-->

Membuat subdomain yang disambungkan ke Blogspot dan cara setting CNAME nya | 100% Work

Membuat Subdomain, memiliki nama domain sendiri yang disesuaikan dengan keinginan merupakan suatu kebanggaan bagi para blogger maupun pengelola website, karena hal ini menandakan keprofesionalan sebuah blog dimata para pembacanya.

Domain sendiri menurut situs dewaweb.com dalam postingannya yang berjudul kenali, Domain adalah hal penting bahwa domain memiliki pengertian sebagai berikut:
“Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website”.
Sedangkan fungsi dari domain tersebut sederhananya ialah menjadi pengenal yang memudahkan pengguna internet dalam mengunjungi alamat yang dituju tanpa terlalu sulit menghafakan angka-angka alamat ip server.

Macam-macam Domain

Secara umum kita mengenal istilah Top Level Domain (TLD) yang merupakan domain yang umum digunakan oleh pengelola website / blog baik untuk keperluan komersil maupun website personal.
Beberapa contoh domain tingkat atas yang sering kita temui seperti .com, .net, .id, .co, .org, .tv, .online, co.id, .xyz, dan sebagainya.

Pengertian Subdomain

Setelah mengetahui tentang Domain, saat ini kita sedikit memahami tentang subdomain. “ Subdomain adalah domain standard yang tidak berdiri sendiri. Subdomain merupakan bagian tambahan dari nama domain induk” (dikutip dari www.hostinger .co.id dalam postingan perbedaan domain dan subdomain).

Sehingga subdomain bisa juga diartikan sebagai bagian tambahan dari domain utama, seperti contoh domain utama antapedia.com bisa dibuatkan subdomain tutorial.antapedia.com,  isinya bisa lebih fokus pada tutorial saja tidak dicampur dengan gaya hidup, kesehatan atau yang lainnya.

Bagaimana cara membuat subdomain?

Syarat utama untuk membuat subdomain adalah memiliki domain utama terlebih dahulu untuk dibuatkan subdomain atau bagian domain lainnya yang namanya tetap berafiliasi pada domain utama.
Selain namanya tetap profesional, juga menghemat biaya atau hampir dikatakan gratis karena anda cukup membayar domain utama saja. Pembuatan domain ini cukup mudah dan bisa dalam jumlah banyak sesuai kebutuhan, namun saya belum mengetahui batasan maksimalnya untuk pembuatan subdomain dari domain utama ini.

Pembuatan Subdomain yang akan dibahas dalam artikel kali ini ialah subdomain yang disambungkan melalui platform blogspot, karena pengalaman saya mencobanya menggunakan blogspot.

Berikut langkah-langkahnya membuat subdomain di Blogspot:

  1. Masuk pada dashboard blogger.
  2. Buat blog baru atau jika sudah ada blog yang ingin disubkan pada domain utama anda, silahkan melanjutkan pada langkah ke 3.
  3. Cari Menu Setelan – Dasar, cari form Publikasi yang berisi alamat blog.
  4. Klik + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda
    Membuat subdomain yang disambungkan ke Blogspot dan cara setting CNAME nya | 100% Work
  5. Tulis nama subdomain yang inginkan, yang penting tetap menjadi sub dari domain utama milik anda sendiri. setelah itu klik simpan
    Membuat subdomain yang disambungkan ke Blogspot dan cara setting CNAME nya | 100% Work
  6. Setelahnya akan muncul 2 CNAME seperti gambar yang dilingkari dibawah ini
    Membuat subdomain yang disambungkan ke Blogspot dan cara setting CNAME nya | 100% Work
  7. Silahkan menuju member area tempat anda memiliki akun masing-masing penyedia jasa, saya kebetulan membeli domain di Idwebhost. klik Domain utama yang ingin dibuatkan subdomainnya.
    Membuat subdomain yang disambungkan ke Blogspot dan cara setting CNAME nya | 100% Work
  8. Pada Form Kelola DNS, silahkan tambahkan 2 CNAME seperti gambar no. 6 diatas. dan jangan lupa untuk mengubah 2 kotak Jenis Recordnya dari A (Adress) menjadi CNAME (Alias). jika sudah selesai Simpan
    Membuat subdomain yang disambungkan ke Blogspot dan cara setting CNAME nya | 100% Work
  9. Tunggu proses propagasi subdomain selama 1x24 jam.
Membuat subdomain ternyata sangat mudah, yang jadi tugas selanjutnya adalah bagaimana cara mengisi konten website / blog subdomain tersebut. pembuatan subdomain sangat cocok jika website dikelola secara tim. masing-masing tim bisa memegang bagian menurut kategori konten yang disepakati.

BACA ARTIKEL LAINNYA:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel