-->

13 Cara Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

13 Cara Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online
Aman Belanja Online (Gambar: Pixabay)
Cara aman berbelanja online
, Berbelanja online saat ini mulai menjadi trend dikalangan masyarakat, khususnya mereka yang bisa mengoperasikan gadget smartphone. Hal ini terjadi dikarenakan kemudahan dalam memilih barang, bertransaksi hingga proses pengiriman barang hingga sampai di rumah.

Disamping berbagai kemudahan yang didapatkan pembeli dalam berbelanja online, ternyata ada beberapa konsekuensi negatif yang harus diwaspadai oleh anda yang suka berbelanja online, yaitu penipuan. Hal ini terjadi Jika anda tidak selektif dalam memilih toko online, seller, maupun model transaksi.

Bagaimana ketentuan dalam jual beli online yang harus diperhatikan?

Anda yang suka berbelanja online wajib mengikuti ketentuan maupun prosedur dalam berbelanja online untuk memastikan proses transaksi barang dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari penipuan.

Bagaimana langkah2 melakukan transaksi online secara benar?

Langkah-langkah berbelanja online akan kami bahas dalam artikel ini secara jelas dan lengkap, sehingga bisa menjadi bekal bagi anda agar tidak mudah tertipu saat melakukan proses belanja online.

BAGAIMANA CARA AMAN BERBELANJA ONLINE?

Cara aman dalam berbelanja online perlu diikuti oleh anda yang sering melakukan kegiatan berbelanja agar tidak tertipu saat berbelanja online. Antapedia akan menyajikan 13 Cara agar tidak tertipu dalam berbelanja online yaitu.
  1. Berbelanja di Toko Online yang terpercaya
  2. Menggunakan Aplikasi Resmi Toko Online
  3. Menggunakan Metode Pembayaran yang Resmi
  4. Mempelajari Deskripsi Produk
  5. Mengikuti Prosedur/Kebijakan Toko online
  6. Ada Bukti Transaksi
  7. Memeriksa Rating dan Rekomendasi Pelanggan Toko Online
  8. Penjual (Seller) Memiliki Reputasi Baik
  9. Transaksi Cash On Delivery (COD)
  10. Melihat Jangka Waktu Pengiriman Produk
  11. Melihat Perbandingan Harga Produk
  12. Memastikan Total Biaya Barang yang di Beli
  13. Berikan Alamat yang Valid di Toko Online
Dibawah ini kami uraikan dari 13 cara aman berbelanja online:

1. Berbelanja di Toko Online yang terpercaya

Toko Online yang terpercaya tentunya memiliki reputasi yang bagus dalam menjalankan transaksi jual beli online, ini bisa menjadi pertimbangan anda jika ingin berbelanja online.

Carilah Toko Online yang terpercaya dengan indikator misalnya dari rekomendasi pelanggan lain dengan memilih toko online yang memiliki rating tinggi atau istilah sekarangnya yaitu toko online yang recommended.

2. Menggunakan Aplikasi Resmi Toko Online

Setiap toko online saat ini telah memiliki aplikasinya masing-masing yang biasanya dapat diunduh melalui google playstore.

Anda dapat menggunakan aplikasi toko online tersebut untuk memastikan keamanan dalam transaksi berbelanja di toko online.

3. Menggunakan Metode Pembayaran yang Resmi

Metode pembayaran resmi memiliki struk pembayaran yang dapat dijadikan bukti transaksi belanja anda, hal ini dapat membantu anda untuk komplain jika terdapat gangguan pada proses pembayaran/transaksi di toko online tempat anda berbelanja.

4. Mempelajari Deskripsi Produk

Produk yang ingin anda beli telah memiliki penjelasan yang ditulis melalui kolom deskripsi di tiap-tiap barang. Deskripsi ini berguna untuk membantu anda mengetahui kualitas, spesifikasi barang yang akan dibeli.

Melalui deskripsi ini anda dapat memastikan bahwa barang tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda.

5. Mengikuti Prosedur/Kebijakan Toko online

Setiap toko online memiliki prosedur atau kebijakan masing-masing baik dalam bertransaksi, pengiriman barang, komplain atas barang dan lain sebagainya.

Silahkan ikuti prosedur toko online secara seksama sehingga anda dapat terlayani dengan baik.

6. Ada Bukti Transaksi

Bukti transaksi sangat penting dalam proses jual beli online, karena di toko online hanya mengandalkan sistem kepercayaan, sehingga kedua belah pihak harus memiliki bukti transaksi yang dapat menjadi pengikat Antara penjual dan pembeli.

7. Memeriksa Rating dan Rekomendasi Pelanggan Toko Online

Dalam setiap transaksi para pelanggan biasanya akan memberikan rekomendasi tingkat kepuasan pelayanan maupun terhadap barang yang dibeli.

8. Penjual (Seller) Memiliki Reputasi Baik

Dari tingkat kepuasan pelanggan biasanya akan mendukung reputasi seller, karena pelanggan akan memberikan testimoni yang baik dan memberikan rating yang tinggi untuk seller di toko online tempat anda berbelanja.

9. Transaksi Cash On Delivery (COD)

Metode ini cukup aman bagi anda yang ingin minim resiko dalam berbelanja online. Gunakan transaksi COD dengan membayar di tempat saat barang belanjaan anda sudah diterima.

10. Melihat Jangka Waktu Pengiriman Produk

Jangka waktu pengiriman produk bisa menjadi perkiraan bagi anda dalam berbelanja online. Silahkan mengecek kapan waktu datangnya barang yang anda beli sehingga anda bisa memastikan tanggal barang tersebut sampai dirumah.

11. Melihat Perbandingan Harga Produk

Perbandingan harga produk juga perlu dilakukan oleh pembeli, karena setiap toko online akan memiliki selisih harga yang bisa saja sangat jauh jarak harganya. Jika anda sudah melihat harga disetiap toko online dan membuat harga rata-rata dari barang yang ingin anda beli. Maka anda tidak akan merasa tertipu dengan harga yang memang sudah sesuai dengan harga di toko online lainnya.

12. Memastikan Total Biaya Barang yang di Beli

Untuk membeli beberapa produk biasanya anda akan disajikan akumulasi biaya yang harus dibayar, anda bisa memeriksanya satu persatu dan menghitungnya secara manual sehingga anda dapat benar-benar yakin bahwa barang yang dibeli sudah dibayar dengan benar.

13. Berikan Alamat yang Valid di Toko Online

Alamat pengiriman ini wajib menggunakan alamat yang valid agar barang bisa sampai ketempat anda dengan benar. Resiko alamat tujuan yang salah bisa mengakibatkan barang yang anda beli akan dikirim ketempat lain dan bahkan hilang.

Demikian 13 tips agar anda tidak tertipu saat berbelanja online, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan agar proses berbelanja anda aman dan memuaskan.

BACA ARTIKEL LAINNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel