Cara Transfer data dari Hp ke Laptop tanpa kabel data

Selamat berjumpa kembali dengan Antapedia, banyak pembahasan menarik yang akan menambah perbendaharaan keilmuan kita lewat blog multi pengetahuan ini.
Cara Transfer data dari Hp ke Laptop tanpa kabel data
Cara Transfer data dari Hp ke Laptop tanpa kabel data
Dijaman yang serba digital ini, gaya hidup yang mulai ngetren adalah memiliki ponsel Android, bahkan hampir dipastikan setiap orang memiliki ponsel Android.

Selain sebagai bentuk manusia peka jaman, ponsel android juga sebagai fasilitas hidup yang dapat memudahkan berbagai aktivitas keseharian kita, misalnya sebagai ajang promosi produk dimedia sosial, menyimak berita terbaru, atau melakukan transaksi keuangan melalui gadget canggih android.

Namun dengan lengkapnya fasilitas yang disediakan ponsel android, tetap saja dalam pengolahan data kita harus membutuhkan perangkat Laptop atau Komputer.

Pada 5-6 tahun yang lalu kita menghubungkan ponsel pada Laptop masih perlu menggunakan media kabel usb maupun Bluetooth.

Namun saat ini seiring perkembangan teknologi, maka kita sebagai pengguna android jika ingin melakukan transfer data pada Laptop atau sebaliknya.

Hanya cukup dengan bantuan aplikasi Airdroid, Yaitu tanpa bantuan kabel USB jika ingin melakukan transfer data dari Ponsel Android pada Laptop.

Bagaimana caranya? Mari kita ikuti pembahasan Cara Transfer data dari Hp ke Laptop tanpa kabel data dibawah ini:

Cara transfer data dari ponsel android ke Komputer

Sebagai media pengantar transfer file dari ponsel android ke Laptop, kita akan menggunakan aplikasi keren yang bernama Airdroid.

Aplikasi Airdroid ini adalah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mentransfer file dengan bantuan sinyal Wifi, aplikasi ini bisa kita dapatkan melalui Google Playstore.

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN AIRDROID

1. Mengintal Aplikasi Airdroid
mengunduh aplikasi Airdroid dari Google Playstore dan mengintalnya pada Ponsel Android. Aplikasi ini memiliki kapasitas sekitar 19 Mb.

2. Membuka Aplikasi Airdroid
Setelah proses instal selesai, bukalah aplikasi tersebut di ponsel android kita, sebelum melanjutkan pastikan Laptop terhubung pada satu jaringan Wifi yang sama.

3. Memilih Nomor IP dan Port
Setelah masuk pada tampilan pembuka dari Airdroid, maka kita akan dibawa pada pendaftaran akun Airdroid, jika ingin memiliki akun di Airdroid maka kita bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Namun jika tidak, maka kita bisa melewati form pendaftaran ini, dengan langsung klik tombol Sign In Later.

Setelah itu kita masuk pada halaman baru Airdroid yang berisi pilihan tab My Deface, Nearby, dan Friends.

Pilih My Deface, dan perhatikan pada submenu Airdroid Web, disana ada nomor IP dan Port yang nantinya akan kita isikan pada browser yang dibuka di komputer.

4. Mengisi URL Browser dengan nomor IP dan Port
Sekarang kita pindah pada perangkat komputer yang ingin dihubungkan dengan ponsel android, bukalah browser yang tersedia disana, kemudian pada kotak URL isilah dengan nomor IP dan Port yang didapat dari aplikasi Airdroid tadi. Setelah ditulis lengkap kemudian tekan enter.

5. Menyetujui permintaan terhubung
Akan ada pemberitahuan di Ponsel Android dan Komputer yang berisi permintaan persetujuan untuk terhubung antara Ponsel dan Laptop. Tekan tombol accept atau Setuju.

6. Memilih File untuk disimpan
Dibrowser komputer akan muncul menu tampilan dari Airdroid, berbagai pilihan menu pintar seperti mengirim pesan, kamera, video dan sebagainya.

Untuk memindahkan file dari ponsel android ke Laptop, kita pilih Files. Seperti halnya Windows Explorer maka kita bisa mencari file yang ingin dipindah. Setelah memilih file yang akan dipindah, klik kanan pada file tersebut, pilih tombol Download, tunggu hingga proses donwload file selesai.

7. File Hp Tersimpan di Laptop
Sukses! File sudah berhasil ditansfer dari Ponsel Android ke Laptop.

KESIMPULAN

Dengan menggunakan aplikasi Airdroid, kita tidak perlu menggunakan Kabel USB maupun Bluetooth untun Mentransfer file, disamping cara ini lebih praktis, namun juga menawarkan proses transfer yang cepat.

Demikian pembahasan kita tentang Cara Transfer data dari Hp ke Laptop tanpa kabel data, sampai jumpa di artikel menarik lainnya di dalam blog antapedia ini.

Baca Juga:



2 Responses to "Cara Transfer data dari Hp ke Laptop tanpa kabel data"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-sehat-mata-softgel/

    ReplyDelete
  2. thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essence-galatama-nila/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close