-->

Tradisi Wajib Dalam Menerima Angpao Imlek

Tradisi Wajib Dalam Menerima Angpao Imlek
Antapedia.com - Tahun baru Imlek akan segera tiba ? Apa yang anda persiapkan ? Terutama bagi anda yang merayakannya. Selain itu, Apa yang anda ketahui tentang angpao ? Salah satu budaya yang banyak dilakukan termasuk di Indonesia ini, memang menarik perhatian khususnya budaya ini dilakukan oleh masyarakat dengan keturunan Tionghoa ataupun Cina. 

Apa itu Angpao Imlek?
Tradisi Wajib Dalam Menerima Angpao Imlek

Angpao sendiri merupakan kebudayaan yang menggunakan bahasa Mandarin, yang didefinisikan sebagai “uang yang dibungkus dalam kemasan berwarna merah dan dijadikan sebagai hadiah”. Selain itu angpao juga bisa dijadikan sebagai bonus bayaran ataupun uang bonus yang diberikan kepada pembeli oleh penjua,l karena telah membeli produk yang mereka miliki. Ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa angpao merupakan lambang keakraban dan penghormatan, untuk itu angpao bukan sembarangan uang yang diberikan ke orang lain saja. 

Angpao ini memang bisa menggunakan berbagai bahan apapun, selama uang tersebut dibungkus dalam bungkusan merah. Berbicara mengenai angpao, pasti anda akan terbiasa melihatnya ketika Imlek datang. Sejak jaman modern, masyarakat menggunakan amplop untuk membungkus uangnya karena lebih murah dan juga lebih mudah didapatkan. Amplop merah yang berisikan sejumlah uang sebagai hadiah ini ,memang sejak lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Tradisi Angpao 
Biasanya angpao imlek digunakan, untuk diberikan kepada sanak saudara keluarga ataupun kerabat yang datang ke rumah ketika Imlek atau perayaan tahun baru Cina tiba. Warna merah sendiri melambangkan kegembiraan semangat serta kemakmuran bagi masyarakat China. Hal inilah yang menyebabkan warna merah seringkali digunakan untuk berbagai perayaan termasuk ketika Imlek tiba. Berbicara soal angpao, Sebenarnya ada beberapa syarat yang harus anda penuhi agar mendapatkan angpao. Selain itu jika anda ingin memberikan amplop merah berisi uang ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan di antaranya adalah :

1. Penerima angpao

Syarat pertama yang harus anda pahami adalah penerima angpao sendiri. Mungkin bagi banyak masyarakat yang tidak mengetahui angpao. Bisa saja diberikan kepada siapapun dan juga bisa diminta kepada siapapun. Namun sebenarnya angpao sendiri ditujukan untuk anak-anak, agar menerima hadiah yang berbeda yakni uang sebagai lambang kemakmuran. Selain itu angpao juga wajib diberikan kepada seorang anak yang sudah menikah kepada orang tuanya sebagai balas jasa atas apa yang dilakukan. 

Anak yang sudah menikah juga boleh menerima dari orang tuanya saja namun tidak bisa menerima dari anggota lain. Mereka yang sudah dewasa dan juga sudah mapan. Namun jika anda belum menikah, maka anda berhak mendapatkan angpao sebagai salah satu doa ataupun hadiah, agar bisa mendapatkan jodoh di kedepannya penerima dan juga pemberian. Angpao ini memang merupakan peraturan mutlak yang tidak bisa digantikan. Sehingga bagi anda yang sudah dewasa ataupun mapan dan juga sudah menikah maka tidak dapat lagi menerima angpao kecuali dari orang tua sendiri.

2. Makna angpao

Seringkali makna angpao di salah gunakan atau disalahartikan bagi banyak masyarakat. Padahal angpao sendiri diberikan sebagai perlambang hadiah dan juga kemakmuran. Sehingga pemberi angpao mengharapkan dapat berbagi kebahagiaan yang mereka miliki kepada penerima angpao. Selain itu sang penerima juga bisa merasa terhormat karena menerima angpao tersebut.  Hal inilah yang menyebabkan penerima angpao rata-rata adalah seorang anak-anak ataupun mereka yang sudah dewasa. Namun belum menikah. 

Makna dari angpao lainnya bisa menjadi hal yang luar biasa walaupun angpao merupakan amplop berisikan uang. Selain itu angpao juga bisa menjadi salah satu cara orang lain untuk membantu keluarganya, namun tidak ingin secara blak-blakan ataupun menyinggung perasaannya. Sehingga dengan pemberian amplop angpao ini maka akan terasa lebih bermakna dan juga lebih berarti. Di sisi lain, bagi anda yang ingin memberikan angpao tidak perlu melihat nominalnya karena makna dari pemberian angpao Sendiri lebih baik dan lebih tinggi.

3. Nominal Angpao

Selanjutnya yang bisa anda pahami mengenai angpao Imlek adalah jumlah uang ataupun nominal uang. Jumlah uang angpao Imlek boleh berapa saja sesuai dengan kemampuan ataupun ekonomi dari masing-masing pemberinya. Namun menurut tradisi Cina yang sesuai uang angpao, tidak boleh mengandung angka 4. Misalnya saja Rp4.000 atau Rp40.000 dan seterusnya, karena angka 4 dalam Cina melambangkan sesuatu yang buruk seperti kematian. Selain itu ada juga baiknya memberikan uang angpao dalam jumlah yang genap. Karena bagi masyarakat tionghoa angka ganjil merupakan angka sial yang tidak boleh diberikan dalam sebuah hadiah. Misalnya saja 5 atau 7 serta kelipatannya.

4. Kata-kata Angpao 

Selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika memberikan angpao Imlek adalah kata-kata yang dituliskan pada amplop tersebut. Seringkali banyak orang tua yang memberikan kata-kata bijak dan juga masukkan serta nasihat, agar dapat dibaca oleh anak-anak serta keturunannya dan dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Tulisan sendiri harus bersifat positif misalnya berhubungan dengan kebahagiaan kemakmuran kesehatan serta keberuntungan. Tak jarang juga beberapa anak-anak yang memberikan angpao pada orang tuanya menuliskan panjang umur diharapkan kata-kata tersebut menjadi salah satu doa agar bisa dikabulkan pada tahun Imlek tersebut.

5. Uang Angpao

Uang Angpao merupakan salah satu tradisi lama yang dilakukan oleh banyak masyarakat di China. Sebenarnya menurut tradisi lama uang angpao yang diterima dari orang lain tidak boleh dibelanjakan. Karena dianggap sebagai pemberian Dewi khususnya Dewi uang. Setidaknya uang angpao tersebut disimpan di saku celana ataupun dompet. Terlepas dari semua itu banyak orang tua yang berpesan, bahwa jangan melihat nominal sebuah angpao namun Lihatlah doa yang diberikan dan juga harapan yang didoakan terkabul. 

6. Amplop Angpao Imlek 

Hal terakhir yang perlu anda ketahui adalah amplop angpao Imlek. Rasanya tidak lengkap jika anda memberikan uang tanpa pembungkus warna merah seperti amplop. Umumnya ketika Imlek tiba angpao Imlek ini memang sengaja dibungkus oleh amplop khusus, dengan berbagai tulisan Cina yang melambangkan keberkahan serta kemakmuran ataupun kesehatan dan didalamnya terdapat uang yang dapat diberikan kepada anak-anak ataupun keluarga. Angpao Imlek ini wajib dan banyak masyarakat yang merayakan Imlek memutuskan, untuk menggunakan amplop khusus dibandingkan amplop polos biasa yang banyak digunakan ketika anda melakukan transaksi atau menulis surat.

Itulah deretan informasi mengenai Imlek khususnya angpao Imlek yang ada, ketika anda merayakannya Gong Xi Fa Cai.  Maka anda harus bisa mengikuti aturan yang ada, karena tradisi mengenai angpao diatas seringkali berkaitan dengan budaya dan hal tabu yang ada pada hari raya. Mengingat semua aturan yang diberikan memberikan harapan positif dan juga berdoa untuk kelangsungan hidup anda. Untuk itu bagi anda yang mencari amplop merah khusus untuk Imlek ataupun amplop angpao Imlek. Anda bisa langsung membelinya di https://www.ilotte.com/promo-tahun-baru-imlek-000000119627.do atau ilotte dengan harga yang murah dan juga produk yang tentunya saja berkualitas. 

Belum ada Komentar untuk "Tradisi Wajib Dalam Menerima Angpao Imlek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel