Cara menggunakan “Oke Google” di Android

Oke Google, begitulah perintah yang bisa kita ucapkan pada aplikasi besutan Google tersebut, hal ini akan sangat membantu mempermudah kita dalam pengoperasian search engine pada smartphone android.

Fitur Ok Google mulai populer digunakan kalangan pemilik smartphone android, karena kita hanya perlu menggunakan perintah suara saja pada ponsel, kemudian mesin pencari akan secara otomatis mendeteksi perintah tersebut dan menayangkan hasil pencarian sesuai permintaan.
Aplikasi Ok Google sangat bermanfaat bagi kita yang melakukan kegiatan travelling, rekreasi maupun acara berlibur lainnya. Dengan aplikasi ini kita bisa bertanya tempat-tempat menarik dan istimewa sehingga pada daerah asing sekalipun kita tetap menambah referensi tempat wisata dan bisa mengunjunginya dengan cepat.

Dan disamping bisa mencari tempat berlibur yang menarik, dengan Ok Google kita juga akan mengetahui tempat penginapan, Pom bensin terdekat dan seluruh lokasi yang terjangkau GPS.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN OK GOOGLE?

Ada beberapa persyaratan untuk menggunakan fitur Ok Google yaitu:
  • Perangkat smartphone android kita memiliki versi 4.4 keatas.
  • Memiliki Google App dengan versi 3.5 atau yang  lebih tinggi diatasnya
  • Perangkat audio pada smartphone dalam keadaan aktif dan berfungsi dengan baik 
Jika 3 persyaratan diatas sudah terpenuhi, maka kita bisa melanjutkan pada langkah-langkah penggunaan Ok Google dibawah ini:
  1. Masuklah pada Google App yang berlambang G, jika Smartphone belum terinstal Google App, maka kita bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Playstore.
  2. Setelah Google App terbuka, klik menu Tiga garis pada layar kiri bagian atas dan pilih Setelan.
  3. Klik Menu Suara.
  4. Kemudian tekan menu Deteksi "Oke Google".
  5. Geser tombol Menu Dari aplikasi Google.
  6. Selesai, silahkan keluar dari menu setelan Google App.
Selanjutnya adalah membuka kembali Google App dan mencobanya memberi perintah yang diawali kata Ok Google, dan jangan lupa kita harus mengucapkan kalimat perintah tersebut dengan jelas agar google bisa mendeteksi permintaan kita dengan baik.

Aplikasi Google App tersedia dalam berbagai bahasa, dengan bahasa default bahasa Inggris, namun bagi kita yang berada di Indonesia, kita bisa dengan mudah memberikan perintah pada Google menggunakan Bahasa Indonesia.

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi Ok Google, maka kita bisa langsung masuk pada kotak pencarian Google dan menekan ikon mikrofon setelah itu berilah perintah sesuai keinginan kita misalnya kita mengucapkan kata Cuaca maka Google akan menampilkan pilihan informasi yang berkaitan dengan Cuaca.

KESIMPULAN

Jadi cara menggunakan Ok Google ini sangat mudah, kita hanya perlu Smartphone dengan spesifikasi seperi diatas diatas dan Ok Google akan bekerja untuk kita. cukup dengan memberikan perintah suara maka semua informasi akan disajikan sesuai permintaan kita.

Terimakasih kawan-kawan yang telah berkunjung pada blog Antapedia, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menikmati fitur Ok Google.

14 Responses to "Cara menggunakan “Oke Google” di Android"

  1. Hahaha :D oke google, bagaimana cara cepat move on dari pacar :D wkwkwk, terima kasih gan saya jadi bisa menggunakan ok google di smartphone, hehehe

    ReplyDelete
  2. Nah udah bisa nih gan 😜 emang lebih enak kalau pake apps ini serasa ngobrol sama doi

    ReplyDelete
  3. makasih atas tutorialnya gan . jadi enak pakai ini gan.

    ReplyDelete
  4. Padahal saya sangat suka sama google now, tapi sayangnya bahasa yang di dukung belum ada bahasa Indonesia

    ReplyDelete
  5. ane prnah coba pake bahasa asing, bahasa jepang.. ternyata cara ngomong ok google nya beda, akhirnya ane gk bisa mengaktifkan ok google nya... makasih infonya gan

    ReplyDelete
  6. Fitur Ok Google bisa digunakan semua android belum gan? Apa os tertentu saja?

    ReplyDelete
  7. infonya bagus gan,mungkin akan sangat membantu untuk kedepan nanti
    ditunggu artikel nantinya yang lebih keren, mantap

    ReplyDelete
  8. Gan kenapa ya Ok Google saya sering ngaco?

    ReplyDelete
  9. Saya makenya google now launcher mas, ternyata pakai ini bisa ya, makasih mas infonya

    ReplyDelete
  10. Masa harus Travelling kak ? Kalo searching di Google biasa kan juga bisa ?

    ReplyDelete
  11. Sayangnya HP saya micnya kurang jelas karena di kompres oleh sistem. Alhasil suara yang di tangkap sangat kecil. Jadi enggak bisa gunain ini fitur google

    ReplyDelete
  12. saya baru tahu kalo harus disetting seperti itu, pantas saja selama ini susah, terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  13. Tutorial ini membantu saya untuk mwnggunakan oke goofle secara maksimal. Begini ternyata menggunakan oke google. Sekarang akan lebih mudah menggunakannya. Terima kasih sudah memberikan tutorial ini. Salam

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel