Cara mendisinfektan Semua Gadget dari serangan virus/kuman

Cara mendisinfektan Semua Gadget dari serangan virus/kuman
Cara mendisinfektan Gadget dari serangan virus/kuman, Apakah Anda ingin melindungi terhadap COVID-19 atau hanya memberikan semua gadget Anda deep-clean saat Anda terjebak di rumah, sekarang adalah waktu yang ideal! Inilah cara Anda dapat membersihkan gadget teknologi Anda dengan aman, tanpa merusak apa pun.

Membersihkan dan Mendisinfeksi Adalah Dua Hal Berbeda
Sebelum coronavirus, perusahaan seperti Apple menyarankan konsumen untuk tidak menggunakan apa pun yang lebih kasar dari kain lembab dan minyak siku untuk membersihkan gadget mereka. Sayangnya, itu tidak akan membunuh bakteri atau virus, termasuk virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan COVID-19.

Sehubungan dengan wabah baru-baru ini, Apple telah mengubah nadanya  ketika datang untuk mendisinfeksi iPhone Anda:

“Menggunakan 70% isopropyl alcohol wipe atau Clorox Disinfecting Wipes, Anda dapat dengan lembut menyeka permukaan luar iPhone Anda. Jangan gunakan pemutih. Hindari mendapatkan uap air di celah apa pun, dan jangan merendam iPhone Anda di agen pembersih apa pun. "

Namun, banyak instruksi untuk membersihkan gadget sebelum pengumuman ini tetap berlaku. Kain lembab, sabun, dan minyak siku masih bagus jika Anda perlu menghilangkan kotoran atau kotoran yang menempel. Namun, untuk mendisinfeksi, Anda harus menggunakan produk yang mengandung alkohol cukup untuk membunuh mikroba yang berpotensi berbahaya.

Ketika datang ke pembersih tangan, CDC menyarankan :

“Data laboratorium menunjukkan bahwa 60 persen etanol dan 70 persen isopropanol, bahan aktif dalam pembersih tangan berbasis alkohol yang direkomendasikan CDC, menonaktifkan virus yang terkait secara genetik, dan dengan sifat fisik yang serupa dengan 2019-nCoV.”

Terlepas dari instruksi pabrik, jika Anda ingin mendisinfeksi secara efektif, Anda memerlukan semprotan pembersih etanol setidaknya 60 persen (seperti Dettol) atau alkohol gosok dengan konsentrasi 70 persen atau lebih.

Namun, ada risiko kecil yang dapat merusak perangkat keras Anda; Anda harus memutuskan apakah itu layak.

Ponsel Pintar dan Gawai

Anda dapat membersihkan ponsel cerdas Anda dengan tisu desinfektan  atau menggunakan alkohol gosok untuk mendisinfeksi layar dan sasis . Bahaya terbesar adalah Anda akan mempercepat keausan pada lapisan oleophobic (menolak minyak) pada tampilan.

Lapisan ini menjadi usang seiring waktu — jika Anda memiliki perangkat untuk sementara waktu, sebagian besar mungkin sudah hilang. Untungnya, itu dapat diterapkan kembali dengan hasil yang sangat baik, jika Anda ingin mengembalikan tampilan "telepon baru" yang mengkilap itu.

Jika Anda menyimpan ponsel di dalam case, Anda dapat melepasnya dan mencuci case secara menyeluruh dalam air sabun yang panas. Saat melakukannya, Anda juga dapat menggunakan desinfektan berbasis alkohol di bagian lain ponsel Anda. Anda tidak boleh merendam telepon Anda di dalam air atau cairan apa pun, meskipun peringkatnya tahan air.

Untuk melindungi ponsel atau tablet Anda (khususnya layar), Anda harus menghindari pembersih kasar, seperti pemutih, pembersih jendela, pembersih krim, atau agen berbasis deterjen lainnya. Ini pasti akan menghancurkan lapisan oleophobic, dan bahkan mungkin meninggalkan layar Anda bergaris-garis atau berkabut.

Saran yang sama berlaku untuk tablet, juga, karena mereka pada dasarnya hanya smartphone besar.

Laptop dan Hibrid

Anda dapat membersihkan laptop  di dalam dan luar  jika Anda memiliki alat yang tepat. Anda dapat menggunakan udara terkompresi untuk meniup debu. Isopropyl alcohol atau ethanol akan mendisinfeksi keyboard dan permukaan sentuh lainnya. Anda mungkin ingin sedikit lebih berhati-hati dengan layar, terutama jika itu plastik, karena alkohol dan bahan kimia lainnya dapat merusak lapisan.

Sebuah berbagai produk pembersih (termasuk sikat yang dibangun) akan membuat pekerjaan ini lebih mudah. Jika Anda sangat khawatir tentang pembuangan panas, Anda dapat mencoba menghilangkan debu di dalam sasis  dengan membuka atau membuangnya. Jika Anda membersihkan MacBook, pastikan Anda mendapat informasi  tentang sistem pendingin unik Apple .

Karena sebagian besar layar sentuh modern adalah kaca, Anda harus dapat menggunakan pembersih berbasis alkohol pada laptop hybrid atau convertible.

Keyboard

Keyboard cukup tangguh, jadi kebanyakan dari kita tidak sering menggantinya. Ini juga berarti mereka biasanya tertutup oleh kuman, berlapis debu, dan dipenuhi bulu dan rambut. Anda dapat membersihkan sebagian besar keyboard sepotong demi sepotong .

Untuk memulai, lepaskan kunci dan bersihkan dengan kain atau kuas. Gunakan udara tekan untuk mengeluarkan debu atau remah-remah dari sasis.

Anda dapat membeli sikat yang dibuat khusus dan vakuola tangan, tetapi ini tidak perlu jika Anda melepas kunci tombol untuk pembersihan yang dalam.

Isopropil alkohol dan etanol akan membantu membunuh mikroba yang berpotensi menular. Beberapa orang menggunakan nuklir dan menaruh keyboard (kabel) mereka di mesin pencuci piring . Asalkan Anda mengeringkannya dengan seksama sebelum Anda memasangnya kembali, ini akan berhasil. Namun, Anda dapat merusak lapisan atau kunci, jadi kami tidak merekomendasikannya untuk semua orang.

Peringatan:  Jangan pernah meletakkan keyboard nirkabel yang dilengkapi baterai terintegrasi di mesin pencuci piring!

Membersihkan keyboard Anda tidak hanya baik untuk kebersihan, tetapi bahkan dapat meningkatkan pengalaman mengetik Anda. Karena kotoran menumpuk di sakelar, menghapus apa pun yang membuat kunci Anda terasa "lembek" harus membuat keyboard Anda terasa baru lagi.

Mouse 

Anda dapat mengikuti banyak prosedur pembersihan yang sama yang akan Anda gunakan untuk keyboard untuk membersihkan mouse komputer Anda juga. Karena mouse Anda sering bersentuhan dengan tangan Anda, pembersih berbasis alkohol sangat bagus untuk membunuh bakteri dan nasties tak terlihat lainnya.

Untuk tempat-tempat yang sulit dijangkau, celupkan tip-Q ke dalam alkohol dan mulai bekerja. Tusuk gigi dari kayu juga bisa membantu Anda menghilangkan kotoran dari celah dan celah. Kuncinya adalah sering-seringlah membersihkan mouse Anda untuk mencegah kotoran menumpuk dan mengubah warna plastik.

Earphone dan Headphone

Headphone in-ear, seperti Apple AirPods, dapat menjadi kotor, cepat. Untungnya, ada banyak trik bagus untuk membersihkannya , termasuk kain lembab, Blu Tack, dan bola kapas. Seperti biasa, isopropil alkohol adalah solusi ideal jika Anda ingin sepenuhnya disinfeksi.

Headphone berbeda, karena tidak ada di telinga Anda. Bagaimana Anda membersihkannya pada akhirnya tergantung pada bahan yang terbuat dari cangkir telinga. Pastikan Anda berkonsultasi dengan instruksi khusus pabrikan untuk menghindari kerusakan headphone Anda.

Pengontrol Game

Jika Anda belum pernah membersihkan pengontrol gim Anda, Anda akan terkejut. Mereka bisa menjadi sangat kotor, dan kotoran dan kotoran dapat bersembunyi di semua tempat. Anda dapat menggunakan alkohol dan tip-Q untuk membersihkan dalam-dalam kontroler game Anda . Gunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran dari tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Jika Anda menumpahkan soda ke salah satu pengontrol Anda, itu mungkin lengket. Anda mungkin dapat menggunakan sedotan plastik dan sedikit alkohol untuk memperbaiki tombol bunga sepon tanpa membuka cangkangnya. Cukup jenuh tombol dengan alkohol, dan kemudian agitasi dengan sedotan.

Kasing PC

Kasing komputer Anda juga perlu dibersihkan secara teratur, tetapi karena alasan yang berbeda dari pengontrol ponsel cerdas atau game Anda. PC adalah magnet debu, dan debu menghalangi pembuangan panas. Karena panas membunuh komponen komputer, sebaiknya hapus debu sebanyak mungkin dari casing PC Anda secara teratur.

Ini bukan usaha kecil, dan Anda harus berhati-hati untuk tidak merusak komponen dalam proses. Pastikan juga Anda terhubung ke ground untuk menghindari pelepasan statis.

Peringatan:  Jangan pernah dalam kondisi apa pun Anda harus menggunakan ruang hampa untuk membersihkan kasing komputer.

Untuk hasil terbaik, bersihkan komponen individual (seperti kartu grafis) di luar kasing. Ambil kesempatan ini untuk melakukan pemeliharaan lain yang diperlukan, seperti mengganti pasta termal,  atau memasang kipas tambahan , RAM, atau penyimpanan.

Setelah koper bersih, Anda mungkin ingin memikirkan di mana koper itu berada. Jika itu di lantai, itu mungkin menyedot lebih banyak debu daripada di rak atau meja.

Monitor dan Televisi

Sebagian besar monitor dan layar TV tidak dirancang untuk disentuh. Inilah sebabnya mengapa mereka jarang terbuat dari kaca, yang berarti mereka jauh lebih tangguh daripada smartphone atau tablet.

Untuk menghindari kerusakan permanen pada monitor Anda, Anda harus membersihkannya hanya dengan kain lembab . Hindari semprotan pembersihan yang keras, seperti Windex, atau apa pun yang mengandung deterjen. Bahan kimia ini dapat (dan akan) merusak permukaan layar, meninggalkan goresan, atau bahkan membuat tampilan berkabut dan sulit dilihat. Plus, begitu Anda merusak permukaan, tidak ada jalan untuk kembali.

Beberapa monitor dan televisi memiliki kipas pendingin di dalamnya. Tergantung pada teknologinya, membersihkan bagian belakang, samping, atau atas monitor Anda dapat sangat membantu menghilangkan panas. Karena panas adalah musuh dari semua hal elektronik, menghilangkan debu akan membantu memperpanjang umur tampilan.

Belum ada Komentar untuk "Cara mendisinfektan Semua Gadget dari serangan virus/kuman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel