turut menjaga organ mata dari kerusakan karena melawan radiasi cahaya yang ditimbulkan oleh layar laptop,

TIDAK MENGGUNAKAN LAPTOP DITEMPAT TIDUR

Karena bagitu praktisnya sehingga ditempat tidurpun kita bisa menggunakan laptop, sambil bekerja laptop diletakkan di atas kasur.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan laptop ditempat tidur atau kasur ini dapat menghambat kinerja kipas laptop menjadi tidak lancar yang menyebabkan komponen akan cepat panas dan performa laptop tidak bisa maksimal.

Gunakan alas laptop yang datar dan keras sehingga angin yang dipacu oleh kipas untuk mendinginkan prosesor menjadi lancar dan tidak terhalang benda sekitar.

JANGAN MENGGUNAKAN LAPTOP SECARA NONSTOP

Sebagaimana manusia jika diforsir untuk bekerja secara terus menerus maka akan mengalami kecapean, sama halnya dengan laptop jika dipaksa untuk aktif secara nonstop puluhan jam tentu akan mengalami masalah.

Misalnya tingkat suhu laptop menjadi over, atau baterai akan menggembung jika dibiarkan dalam keadaan panas pada waktu yang lama.

KESIMPULAN

Perawatan terhadap laptop yang dilakukan secara rutin dapat memperpanjang umur laptop dan tetap dengan kinerja terbaiknya. Sehingga kita dapat menghemat budget untuk selalu membeli laptop baru.

Demikianlah cara mudah merawat laptop, semoga bermanfaat ya. 

Baca Juga:



7 Responses to "Cara mudah merawat laptop agar tahan lama"

  1. Tepaat sekali mas, menggunakan laptop di kasur memang menghambat udara keluar, sehingga komponen menjadi panas dan merusak batrai laptop juga mas

    ReplyDelete
  2. Contoh aplikasi yang berat selain game apa tuh gan? ?

    ReplyDelete
  3. wah, lalu solusi buat designer kayak saya apa mas?
    dilaptop banyak aplikasi yng berat kayak Photoshop, Corel, After effect, Blender dll

    apakah ada cara lain supaya laptop tetap awet?

    ReplyDelete
  4. dari beberapa tips di atas menurut saya memasang antivirus yang valid itu wajib apalagi sering terhubung ke jaringan internet sehingga besar kemungkinan selalu terinfeksi oleh virus yang menjengkelkan.jangan sampai menggunakan antivirus gratisan karena hanya akan mengganggu sistem saja sehingga kinerja laptop kurang optimal

    ReplyDelete
  5. Saya suka nie bermain game berat ternyata tidak baik untuk laptop kita, Thanks infonya gan

    ReplyDelete
  6. wah makasih mas saran nya, biasanya saya tidak terlalu mampu untuk merawat laptop seperti yang diuraikan diatas, tapi dengan adanya artikel ini saya jadi tau caranya. Oh iya mas, mau kah anda melihat situs saya untuk menjadi referensi artikel di masa mendatang ?

    ReplyDelete
  7. wah trima kasih gan penjelasanya sangat jelas dan mendetail saya jadi paham.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close