-->

Langkah-langkah mengikuti rapat menggunakan Zoom

Langkah-langkah mengikuti rapat menggunakan Zoom
Mengikuti rapat zoom (gambar: google)
Cara bergabung dengan rapat zoom

1. klik pada tautan Zoom Anda mungkin telah disediakan

Atau

2. Pergi ke https://otago.zoom.us/join  dan Masukkan ID Rapat yang telah Anda berikan di bidang yang sesuai dan klik 'Gabung' (ID Rapat akan berupa angka 9 atau 10 digit)

Jika bergabung dari Perangkat seluler

Jika Anda bergabung dari perangkat seluler (smartphone Android / tablet, Apple iPhone / iPad) maka ia hanya akan meminta Anda untuk mengunduh aplikasi Zoom Cloud Meetings dari App / Play Store.

Jika bergabung dari komputer

Saat memasuki rapat Zoom untuk pertama kali dari komputer, Anda harus mengunduh file aplikasi kecil.

Proses ini mudah diselesaikan pada semua browser yang biasa digunakan. Contoh di bawah ini ditunjukkan menggunakan Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Mozilla Firefox

Klik 'Simpan File' dan ikuti instruksi di kotak oranye.

Google Chrome

Google Chrome harus mengunduh file secara otomatis dan mengarahkannya seperti yang ditunjukkan di atas. Mengklik file Zoom_launcher.exe akan menginstal Zoom, akan ada jeda singkat sebelum bilah kemajuan biru muncul yang menunjukkan instalasi.

Jika kotak 'Peluncur Aplikasi' atau 'Permintaan Protokol Eksternal' muncul, centang saja kotak pilihan ' Ingat pilihan saya ... ' lalu klik 'OK'

Tepat sebelum memasuki rapat, Anda akan diminta memasukkan nama tampilan. Nama ini hanya untuk mengidentifikasi Anda dalam rapat dan tidak terhubung dengan nama pengguna Universitas Anda.

Bergabunglah dengan Audio melalui Komputer

Anda kemudian akan diminta bagaimana Anda ingin bergabung dengan audio Anda. Jika Anda ingin bergabung dengan audio melalui telepon, ikuti instruksi lebih lanjut ke bawah, jika tidak cukup pilih Gabung Komputer dengan Audio (TIP: dengan mencentang kotak opsi "Gabung audio secara otomatis dengan komputer ..." terlebih dahulu, artinya Anda tidak akan diminta lagi di masa depan)

Bergabunglah melalui Telepon

Jika Anda tidak dapat bergabung dari Zoom pada komputer atau perangkat seluler, maka Anda dapat bergabung di telepon sebagai gantinya.

Jika Anda ingin menghadiri rapat Zoom melalui telepon di NZ, harap hubungi nomor NZ (periksa tautan ini untuk mendapatkan nomor terbaru https://zoom.us/zoomconference). Kemudian masukkan ID Rapat dan PIN (jika perlu) saat diminta.

Harap dicatat panggilan akan dikenakan tarif standar nasional.

Bergabunglah melalui Komputer & Audio melalui Telepon

Dimungkinkan untuk menggunakan kombinasi komputer untuk video dan telepon untuk audio.

Jika Anda menggunakan opsi ini, maka masuklah dengan komputer terlebih dahulu dan pilih  tab Bergabung Dengan Telepon ketika jendela sembul audio muncul (lihat contoh di bawah). Ini akan menampilkan nomor dial NZ untuk Anda (atau Anda dapat mengubahnya untuk menampilkan salah satu dari banyak negara lain yang memiliki nomor dial "lokal" dengan mengklik ikon bendera), serta ID Rapat untuk masuk dan ID Peserta Anda.

Dial in seperti disebutkan di atas, namun setelah memasukkan ID Rapat, Anda akan diminta untuk memasukkan ID Peserta Anda. Masukkan saja nomor ini diikuti # dan video dan audio Anda akan disinkronkan.

Mengangkat Tangan Anda

Sebagai pembicara non-jika Anda ingin mengajukan pertanyaan atau membuat titik selama pertemuan itu adalah protokol yang baik untuk menggunakan fasilitas 'Angkat Tangan'.

Jika bilah alat tidak ditampilkan di bagian bawah jendela Zoom, tempatkan kursor Anda di atas jendela Zoom sehingga muncul dan pilih ikon 'Peserta'.

Sebuah jendela daftar peserta lain akan muncul, ada juga ikon 'Angkat Tangan', klik ikon untuk memberitahukan kepada Host bahwa Anda ingin mengangkat tangan.

Jika Anda ingin menurunkan tangan Anda, klik ikon 'Tangan bawah' yang akan menggantikan ikon 'Angkat tangan'.

Menggunakan Obrolan

Anda dapat menggunakan fasilitas 'Obrolan' untuk mengirim obrolan teks ke semua peserta atau secara pribadi ke peserta tertentu.

Klik ikon 'Obrolan' di bilah alat, arahkan lagi mouse Anda ke jendela Zoom jika Anda tidak dapat melihat bilah alat.

Jendela obrolan kemudian akan terbuka. Pilih 'Semua Orang' atau nama orang yang ingin Anda kirimi pesan obrolan.

Audio saja

Ada kemungkinan bahwa selama konferensi peserta akan diminta untuk mematikan kamera mereka dan pindah ke audio saja, terutama jika ada masalah dengan bandwidth yang tersedia.

Untuk melakukan ini cukup klik pada ikon kamera di bagian bawah jendela Zoom.

Sumber: blogs.otago.ac.nz

Artikel tentang media sosial dapat anda baca selengkapnya dibawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close