-->

5 Cara mengatasi anak kecanduan HP / Smartphone

Mengatasi Kecanduan Smartphone (Gambar: pandasecurity.com)
Mengatasi anak kecanduan HP - Mengatasi kecanduan smartphone pada anak, Smartphone saat ini menjadi pilihan bermain bagi sebagian besar anak-anak, salah satu daya-tariknya adalah media bermain game online yang menyebabkan anak-anak lupa waktu dan terus-menerus bermain smartphone.

Dampak negatif tentu terjadi pada anak yang sudah kecanduan gadget smartphone,  misalnya anak yang memiliki ketergantungan pada smartphone memiliki ciri-ciri antara lain:

  1. Tidak Belajar, Anak tidak akan belajar dirumah karena hanya fokus pada permainan di smartphonenya.
  2. Tidak mengikuti perintah orang tua, Sering mengabaikan dan bahkan melawan perintah orang tua. Hal ini karena orang tua yang mencoba berkomunikasi atau memberi perintah dianggap mengganggu kesenangan anak. Karena smartphone dianggap lebih memiliki daya tarik dari pada mengikuti perintah orang tua.
  3. Boros, Permainan di Smartphone banyak menghabiskan uang untuk membeli paket data atau top up pulsa untuk naik level game.
  4. Kurang bersosialisasi, Anak pecandu smartphone hanya bermain dengan teman yang sama-sama menyukai smartphone, selain itu mereka akan cuek dan bahkan cenderung menyendiri hanya bermain dengan handphonenya
  5. Bahaya Radiasi Layar HP, Pancaran Radiasi smartphone yang berlebihan dan terus-menerus akan merusak mata bahkan membahayakan otak, hal ini akan berdampak pada kesehatan anak.

Bagaimana cara mengatasi anak kecanduan gadget / smartphone?

Berikut ini kami menyajikan 5 cara umum dalam mengatasi ketergantungan anak pada smartphone:

1. Orang tua menjadi contoh

Anak-anak dalam hal berkegiatan sering mencontoh orang tuanya Karena orang yang paling dekat dan sering dalam berinteraksi bersama mereka. 

Orang tua perlu memberikan contoh dalam intensitas penggunaan hp, apalagi disaat bersama anak-anak usahakan orang tua menjauhi smartphone agar anak tidak tertarik untuk meniru dan memegang smartphone juga. Jika ada kepentingan mendesak untuk penggunaan hp, orang tua bisa memberikan penjelasan kepada anak dari tujuan penggunaan smartphone tersebut.

Seringkali orang tua dalam menemani anak bahkan memberikan hp untuk bermain agar anak diam dan tidak rewel. Satu atau dua kali mungkin bisa menjadi hiburan, namun selanjutnya anak akan menjadi kecanduan bermain hp dan tidak mau belajar dan melakukan kegiatan lainnya. 

2. Menyediakan permainan alternatif lainnya

Permainan alternatif sangat diperlukan untuk mengganti kecanduan smartphone yang dialami oleh anak, misalnya permainan-permainan edukasi, tradisional dll yang tidak ada hubungannya dengan hp.

Hal ini bisa mengalihkan perhatian dan kegemaran anak dalam aktivitas bermain sehari-hari. Saat ini masih banya permainan tradisional yang bisa disediakan untuk anak, bahkan mainan edukasi juga akan memancing kreativitas anak.

3. Menemani dan Mengajak anak berkomunikasi

Komunikasi sangat perlu dilakukan dalam keluarga khususnya dengan anak-anak sekaligus untuk memberikan keleluasaan berpendapat terkait pengalaman, hingga keinginan pribadi mereka.

Dengan mengajak berkomunikasi, anak-anak tidak akan fokus bermain gadget sehingga secara pelan-pelan mereka akan meninggalkan smartphone karena memiliki kegiatan lain yang positif berkomunikasi bersama keluarga.

4. Membatasi penggunaan smartphone anak

Sangat perlu membatasi waktu penggunaan gadget bagi anak, misalnya paling lama 1-2 jam dalam satu hari, dan orang tua mengingatkan untuk beraktivitas lainnya maupun beristirahat.

5. Jangan membelikan smartphone

Ini yang sering terjadi disamping banyaknya keluhan tentang kecanduan anak terhadap smartphone. Orang tua dengan bangga membelikan smartphone khusus untuk anak. Ini bisa menjadi salah satu faktor utama mengapa anak menjadi kecanduan gadget/smartphone. Fasilitas smartphone yang diberikan kepada anak mau tidak mau akan dimanfaatkan oleh anak, yang awalnya sekedar mendengarkan musik dan nonton video saja, akhirnya akan beralih pada game online yang akan menyita waktu anak bahkan hingga 24 jam.

Keinginan untuk membelikan Hp untuk anak, mungkin bisa ditahan dulu oleh orang tua sekaligus untuk berhemat uang. Atau jika memang ada anggaran yang harus dikeluarkan untuk anak, mungkin bisa di belikan mainan lainnya yang bisa menumbuhkan kreativitas.

Peran orang tua dalam membantu mengatasi ketergantungan anak pada smartphone sangat dibutuhkan, atau bisa dikatakan orang tua memiliki kontrol penuh terhadap aktivitas anak. Dan kunci dari keberhasilan mengatasi kecanduan anak terhadap smartphone sepenuhnya menjadi tanggung jawab orang tua.

BACA ARTIKEL LAINNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel