6 Aplikasi silaturahmi online saat Hari Raya Idul Fitri (Lebaran di rumah saja)

6 Aplikasi silaturahmi online saat Hari Raya Idul Fitri (Lebaran di rumah saja)
Silaturahmi online Hari Raya idul fitri menjadi pilihan bagi masyarakat muslim yang saat ini tidak bisa  mudik atau pulang kampung dikarenakan larangan pemerintah akibat adanya pendemi Covid 19 serta pemberlakuan  pembatasan sosial berskala besar (PSBB)  yang telah  diberlakukan di beberapa daerah atau kota besar di Indonesia.

Larangan Mudik & PSBB ini tentu tidak akan menyurutkan silaturahmi kita terhadap orang tua, keluarga maupun orang-orang tersayang. selama kita tidak menyalahi aturan dari pemerintah maka  silaturahmi tetap bisa kita lakukan dengan baik, salah satunya ialah silaturahmi secara online.

Apakah bisa silaturahmi secara online?  tentu saja bisa. Salah satu caranya adalah menggunakan  panggilan video online, menggunakan media aplikasi yang dapat menyambungkan silaturahmi kita secara online dengan keluarga.

Silaturahmi online menggunakan video  tidak akan mengurangi suasana bahagia dalam memperingati hari Raya Idul Fitri seperti sebelumnya,  silaturahmi akan terlaksana meskipun masih ada satu kekurangan yaitu fisik yang berjauhan satu sama lain. namun dalam suasana seperti ini yang berada di bawah tekanan wabah global  serangan virus corona, maka silaturahmi via video online menjadi pilihan yang tepat selain dapat mewakili  rasa rindu terhadap keluarga juga memastikan kita  tetap aman karena masih berada di dalam rumah.

Bagaimana cara silaturahmi online tersebut?  mudah saja kami sudah merangkum cara silaturahmi online dan aplikasi video yang dapat digunakan oleh anda agar dapat  berlebaran dengan keluarga  meski berjauhan.

Berikut ini Aplikasi silaturahmi online yang bisa digunakan saat lebaran

1. Google Duo

Perusahaan Google tidak hanya menyediakan mesin pencarinya yang dikenal dengan Google Search, namun dalam hal panggilan Video Google juga tidak mau ketinggalan terbukti dengan dikeluarkannya aplikasi Google Duo. Dengan Aplikasi Google Duo Anda bisa bersilaturrahmi secara online atau video konferensi, khususnya saat bermaaf-maafan dengan cepat bersama keluarga saat lebaran. Jika tertarik dengan Google Duo anda bisa membaca Cara menggunakan Google Duo

2. Google Meet

Masih aplikasi besutan Google, Google Meet bisa menjadi pilihan untuk bersilaturrahmi secara online. Penggunaannya cukup mudah cukup menggunakan akun Gmail dan Google+.

3. Aplikasi Zoom

Saat ini Aplikasi Zoom tiba-tiba menjadi begitu viral ditengah merebaknya Pandemi Covid-19, apalagi setelah adanya anjuran pemerintah yang melarang masyarakat berkumpul / melakukan rapat untuk memutus mata rantai virus corona. Namun masyarakat tidak perlu bingung untuk melaksanakan konferensi rapat online karena anda bisa menggunakan Aplikasi Zoom. Khususnya saat ini bagi yang ingin melakukan silaturrahmi lebaran bersama keluarga, Zoom bisa menjadi solusinya.

Tidak tanggung-tanggung. Aplikasi Zoom di gadang-gadang mampu menyelenggarakan hingga bermuatan 1000 konferensi atau grup video, sangat cocok bagi anda yang memiliki keluarga besar. untuk lebih jauh mengetahui tentang aplikasi Zoom, anda bisa menyimak Cara lengkap menggunakan Aplikasi Zoom di komputer atau perangkat seluler

4. Aplikasi Whatsapp

Jika selama ini Aplikasi Whatsapp digunakan Video Call secara personal saja, maka sudah saatnya Whatsapp anda fungsikan untuk melakukan silaturrahmi online dengan keluarga atau sahabat. Whatsapp mampu mengumpulkan 16 hingga 30 orang untuk satu kali meeting. Jadi cukuplah untuk melakukan video call silaturrahmi lebaran.

Aplikasi Whatsapp bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore, atau untuk gadget selain Android bisa mencarinya sesuai market penyedia masing-masing.

5. Facebook Messenger

Emang facebook bisa digunakan untuk meeting? Iya benar. Facebook sudah mengembangkan aplikasi messengernya agar bisa digunakan media rapat online, namun sementara informasinya masih tersedia untuk beberapa negara saja. Jika Facebook Messenger bisa digunakan dalam waktu dekat, maka anda bisa segera menikmati layanannya untuk bersilaturrahmi lebaran melalui aplikasi video Facebook Messenger.

Untuk menggunakan Facebook Messenger, anda harus membuat akun Facebook terlebih dahulu, kami telah membahasnya pada artikel Cara Mendaftar Facebook

6. Aplikasi Skype

Sebagian orang masih terasa asing dengan media social Skype, namun sebenarnya Skype ini adalah aplikasi yang dipersembahkan oleh Microsoft, aplikasi skype dapat digunakan untuk rapat maupun bersilaturrahmi secara online dengan maksimal 25 orang, dan untungnya aplikasi Skype bisa diakses menggunakan Smartphone, Komputer, dan TV.

Sebagaimana aplikasi lainnya, anda harus mendaftar atau membuat akun skype terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya, untuk panduan lengkapnya ikuti Cara Mendaftar Akun Skype

Demikianlah 6 Aplikasi silaturahmi online saat Hari Raya Idul Fitri yang bisa anda manfaatkan untuk menjalani Lebaran di rumah saja, semoga bisa memperlancar acara keluarga anda meskipun dilaksanakan secara online.

Anda dapat membaca artikel lainnya tentang media sosial dibawah ini

Membuka WhatsApp di Komputer

Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui

Facebook Messenger akan dilengkapi fitur menghapus pesan

Whatsapp minta update tapi memori penuh? Ini Solusinya

Langkah-langkah mengikuti rapat menggunakan Zoom

Belum ada Komentar untuk "6 Aplikasi silaturahmi online saat Hari Raya Idul Fitri (Lebaran di rumah saja)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel