-->

4 Cara menghilangkan ketergantungan pada Smartphone

Cara menghilangkan ketergantungan pada smartphone, Saat ini hampir setiap orang memiliki gadget yang bernama Smartphone, bukan tanpa alasan, karena memang Smartphone menawarkan berbagai fitur menarik sehingga para penggunanya merasa betah dan terhibur saat menggunakan Smartphone.
4 Cara menghilangkan ketergantungan pada Smartphone
Cara menghilangkan ketergantungan pada Smartphone
Para kalangan kawula muda hingga kaum dewasa semuanya memiliki ketergantungan pada Smartphone. Daya tarik utama adalah karena adanya situs jejaring sosial.

Dengan media sosial ini mereka akan tetap bisa bersosialisasi dengan rekan maupun sahabat lain meskipun berada ditempat yang berjauhan.

DAMPAK NEGATIF KETERGANTUNGAN PADA SMARTPHONE

Rata-rata para pemilik Smartphone juga memiliki akun media sosial dan setiap saat tanpa disadari mereka akan selalu memeriksa Smartphone untuk memeriksa pesan, update status atau sekedar mengikuti postingan teman.

Kekuatan smartphone berada pada kemudahan penggunanya dalam mengakses internet, dan internet sebagai dunia tanpa batas ini akan membuat seseorang memiliki ketergantungan besar pada Smartphone.

Tidak ada ubahnya seperti ketergantungan pada objek lain, kegemaran pada Smartphone ini juga sanggup untuk menggantikan hal penting lainnya, sehingga pekerjaan kita bisa terbengkalai karena kita disibukkan dengan smartphone.

Dan sudah menjadi hal yang lumrah, disaat kita sedang berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman, masing-masing hanya sibuk dengan Smartphone mereka, sehingga meskipun berdekatan namun sebenarnya konsentrasi mereka ada pada tempat yang jauh.

PERLUKAH MEMBATASI PENGGUNAAN SMARTPHONE?

Jawabannya adalah sangat perlu, karena kita sebagai manusia tentunya mempunyai kewajiban dan kesibukan lain yang tidak berhubungan dengan smartphone.

Apalagi disekeliling kita ada orang-orang tersayang, tentunya kita harus meluangkan waktu untuk mereka sehingga kualitas hubungan kita tetap terjaga dengan baik.

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN KETERGANTUNGAN PADA SMARTPHONE?

Untuk menghilangkan rasa ketergantungan pada Smartphone, maka kita perlu untuk membagi waktu setiap kegiatan secara benar.

Dan dibawah ini adalah 4 Cara menghilangkan ketergantungan pada Smartphone, apa saja dan bagaimana caranya? mari kita ikuti ulasannya:

1. Gunakan Mode Pesawat

Cobalah untuk mengaktifkan fitur ini disaat jam-jam kerja sehingga kita bisa tetap fokus pada pekerjaan tanpa gangguan notifikasi dari Smartphone.

2. Mengatur Waktu Penggunaan

Aturlah batas waktu penggunaan internet pada Smartphone kita agar tetap bisa mengontrol lama waktu kegiatan dalam menggunakan Smartphone ini.

3. Menjadwal penggunaan Media SosialSangat penting untuk menjadwal kapan waktunya membuka akun media sosial. karena media sosial ini sangat membuat penggunanya merasa ketagihan.

Gunakan media sosial hanya disaat kita benar-benar memiliki waktu luang, agar tidak mengganggu pada aktivitas yang lain.

4. Jangan membiasakan penggunaan Smartphone sebelum tidur
Menggunakan Smartphone saat akan tidur akan sangat menggangu istirahat kita karena semestinya disaat menjelang tidur kita memiliki fikiran yang tenang setelah seharian bekerja atau beraktivitas.

Ada 2 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjauhkan Smartphone saat akan tidur;
yang pertama kita tidak akan terganggu dengan suara pemberitahuan pesan atau update fitur Smartphone.

Kedua, Otak kita akan lebih segar saat bangun tidur, karena menurut penelitian ternyata gelombang sinyal koneksi internet / Wi-fi dapat berpengaruh pada otak manusia.

KESIMPULAN

Ketergantungan pada Smartphone akan memiliki dampak yang besar dalam kehidupan kita, terutama dalam hal negatifnya, karena jika kita sudah ketagihan dalam menggunakan Smartphone ini, maka waktu-waktu diluar yang sangat berharga akan hilang, karena kita hanya disibukkan dengan Smartphone.

Tentu sangat disayangkan sekali, jika waktu belajar, saat bekerja dan kesempatan bercengkrama dengan keluarga jadi terganggu karena kita tidak bisa mengontrol penggunaan Smartphone, sehingga akhirnya dapat merugikan hidup kita.

Mari kita gunakan Smartphone secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan dan kita sebagai pengendalinya, bukan sebaliknya.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara menghilangkan ketergantungan pada Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel