15 Istilah Jual-Beli yang wajib diketahui oleh Pebisnis Online

antapedia.com
Antapedia.com - Dunia Bisnis online saat ini menjadi trend yang paling diminati oleh Para Pembisnis, Bahkan bisnis Offline yang dulunya cukup anti dengan model bisnis online sekarang menjadi tertarik untuk menjual produk / dagangannya secara online.

Bukan tanpa alasan, Bisnis yang dilakukan secara online ternyata memiliki peluang pasar yang lebih luas bahkan tidak terbatas dibandingkan hanya dengan promosi secara offline. 

Perbandingannya begini, jika toko yang menjual secara offline maka konsumennya adalah lingkungan sekitar yang dekat dengan toko offline saja, sedangkan untuk toko Online kita bisa menjangkau dalam sekala luas hingga luar negeri. 

Saat ini khususnya para anak muda sedang gemar-gemarnya untuk membangun toko online, hal ini terbukti diberbagai media sosial banyak promosi produk, mulai dari kecantikan, Gadget, hingga Otomotif. Secara pribadi penulis sangat mengapresiasi mereka karena mereka mau maju dan belajar menjadi orang yang terus bersemangat untuk membangun Bisnis.

Bisnis Online bukan hanya sekedar Berbisnis, melakukan Promosi dan penjualan secara online, namun ada ilmu dasar yang wajib diketahui bagi yang sedang maupun akan menjalani Bisnis Online, yaitu Istilah-istilah yang digunakan oleh Penjual dan Pembeli di Bisnis Online, Apa Saja? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

1. PM (Personal Message)

Personal Message atau lebih dikenal dengan PM ini banyak digunakan oleh para penjual dan pembeli dalam Bisnis Online. Kadang kita merasa bingung saat membaca disebuah komentar media sosial yang mengatakan “PM ya gan”. Kalau kita tidak tahu istilah ini nanti akan mengira PM itu adalah Polisi Militer. Lho... 

Arti sebenarnya dari PM ini adalah Personal Message atau Pesan Pribadi alias Japri (Jaringan Pribadi), biasa digunakan jika ingin bertransaksi atau bertanya tentang spesifikasi dan harga barang yang akan dijual, jadi komunikasinya sudah tidak diforum, namun berpindah melalui pesan Pribadi.

2. DP (Down Payment)

DP dalam bahasa Bisnis Online dan Offline memiliki Arti Uang Muka, DP digunakan jika kita sepakat melakukan transaksi dan sebagai bentuk keseriusannya adalah dengan membayar Uang Muka sebagian dari Jumlah keseluruhan Uang Transaksi.

3. CLBK (Chat Lama Beli Kagak)

Dalam dunia Bisnis Online ada suka dukanya juga, misalnya kita menawarkan Produk untuk dijual, kemudian ada kawan yang antusias bertanya-tanya tentang seluruh aspek dari produk tersebut, namun akhirnya dia tidak minat untuk membeli, akhirnya terciptalah istilah CLBK artinya Chat Lama Beli Kagak.

Menurut Penulis Istilah ini sebaiknya tidak dipakai oleh Para Pembisnis Online, karena dalam bisnis kita harus memperlakukan Pembeli atau calon Pembeli sebagai raja. Jika ada yang ingin tahu banya tentang produk yang kita miliki berilah penjelasan sedetail mungkin hingga calon pembeli merasa puas, makanya dalam hal ini perlu adanya Customer Servis yang bertugas menhadapi pertanyaan tentang Produk

4. CS (Costumer Service)

CS yaitu istilah untuk petugas yang melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan secara online maupun offline, Costumer Service sangat berperan penting dalam perjalanan sebuah bisnis, karenanya petugas CS wajib memiliki keahlian bahasa yang bagus, sopan dan penyabar sehingga apabila menghadapi pelanggan yang CLBK dia tetap santai.

Costumer Servis dalam bisnis online menjadi tujuan utama berbagai pertanyaan calon pembeli, karena biasa pada saat promosi produk sudah tercantum CS yang bisa dihubungi.

5. COD (Cash On Delivery)

Apa Itu COD? Arti COD yaitu sebuah Istilah yang biasa digunakan jika penjual dan pembeli ingin melakukan transaksi didarat atau saling bertemu. Setelah deal kesepakatan pembeli akan menyerahkan uang tunai kepada penjual secara langsung.

6. Ongkir (Ongkos Kirim)

Produk yang dijual Online akan dikirim secara online pula, melalui berbagai jasa pengiriman misanya POS Indonesia, JNT, JNE dan Jasa Lainnya. Selain biaya transaksi yang telah dikeluarkan oleh pembeli biasanya ada biaya lagi yang bernama Ongkos Kirim. Atau dalam hal ini tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli tentang siapa yang akan menanggung biaya pengiriman yang disebut Ongkir ini.

7. DO (Delivery Order)

Setelah terjadi transaksi Produk secara online, kemudian penjual akan melakukan pengiriman pesanan dan memberitahukan kepada pembeli dengan istilah DO yang artinya barang sedang dikirim ketempat tujuan.

8. PO (Pre-Order)

Pre-Order adalah istilah untuk barang yang tidak tersedi jika tidak melakukan pesanan terlebih dahulu. Jadi pembeli harus memesan dulu produk tersebut baru akan disediakan, atau tidak ada stok yang siap jual saat itu juga.

9. PL (Pre-Loved)

Dalam Bisnis Online ada 2 macam barang yang dijual-belikan yaitu Barang Baru dan barang Bekas Pakai, atau istilah umumnya PL adalah Barang Second sudah pernah digunakan sebelumnya. Kebanyakan para pembeli mencari barang PL karena harganya yang lebih murah dari aslinya atau kerana barang yang sulit untuk didapatkan.

10. Dropship 

Dropship adalah Pekerjaan bisnis online yang tidak terlalu beresiko adalah menjadi Dropsip, yang tugasnya adalah menjual barang tanpa harus memiliki barang sendiri karena barang sudah disediakan langsung oleh Suplier atau Penyedia

11. Minor (Minimal Order)

Minimal Order seringkali diterapkan untuk barang yang memiliki harga murah sehingga jika terjadi penjualan, kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Misalnya harga barang Rp. 5.000 jika hanya membeli 1 buah barang maka rugi di ongkos kirim yang lebih besar dari harga barang, sehingganya penjual menerapkan Minimal Order sesuai dengan kesepakatan.

12. Keep 

Istilah Keep sama halnya dengan memesan Produk dan meminta penjual untuk menyimpan barang tersebut agar tidak dijual kepada orang lain. Keep ini dilakukan oleh pembeli yang serius dan dipercaya oleh penjual karena jika sudah di Keep / Booking, barang tersebut tidak akan dikeluarkan kepada pembali lain.

13. SCDD (Siapa Cepat Dia Dapat) 

Untuk stok barang tertentu para penjual akan memberikan diskon terhadap produk yang ingin dijual dan dalam hal ini berlaku Istilah SCDD, Penjual akan memprioritaskan pembeli yang langsung membayar. 

14. HIT & RUN

HIT & RUN pada Bisnis Online lebih dikenal sebagai PHP atau Pemberi harapan palsu, barang sudah dipesan oleh pembeli ternyata tidak membayar dan bahkan dia langsung hilang tanpa jejak.

PHP Banyak sekali ditemui dalam Bisnis Online, karena disana sangat memungkinkan seseorang menjadi orang lain dengan berbagai kepentingan bahkan penipuan.

15. Reseller (Menjual Kembali)

Arti sebenarnya Reseller adalah menjual kembali barang yang telah dibeli dari penjual dengan keuntungan penuh menjadi miliki yang mempunyai barang tersebut.

Namun saat ini Reseller banyak dipraktekkan sebagai bisnis afiliasi yaitu mengambil keuntungan dengan terjualnya barang yang dibeli lewat link Reseller, atau gambarannya begini sebuah perusahaan memiliki produk untuk dijual dengan harga Rp. 50.000, Kemudian ada orang yang menjualkannya kembali dengan harga Rp. 60.000 maka keuntungan Rp. 10.000 menjadi Reseller.

Penguasaan Istilah Jual-beli dalam bisnis Online sangat berpengaruh besar terhadap kelancaran Bisnis Online yang sedang kita kelola, jadi jangan sampai karena tidak mengerti Istilah dalam Jual-beli Online tersebut, Peluang Penjualan Produk menjadi hilang. 

0 Response to "15 Istilah Jual-Beli yang wajib diketahui oleh Pebisnis Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel