8 Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas dan keren

8 Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas dan keren--Berbicara tentang hobi tentunya setiap manusia mempunyai hobi yang berbeda, dan melakukan aktivitas yang sesuai dengan hobi adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, karena kita akan melakukan kegiatan tersebut dengan senang hati.
8 Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas dan keren
Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas

Dan tahukah anda, bahwa ternyata ada macam-macam hobi yang dapat membuat otak menjadi cerdas dan terlihat lebih keren.

APA SAJA MACAM-MACAM HOBI YANG MENCERDASKAN TERSEBUT?

Pada artikel kali ini Antapedia telah merangkum 8 Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas dan keren. mari kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. MEMBACA

Menurut penelitian bahwa orang yang memiliki hobi membaca sebenarnya dapat meningkatkan fungsi otak serta menciptakan susunan saraf baru karena disaat membaca kita mendapatkan informasi yang aktual atau terbaru.

Manfaat lain dari membaca adalah meningkatkan daya ingat dan melatih bagian otak untuk berimajinasi tanpa batas, karena bacaan itu tidak mengikat pembacanya pada objek visual tertentu untuk berimajinasi.

2. BERMAIN ALAT MUSIK  

Bermain musik berfungsi untuk memecahkan masalah serta dapat menghubungkan dua syaraf pada belahan otak, karena alasan inilah kemudian para ilmuan percaya bahwa dengan memainkan alat musik dapat membuat otak lebih cerdas, seperti suatu contoh bahwa seorang siswa dapat mengerjakan soal Mata Pelajaran Matematika yang cukup rumit.

Disamping itu pula dengan memainkan alat musik dapat merangsang kedua sisi otak kanan dan kiri dapat bekerja lebih baik dari pada sebelumnya.

3. BEROLAH RAGA

Dengan berolah raga dapat menghasilkan protein didalam aliran darah dan saat darah mengalir melewati otak, sel-sel otak akan menyerap protein yang bertanggu jawab untuk meningkatkan daya ingat otak agar menjadi lebih fokus.

4. MEMPELAJARI BAHASA ASING

Belajar bahasa yang baru sama artinya dengan memancing beberapa jaringan otak untuk mengartikan suara kita, menerjemahkan bahasa tersebut kemudian menanggapinya.

Daya kerja otak akan semakin terasah pada mereka yang mampu mengerti beberapa bahasa yang berbeda, dan mereka yang memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa juga akan bisa fokus pada lebih dari satu tugas yang berbeda pada waktu bersamaan.

Hal ini terjadi karena ada beberapa jaringan otak yang terhubung dengan jaringan penalaran serta perencanaan sehingga otak akan mampu menyelesaikan beberapa tugas sekaligus.

5. BERMAIN ASAH OTAK ATAU TEKA-TEKI SILANG

Dalam bermain teka-teki silang, otak kita dituntut untuk beroperasi layaknya komputer, semakin banyak informasi yang diserap otak, maka otak akan berkerja lebih keras lagi.

Otak manusia memiliki jaringan yang bernama plastisitas, istilah tersebut digunakan untuk merujuk pada koneksi baru disaat kita mendapatkan informasi aktual dan otak terlibat  dalam proses berfikir dan dipaksa untuk mengingat.

Teka-teki silang maupun permainan asah otak lainnya seperti halnya catur yang membutuhkan strategi akan memaksa otak kita untuk menerima informasi terbaru dan kemudian membuat koneksi plastisitas tersebut.

6. MELAKUKAN MEDITASI

Melakukan kegiatan meditasi juga dapat membantu mengontrol fikiran menjadi positif dan lebih baik dari pada sebelumnya, baik dalam hal berkonsentrasi, kekuatan memori akan bertambah dan dapat menghindarkan diri kita dari serangan stres.

7. MENGELOLA BLOG

Sekilas aktivitas mengelola blog ini merupakan hal yang mudah, karena tinggal menulis artikel kemudian membagikannya dan selesailah tugas kita dalam mengelola blog, namun pada kenyataanya tidak sesederhana itu, para blogger akan merasakan kerasnya atmosfer persaingan yang sangat ketat diseluruh dunia.

Sama halnya dengan bermain game, mengelola blog adalah suatu kegiatan yang cukup menuntut otak menjadi lebih aktif dan cerdas, disamping itu ada tantangan menarik yang tak kunjung selesai, misalnya membuat artikel yang berkualitas, meningkatkan trafik pengunjung, melawan rasa jenuh saat kita kehilangan inspirasi.

Hal tersebut diatas sangat membutuhkan otak untuk bekerja lebih keras karena suka ataupun tidak kita harus selalu menambah pengetahuan agar Blog yang kita kelola bisa bertahan dan bahkan maju sesuai dengan harapan kita.

8. KEGIATAN BERCOCOK TANAM

Bercocok tanam juga bukanlah suatu kegiatan yang mudah, kita akan dituntut ekstra sabar dalam merawat tanaman, agar tanaman tidak mati dan tetap bertahan hidup.

Dari sini juga dibutuhkan fungsi otak yang cerdas misalnya dalam memilih pupuk diperlukan fikiran yang teliti agar pupuk yang dipilih bisa cocok dengan tanaman yang kita rawat.

PENUTUP

Setiap manusia memiliki potensi untuk mencerdaskan otaknya melalui macam-macam hobi diatas. Syarat yang perlu kita miliki ialah harus mau berfikir, melatih konsentrasi dan mengajak otak untuk aktif bekerja. Setelah itu kita akan memiliki otak yang cerdas dan keren.

Demikianlah pembahasan kita tentang 8 Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas dan keren, semoga bisa menambah semangat dalam melakukan setiap aktivitas sehari-hari.

Baca Selanjutnya: 9 Cara menghilangkan stres dengan menggambar

Baca Juga:



5 Responses to "8 Hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas dan keren"

  1. Mengelola blog bikin jantungan, kalau visitor turun wkwk

    ReplyDelete
  2. Mengelola blog bikin jantungan, kalau visitor turun wkwk

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah..mengelola blog masuk gambar. Saya sangat setuju sih, karena di blog kita di "paksa" untuk belajar sendiri, jadinya ilmunya nggk akan dilupakan. Tak seperti pelajaran di sekolah yang konsepnya "hafal, lulus, lupa"..hehehe

    ReplyDelete
  4. Bermain musik ternyata bisa membuat otak cerdas, wah keren nie, ternyata bermain musik bermanfaat banget

    ReplyDelete
  5. Mengelola blog, selain mengasah otak juga memberikan keuntungan dalam hal finansial.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close