5 Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur

Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur--Manusia dan Handphone sepertinya sudah merupakan dua pasangan yang tidak bisa dipisahkan, keseharian kitapun juga sudah banyak dihabiskan dengan menatap layar Handphone.

Saat ini sudah banyak dijual ponsel-ponsel yang dilengkapi fasilitas atau aplikasi canggih serta fitur menarik lainnya sehingga kita menjadi lebih nyaman menghabiskan waktu dengan ponsel.
5 Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur
5 Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur
Karena begitu hebatnya daya tarik Gadget yang bernama ponsel ini, membuat penggunanya merasa wajib membawa benda tersebut kemanapun mereka pergi.

Saat akan tidurpun benda satu ini tetap setia mendampingi, dengan alasan mereka tidak ingin ketinggalan informasi atau sekedar update status pada media sosial yang dimiliki.

Bahkan karena begitu asyiknya dengan handphone saat akan tidur, kita seringkali meletakkan Handphone dibawah bantal saat akan mulai tidur.

Namun tahukah anda? Bahwa kebiasaan tidur dengan meletakkan Hp dibawah bantal itu adalah sesuatu yang membahayakan. Berikut ulasannya:

1. MENGGANGGU TIDUR KITA

Bahaya yang pertama ini adalah insomnia atau susah tidur, penyakit insomnia ini jika berkelanjutan maka akan berpengaruh pada kinerja tubuh kita, karena jika kurang tidur biasanya kita akan mengalami sakit kepala atau stamina tubuh menjadi kurang maksimal

Dan yang paling membahayakan adalah gelombang radiasi yang ditimbulkan oleh Handphone dapat mengganggu produksi hormon melatonin pada tubuh yang terjadi pada malam hari.

Hormon melatonin ini salah satunya berfungsi melancarkan aliran darah, maka jika produksi hormon ini terganggu, bukan saja kita akan mengalami insomnia, bahkan penyakit berbahaya lainnya akan timbul karena diakibatkan tidak lancarnya peredaran darah pada seluruh tubuh.

Jadi jauhkanlah ponsel dari tempat tidur agar tidak mengganggu kesehatan kita.

2. MENYEBABKAN KEBAKARAN

Percaya atau tidak, Ponsel yang diletakkan dibawah bantal ini juga berpotensi menyebakan kebakaran, bukan tidak mungkin jika kita meletakkan ponsel dibawah bantal dimana berbagai aplikasi didalam ponsel kita sedang berjalan.

Handphone menjadi panas  dan dibawah bantal tidak ada udara yang dapat mengurai pada mesin perangkat handphone tersebut, sehingga panas yang berlebihan dapat menyebabkan ledakan dan menjadi bibit api yang membakar semua benda disekitarnya.

3. MENYEBABKAN SERANGAN JANTUNG

Kok bisa ya? Iya. Ponsel yang tiba-tiba berdering tengah malam pada saat kita nyenyak tidur dapat membuat orang didekatnya sangat terkejut.

Hal ini kemudian berpotensi pada serangan jantung yang dapat menyebabkan orang meninggal dunia.

4. MERUSAK SEL – SEL OTAK

Paparan Radiasi yang ditimbulkan oleh perangkat handphone ini juga dapat merusak sel – sel otak bagi orang yang berada didekatnya.

Menurut Ilmuan Dr. Devra Davis bahwa gelombang elektromagnetik dapat merusak sel otak, dan anak – anak mengalami lebih banyak resiko kerusakan sel otak tersebut, karena tengkorak kepala anak-anak lebih tipis dan kecil sehingga mereka berpeluang menyerap gelombang eloktromagnetik tersebut 50% lebih mudah daripada kaum dewasa.

5. MEMBUAT KITA TIDAK TENANG

Betapa tidak, dengan adanya Handphone didekat kita saat akan tidur, sebentar-sebentar kita akan menerima notifikasi dari Handphone dan mau tidak mau kita akan melihat Handphone, begitu seterusnya yang akan terjadi.

Kalau sudah begini maka kualitas tidur kita tentu akan menjadi tidak baik. Jika sudah kurang istirahat maka daya tahan tubuh akan menurun dan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit.

KESIMPULAN

Handphone memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, namun ada beberapa sisi negatifnya juga yang bahkan dapat membahayakan penggunanya.

misalnya dapat menyebabkan kebakaran saat panas Hp menjadi over atau membuat manusia menjadi meninggal karena serangan jantung disebabkan ponsel yang berbunyi secara tiba – tiba.

Untuk menghindari bahaya Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur, maka kita bisa menjauhkan Handphone sekitar 2 sampai 3 meter dari posisi kita tidur.

Atau lebih amannya silahkan non aktifkan handphone tersebut sehingga kita tidak akan khawatir terganggu dari efek radiasi maupun suara-suara notifikasi yang ditimbulkan oleh Handphone tersebut.

Demikianlah artikel tentang Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur, semoga bisa menjadi penambah pengetahuan bagi kita semua.

Baca Juga:



2 Responses to "5 Akibat menaruh hp dibawah bantal saat tidur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close