5 Cara menghemat kuota internet di Android

Internet saat ini bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, berbagai kebutuhan Mulai dari Media Sosial, hiburan, belanja dan mencari informasi bisa kita dapatkan melalui internet.
5 Cara menghemat kuota internet di Android
Karena begitu banyaknya berbagai kebutuhan tersebut, sehingga tanpa disadari koute internet pada smartphone kita menjadi boros sehingga harus selalu membeli paket data untuk bisa tetap eksis berinternetan ria.

Bisa saja kuota internet hanya terbuang karena hal yang kurang penting, jadi Jangan biarkan hal ini terjadi berlaru-larut dan dapat menguras dompet untuk selalu membeli paket data internet.
Bagaimana cara menghemat data kouta internet?

Mudah! Kita hanya perlu melakukan pengaturan pada Smartphone Android sehingga data tidak terbuang dengan sia-sia.

1. Mematikan sambungan data saat tidak digunakan

Kebiasaan kita adalah sering membiarkan sambungan data selalu aktif meskipun tidak sedang digunakan, apalagi kita sedang dalam perjalanan selain membantu kita tetap fokus karena tidak terganggu oleh notifikasi ponsel, juga dapat menghemat data internet. 

2. Matikan fitur update otomatis di Playstore

Fitur ini sangat jarang diketahui oleh kawan pengguna smartphone yaitu update aplikasi otomatis dari playstore. ketika ada aplikasi yang diperbaharui oleh developernya maka secara otomatis aplikasi yang ada di smartphone juga akan mengupdatenya.

Untuk menghemat data internet kita bisa menonaktifkan fitur auto update aplikasi dengan cara masuk pada aplikasi Playstore, klik ikon 3 baris dipojok kiri layar, lalu klik Settings.

Pada menu settings akan terdapat submenu auto-update apps, akan muncul pop up auto-update apps, pilih do not auto-update apps, Selesai.

Fitur update otomatis playstore sudah tidak aktif, jika ingin mengupdate apps di smartphone kita, bisa dilakukan saat smartphone terhubung pada jaringan wi-fi sehingga tidak mengurangi kouta data internet yang kita miliki.

3. Menghapus aplikasi Media sosial

Secara umum dengan menggunakan aplikasi Media Sosial seperti Messenger, Twitter maupun Instagram sangat memudahkan kita dalam bermedia sosial.

Namun tahukah anda? bahwa aplikasi ini tetap membutuhkan data internet meskipun tidak sedang digunakan. Setiap ada update status terbaru dari kawan media sosial, kita akan mendapatkan pemberitahuan melalui aplikasi.

Hapuslah aplikasi tersebut dan gunakan media sosial melalui web browser, ini artinya kita menggunakan kouta data untuk internetan saat dibutuhkan saja.

4. Non aktifkan fitur lokasi

Fitur lokasi ini berfungsi memberikan akses pada Google untuk mengetahui lokasi dimana kita sedang online, selama fitur lokasi diaktifkan maka tetap menguras kuota internet agar bisa terus memberikan informasi tempat kepada Google.

Non aktifkan fitur lokasi agar bisa tetap berhemat kouta internet dan aktifkan sewaktu diperlukan saja.

5. Matikan Smartphone saat tidur

Cara yang terakhir ini sangat efektif, disamping tidak mengganggu istirahat kita maka kouta internet juga tidak berjalan, sehingga dapat berhemat kouta dengan maksimal   

PENUTUP

Demikianlah 5 Cara menghemat kuota internet di Android, mudah bisa bermanfaat bagi para pembaca, selamat berhemat kouta internet.


Baca Juga:



0 Response to "5 Cara menghemat kuota internet di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close