-->

Mengatasi masalah data web inti dengan optimasi kecepatan blog/website

Mengatasi masalah data web inti dengan optimasi kecepatan blog/website
Masalah data web inti, jika anda seorang blogger atau websiter yang memanfaatkan google search console untuk mengontrol performa website, pasti dalam beberapa waktu ini telah disibukkan dengan pertahanan blog/web digempur dengan berbagai serangan efek dari update algoritma google.

Dimulai dari masalah breadcrumb, data schema, hingga masalah data web inti yang harus segera diselesaikan oleh pengelola blog maupun website agar bisa bertahan di mesin pencarian google.

Bagi Blogger pemula, Data web inti menjadi masalah yang serius karena dapat menyebabkan penurunan traffik yang sangat signifikan, hal ini bukan tanpa alasan, Google melalui Webmaster Central Blog dalam postingannya yang berjudul Evaluating page experience for a better web, bahwa bulan mei 2020 kemarin google telah mengumumkan  tentang Core Web Vitals yang berupa metrik terkait dengan kecepatan, daya tanggap, dan stabilitas visual untuk membantu pengalaman terbaik para user dalam menjelajah halaman web.

Pengenalan tentang Data Web Inti atau Core Web Vitals tidak lain adalah untuk memberikan laporan / gambaran tentang masing-masing website tentang kualitas pengalaman pengguna di halaman web.

Faktor apa saja yang mempengaruhi masalah Data Web Inti?

Data Web Inti lebih ditekankan pada pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan halaman web yaitu:

1. Kecepatan web saat dibuka (Loading Speed)

2. Interactivity - First Input Delay (FID)

First Input Delay adalah jarak waktu antara interaksi pertama pengunjung (klik tautan/link) dan respon pertama browser menanggapi interaksi tersebut (dikutip dari www.jagoanhosting.com dalam postingan cara mengoptimalkan website kamu dengan google pagespeed insight)

3. Kestabilan halaman konten saat dimuat (Visual Stability).

Kestabilan Konten saat dimuat diilustrasikan seperti jika anda sedang membuka toko online, melihat barang yang mungkin anda butuhkan kemudian menentukan akan melakukan pemesanan atau tidak (dengan pilihan order or No).

Anda memutuskan tidak akan memesan karena barang tidak cocok, tapi karena pemuatan halaman yang lambat dan halaman konten tidak stabil sehingga yang awalnya anda akan menekan tombol No, halaman bergeser dan yang tertekan adalah tombol order.

Bagaimana cara mengatasi masalah Data Web Inti?

Mengatasi masalah Data Web inti (Core Web Vitals) menurut saya tidaklah semudah seperti mengatasi masalah breadcrumb yang hanya dengan menambahkan script perintah melalui pengaturan html. Namun lebih kepada optimasi secara menyeluruh tentang berbagai element blog yang akan disajikan kepada pengunjung dan mengikuti persaingan di mesin pencarian.

Secara garis besar hal yang wajib diprioritaskan adalah 3 point diatas, Kecepatan Loading blog / website, Interactivity, dan Kestabilan halaman konten. Itu yang perlu diperbaiki.

Untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap website yang anda kelola bisa dengan menggunakan Google Pagespeed Insight, Pengujian Situs Mobile Friendly, GT Matrik dll. Nantinya anda akan mendapatkan keterangan tentang peluang dan diagnostik yang harus diperbaiki seperti contoh berikut:
  1. Hapus JavaScript yang tidak digunakan
  2. Tayangkan gambar dalam format generasi berikutnya
  3. Reduce initial server response time
  4. Ubah ukuran gambar dengan tepat
  5. Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web
  6. Tidak menggunakan pemroses pasif untuk menyempurnakan performa scroll
  7. Hindari document.write
  8. Tayangkan aset statis dengan kebijakan cache yang efisien 
  9. Hindari perantaian permintaan penting 
  10. Pertahankan jumlah permintaan tetap rendah dan ukuran transfer tetap kecil Largest Contentful Paint element 1 element found
  11. Avoid large layout shifts
Yang terakhir untuk mengatasi Data Web Inti, setelah mencari referensi tentang Core Web Vitals anda perlu menyediakan waktu luang untuk memperbaiki blog / Website atau langsung action sehingga masalah Data Web Inti segera teratasi.

BACA ARTIKEL LAINNYA:

2 Komentar untuk "Mengatasi masalah data web inti dengan optimasi kecepatan blog/website"

  1. Selama periode pengumpulan per 28 hari sebelumnya, pengalaman gabungan semua halaman yang ditayangkan dari asal ini tidak lulus penilaian Data Web Inti. Untuk melihat saran yang disesuaikan untuk setiap halaman, analisis masing-masing URL halaman. ini punya ente gan.. ga lulus juga wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. ya benar benar harus disederhanakan misal, navbar fixed di atas laman ini menggunakan javascript, itu harus di hilangkan juga termasuk style cssnya...lagian viomagz layoutnya masih layout versi kedua.

    Data inti mobile yang paling penting sekarang, menggunakan template bawaan terbaru blogger seperti contempo, soho, emporio dan notable ternyata sangat membantu.

    Itu mungkin ya gan, sebabnya google menganjurkan pengguna pake template AMP saja...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel