-->

Cara membuat subdomain di blogspot dashboard baru

Membuat subdomain di blogspot maksudnya yaitu membuat subdomain dari domain yang di hosting blogspot yang telah diubah menjadi Top Level Domain (TLD) seperti domain yang berakhiran .com, .net, .id dan sebagainya. 

Apakah bisa domain tersebut dibuatkan subdomainnya? Tentu saja bisa, contohnya blog antapedia.com dibuatkan subdomain misalnya menjadi teknologi.antapedia.com. tujuannya adalah untuk memfokuskan tema pembahasan blog yang bertema general / berbagai tema dibuatkan wadah blog baru yang khusus membahas terkait teknologi saja.

Jika anda ingin membuat subdomain maka syarat utamanya adalah memiliki sewa domain utama sendiri. Saya sendiri menyewa domain di penyedia layanan idwebhost, bagi kawan-kawan bisa menyewa domain di penyedia layanan sesuai  selera masing-masing.

Cara membuat subdomain di blogspot

Artikel sebelumnya saya pernah membahas cara membuat subdomain di blogspot tapi masih versi lama. Sekarang saya merasa perlu mengupdate cara pembuatan subdomain tersebut karena ada beberapa langkah settingan yang sudah berbeda. kabar baiknya cara membuat domain di blogspot dashboard yang baru ini lebih mudah dan cepat, tidak terlalu rumit seperti di pengaturan dashboard blogspot yang lama. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk pada akun penyedia domain, dalam hal ini saya contohkan di akun idwebhost. Klik menu DomainCara membuat subdomain di blogspot dashboard baru
  2. Pada halaman Domain Saya silahkan pilih domain utama yang ingin dibuatkan subdomain.
  3. Klik Kelola DNS.
    Cara membuat subdomain di blogspot dashboard baru

  4. Pada halaman Kelola DNS silahkan isi Nama Host: dengan nama subdomain, Jenis Record: CNAME (Alias), Alamat: ghs.google.com. Contohnya gambar dibawah ini. 
  5. Jika sudah terisi lengkap, klik tombol Selesai.
  6. Selanjutnya masuk ke dashboard blogger, Setelan > Memublikasikan, Pada bagian Domain Kostum isikan nama subdomain secara lengkap misalnya teknologi.antapedia.com. Kemudian klik Simpan. untuk isian Subdomain Penggantian dikosongkan saja.Cara membuat subdomain di blogspot dashboard baru
  7. Selesai, Blogspot telah memiliki alamat baru subdomain, namun tidak bisa langsung dibuka, silahkan tunggu masa propagasi subdomain sekitar 2-4 jam. atau anda bisa mencoba mengakses alamat subdomain yang baru tersebut, jika sudah diakses berarti pembuatan subdomain sudah selesai dan sukses.
Cara membuat subdomain ini cukup mudah dilakukan di blogspot karena kita tinggal mengkostum domain blogspot dengan subdomain dari domain utama kita.

ARTIKEL BLOGGER LAINNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close