Cara menggunakan google street view

Cara menggunakan google street view--Setelah dilaunching pada 25 Mei 2007, maka sejak tahun 2014 kemarin google telah melebarkan sayapnya dalam perekaman jalan yang bernama google street di Indonesia.

Cara menggunakan google street view
Mobil Google Maps Street View
Dimulai dari kota-kota besar di Indonesia seperti  Jakarta, Bogor, Bali dan Surabaya, google street memulai pengambilan gambarnya dengan menggunakan mobil Google Maps Street View.

Pengambilan gambar ini difokuskan pada destinasi jalan-jalan wisata sehingga para pengunjung bisa mengenal wisata tersebut terlebih dahulu menggunakan aplikasi Google street view.

Dan saat ini Google Street View bisa kita nikmati diseluruh Indonesia, dengan sajian gambar berbentuk 360 derajat, sehingga kita dapat memandang sekeliling seperti halnya berada pada tempat tersebut.

TEKNOLOGI GOOGLE STREET VIEW

Teknologi canggih yang digunakan Google street view ini awalnya diambil dari gambar yang dimiliki Immersive Media - Kanada, sebuah perusahaan pencitraan digital yang berdiri pada tahun 2004.

Kemudian pada tahun 2007, Google sudah memiliki lisensi penuh atas gambar-gambar yang ditayangkan pada Google Street View. 

Google Street menggunakan kamera modern yang berbentuk bola dengan memakai 11 lensa beresolusi tinggi dan menghadap pada seluruh penjuru arah kemudian hasilnya digabungkan dan diunggah pada Google Street View.

Kamera canggih Google Street View ini digunakan sesuai dengan medan alam yang akan direkam, misalnya pada misalnya lokasi lautan menggunakan perahu, medan alam lainnya dipegang manusia, dan bahkan pada gurun pasir menggunakan fasilitas hewan Onta.

PENGAMBILAN GAMBAR GOOGLE STREET VIEW

Kamera Google Street View dipasang pada atap mobil atau media lainnya akan digunakan untuk menyusuri tempat atau jalan yang akan direkam, ciri-ciri mobil ini berwarna menarik dan bertuliskan Google Maps Street View maupun Wonderfull Indonesia.

Setelah selesai melakukan perekaman gambar lokasi, maka google street view akan mengolahnya melalui perangkat komputer kemudian disusun sehingga menampilkan gambar 360 derajat dan dapat dinikmati dalam berbagai ukuran

Dan kita tidak perlu khawatir meskipun terekam oleh google street view, karena google tetap menjaga privasi setiap gambar penting misalnya wajah manusia atau plat nomor kendaraan dengan cara memburamkannya.

CARA MENGAKSES GOOGLE STREET VIEW

Google street view ini bisa dibuka menggunakan Laptop maupun Smartphone seperti cara dibawah ini:

MEMBUKA GOOGLE STREET VIEW  MENGGUNAKAN PC ATAU LAPTOP
  1. Jika kita membuka Google Street View melalui PC / Laptop, kita cukup mengetikkan alamat http://maps.google.com/ pada browser yang digunakan.
  2. Kemudian kita menuju pada pojok layar bagian kanan bawah, disana kita akan temukan ikon boneka berwarna kuning.
    Peta Google Maps
  3. Klik dan tahan pada gambar boneka tersebut, kemudian tarik dan letakkan pada lokasi jalan atau tempat yang ingin kita ketahui menggunakan media google street view.
  4. Juga terdapat pilihan lain pada pojok kiri atas halaman google maps ini, disana akan ditemukan gambar yang bertuliskan Street view.
  5. Itu artinya gambar tersebut tersedia dalam Google Street View dengan dimensi 360 derajat, silahkan klik untuk melihatnya.
 MEMBUKA GOOGLE STREET VIEW MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Selanjutnya adalah cara Menggunakan Google Street View via Smartphone, baik itu yang memiliki sistem operasi Android maupun iOS.
  1. Bukalah aplikasi Google Map pada ponsel Android kita, ketikkan nama jalan yang ingin kita kunjungi secara virtual.
    Cara menggunakan google street view
    Peta lokasi aplikasi Google Maps
  2. Setelah ditemukan lokasi jalan yang dicari, kita bisa lakukan zoom pada jalan tersebut untuk mendapatkan detail objek yang ingin diketahui.
  3. Klik dan tahan pada lokasi, hingga muncul tanda seru merah google maps.
  4. Tariklah layar bagian bawah ke atas, kita akan menemukan deskripsi tempat, koleksi foto tempat tersebut dan pilihan untuk melihat tempat tersebut melalui Google dengan tanda Street View.
    Cara menggunakan google street view
    Deskripsi Peta Google Maps dan Street View
  5. Klik gambar yang bertanda street view dan jelajahi sepanjang jalan tersebut menggunakan Google Street View. 
KESIMPULAN

Google telah menyediakan fasilitas untuk mengunjungi tempat-tempat indah sepanjang jalan dilebih dari 40 Negara belahan dunia, sehingga kita bisa melakukan perjalanan wisata virtual pada lokasi yang telah direkam oleh Google Street view.

Sangat menarik bukan? Tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak kita sudah bisa melakukan travelling ke berbagai belahan dunia, dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone yang terhubung pada jaringan internet.

Asyiknya lagi dengan google street kita bisa melihat sekeliling dan tidak monoton pada satu arah saja karena gambar yang ditawarkan Google Street view ini bisa dilihat dari berbagai penjuru.

Baca Selanjutnya:  Menjelajahi Planet Mars dengan Google Mars

Baca Juga:



3 Responses to "Cara menggunakan google street view"

  1. Saya pernah memakai ini buat melacak alamat rumah pacar saya, keren banget asal ada alamat lengkap dan detail pasti bisa ketemu karena jangkauannya sampai ke pelosok.

    ReplyDelete
  2. Hebat bener ya google, ntar saya coba dah lacak rumah gebetan nanti hehe

    ReplyDelete
  3. Thanks atas infonya gan, canggih bener dah sekarang
    jadi makin tahu deh tentang google map :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close