-->

Cara lengkap menggunakan Aplikasi Zoom di komputer atau perangkat seluler

Cara lengkap menggunakan Aplikasi Zoom di komputer atau perangkat seluler
Menggunakan Zoom di komputer atau perangkat seluler, Anda dapat melakukan obrolan video menggunakan Zoom di perangkat seluler atau komputer Anda.
  • Anda dapat menggunakan Zoom untuk berpartisipasi dalam atau menyelenggarakan rapat video di komputer atau perangkat seluler Anda.
  • Zoom adalah layanan konferensi video yang digunakan oleh perusahaan dan universitas untuk komunikasi jarak jauh.
  • Layanan ini mirip dengan pesaing seperti Google Hangout, BlueJeans, dan Skype.
  • Fungsi dasarnya meliputi kemampuan untuk mengobrol dan memanggil kontak individual, serta menjadwalkan rapat untuk acara mendatang.
  • Kunjungi beranda Business Insider untuk cerita lebih lanjut .
Baik itu check-in tim Jumat atau lokakarya Rabu sekolah pascasarjana, Zoom memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan kolega dan teman sekelas untuk menyelesaikan pekerjaan dari jarak jauh.

Meskipun platform ini cukup mudah digunakan, fungsi dasarnya diatur sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda menggunakan versi desktop atau seluler.

Namun, sebagian besar tugas utama tetap mudah dikenali meskipun ada sedikit perubahan: menjadwalkan atau menggabungkan panggilan , melacak kontak dan rapat Anda, dan membuat perubahan pada pengaturan akun Anda.

Seiring dengan Google Hangouts dan BlueJeans , Zoom dengan cepat menjadi pelopor untuk konferensi video jarak jauh selama wabah COVID-19 .

Banyak perusahaan mungkin sudah memiliki layanan video, tetapi Zoom terbukti sangat membantu untuk kursus tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi karena memungkinkan hingga 100 peserta dengan berlangganan akun gratis.

Berikut adalah panduan cepat untuk fitur-fitur penting aplikasi.

Cara menggunakan Zoom di komputer Anda
  1. Buka browser pilihan Anda di Mac atau PC dan buka situs web Zoom untuk membuat dan mengelola akun. Klik "Akun Saya" setelah masuk untuk membawa Anda ke detail akun Anda.
  2. 2. Anda dapat menjadwalkan, bergabung, atau menjadi tuan rumah rapat di bagian atas layar. Klik salah satu dari tiga opsi ini dan ikuti petunjuk untuk mengatur atau bergabung dengan panggilan video online. Untuk bergabung dengan panggilan, Anda memerlukan ID atau nama Rapat.
  3. Di sisi kiri, Anda akan menemukan berbagai opsi, termasuk yang pertama dan mungkin yang paling penting: Profil. Di sinilah Anda dapat mengubah gambar profil Anda, mengedit email atau kata sandi Anda, dan membuat perubahan lain di bagian pengaturan ini. Anda juga akan menemukan opsi untuk keluar dari Zoom pada semua perangkat Anda di bagian bawah halaman ini.
  4. Di bawah tab profil Anda, Anda akan menemukan ringkasan rapat Anda. Anda dapat memulai atau menghapus rapat yang akan datang atau meninjau pertemuan sebelumnya di atas.
  5. 5. Tab lain di sisi kiri termasuk webinar, rekaman, dan pengaturan Anda. Fitur webinar hanya dapat diaktifkan jika Anda membayar untuk akun, dan rekaman akan mengarahkan Anda untuk mengaktifkan fitur untuk Anda dan peserta rapat Anda.
  6. Anda juga akan menemukan pengaturan lebih lanjut di bagian bawah panel kiri, termasuk mengelola pengguna dan kamar. Anda juga dapat memutakhirkan akun Anda di bawah “Penagihan,” atau mengelola informasi pembayaran Anda jika Anda telah meningkatkan ke Pro, Bisnis, atau Perusahaan.
Jika Anda mengunduh aplikasi desktop , Anda akan menemukan versi yang lebih ramping dari opsi ini saat dibuka. Aplikasi ini disusun dalam empat tab utama di bagian atas layar: Beranda, Obrolan, Rapat, dan Kontak.
  1. Tab "Beranda" memberi Anda opsi untuk memulai rapat baru, bergabung dengan panggilan saat ini, menjadwalkan acara mendatang, atau berbagi layar Anda. Jika Anda memiliki rapat yang akan datang untuk hari itu, Anda juga akan menemukannya di daftar centang di sebelah kanan. Anda juga dapat mengeklik profil Anda di sudut kanan atas kapan saja. Ini akan membuka menu dropdown untuk membuat perubahan cepat, seperti mengalihkan ketersediaan atau foto profil Anda.
  2. Anda juga dapat mengakses pengaturan dari menu itu dari halaman mana saja, atau dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas tab "Beranda". Ini akan membuka menu Pengaturan lengkap. Jelajahi melalui tab di sisi kiri untuk membuat perubahan. Di "Umum" Anda juga dapat menemukan "Lihat Pengaturan Lainnya" di bagian bawah, yang akan membuka profil Anda secara online untuk akses lengkap ke akun Zoom Anda.
  3. Tab "Obrolan" melacak setiap percakapan yang Anda lakukan di antara kontak. Anda dapat memberi bintang atau percakapan favorit untuk memudahkan akses atau menelusuri percakapan terkini Anda. Anda juga akan menemukan "Permintaan Kontak" jika ada yang meminta untuk bergabung dengan direktori Anda. Selain itu, setiap file yang dibagikan di antara kontak akan muncul di bagian "File".
  4. Tab "Rapat" menunjukkan ringkasan rapat yang akan datang, yang diselenggarakan berdasarkan tanggal. Anda juga dapat beralih antara rapat yang akan datang dan yang direkam di atas, atau klik tanda plus untuk menjadwalkan yang baru. Klik pada pertemuan yang sudah ada sebelumnya untuk melihat opsi untuk memulainya lebih awal, menyalin undangan, mengedit, atau menghapusnya. Anda juga dapat mengklik untuk menampilkan undangan rapat yang dikirim ke semua undangan.
  5. Terakhir, tab "Kontak" melacak kolega dan teman sekelas yang Anda tambahkan ke platform. Lihat informasi kontak dengan menelusuri kategori-kategori tangan kiri: kontak berbintang, eksternal, dan cloud. Anda juga dapat mengklik untuk melihat saluran apa pun, yang merupakan kelompok kontak untuk membantu mengatur kegiatan Anda. Klik tanda plus untuk menambahkan kontak atau saluran baru.
Cara menggunakan Zoom di perangkat seluler Anda

Versi seluler aplikasi di iPhone, iPad, dan Android menawarkan versi sederhana platform Zoom online, dan tab utama terdapat di bagian bawah: Meet & Chat, Meetings, Kontak, dan Settings. (Pengaturannya sedikit berbeda karena ruang terbatas.)
  1. "Meet & Chat" menggabungkan tab "Home" dan "Chat" desktop. Opsi utama terdapat di bagian atas: Rapat Baru, Gabung, Jadwalkan, dan Bagikan Layar. Di bawah, Anda akan melihat riwayat panggilan dan obrolan terkini, bersama dengan setiap Permintaan Kontak yang luar biasa. Ketuk untuk melihat obrolan dengan kontak apa pun atau untuk menerima permintaan. Anda juga dapat mengetuk ikon bintang di sudut kiri atas untuk melihat favorit Anda atau ikon pensil di sudut kanan atas untuk menyusun pesan baru.
  2. "Rapat" menunjukkan barisan acara mendatang. Anda juga dapat memulai panggilan, mengirim undangan, atau mengedit acara saat ini di bagian atas halaman. Ketuk untuk memulai salah satu opsi ini dan ikuti petunjuk yang disediakan. "ID Rapat Pribadi" Anda adalah kode unik Anda untuk memulai pertemuan individual. Ketuk rapat yang akan datang untuk melihat detailnya atau menghapusnya seluruhnya. Ketuk rapat dan Anda juga akan menemukan opsi untuk menambahkan undangan dan mengirim undangan ke kontak ini melalui email atau pesan teks.
  3. "Kontak" terlihat sangat mirip dengan versi desktop dan daftar favorit Anda yang berkilau bintangnya, serta yang lainnya di direktori perusahaan Anda. Cari kontak di bagian atas halaman. Ketuk simbol plus di sudut kanan atas untuk membuka menu pop-up untuk menambahkan kontak, membuat saluran baru, atau bergabung dengan saluran publik. Anda juga dapat beralih antara kontak dan saluran di bagian atas. Kontak adalah orang per orang sedangkan saluran adalah grup dari kontak ini.
  4. Terakhir akses "Pengaturan" untuk membuat perubahan pada akun Anda. Pengaturan Zoom Anda diatur oleh Rapat, Kontak, Obrolan, dan Umum. Anda juga dapat menambahkan Shortcut Siri. Untuk membuat perubahan pada profil Anda, ketuk nama Anda di bagian atas layar, tempat Anda dapat mengubah foto profil Anda, menampilkan nama, atau memperbarui kata sandi Anda. Ini juga tempat Anda dapat keluar dari aplikasi Zoom.
Sumber: Businessinsider

Artikel tentang media sosial dapat anda baca selengkapnya dibawah ini

Canggih! Snapchat Merilis Filter Keren yang Mampu Mengenali Objek Foto

Fitur Terbaru Telegram, Pengguna bisa menggunakan 3 Akun Sekaligus

Terkait Hak Cipta, Spotify Digugat Rp 21,6 Triliun

2 tahun lagi Whatsapp akan ditutup, ada apa ya?

Spotify sekarang memiliki 87 juta pelanggan yang berbayar

Facebook Messenger akan dilengkapi fitur menghapus pesan

Whatsapp minta update tapi memori penuh? Ini Solusinya

Foto menjadi lebih tua di Facebook dan Instagram? ini caranya

Langkah-langkah mengikuti rapat menggunakan Zoom

Belum ada Komentar untuk "Cara lengkap menggunakan Aplikasi Zoom di komputer atau perangkat seluler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel