-->

Panduan umum pengisian aplikasi SDGs Desa

Panduan umum pengisian aplikasi SDGs desa
Pengisian aplikasi SDGs desa, Program pendataan masyarakat berbasis masyarakat sedang dilaksanakan oleh pemerintah yang dalam hal ini dibawah kendali Kementerian Desa.

Sustainable Development Goals yang kemudian lebih dikenal dengan istilah SDGs merupakan program pemerintah dalam rangka menerapkan program pembangunan berkelanjutan baik dari segi pendidikan, infrastruktur, kesehatan dll.

Pendataan SDGs meliputi berbagai aspek yang ada didalam desa, seperti tampilan menu yang ada di dalam aplikasi antara lain:

1. Survey Desa – Hasil Survey Desa
2. Survey RT – Hasil Survey RT
3. Survey Keluarga – Hasil Survey Keluarga
4. Survey Individu – Hasil Survey Individu

Setiap menu diatas merupakan form entri survey dan hasil survey atau pendataan yang dilakukan oleh pendata. Jadi menu entry yang harus di isi hanya 4 saja yakni menu Entry Survey Desa, RT, Survey Keluarga, dan Individu. Sedangkan di menu Hasil Survey dipergunakan untuk melakukan pengecekan hasil dari survey yang telah dilakukan pendata.

APA SAJA ISI MENU DI APLIKASI SDGs

Ada cara pengisian menu didalam aplikasi SDGs dapat kita simak dibawah ini

1. SURVEY DESA

Survey Desa berisi 12 sub menu yang harus di isi oleh petugas pendata SDGs yaitu:
  1. Lokasi Desa: Terdiri dari Foto Kantor Desa, Email Desa, Web, Media Sosial, Status Pemerintahan Desa: Jumlah RW, Jumlah RT, SK Pendirian Desa, Peta Desa, hingga ketinggian Lokasi Desa.
  2. Pemerintahan Desa: Berisi daftar organisasi pemerintahan desa (Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Pegawai Desa)
  3. Musyawarah Desa: berisi entri Jadwal Bulan, Agenda Musyawarah, dan Unsur Masyarakat yang hadir.
  4. Regulasi: terdiri dari isian masa berlaku RPJM Desa, RKP, Peraturan Desa, Jenis Peraturan, Keberadaan, No. Dokumen, Bulan, dan Tahun Regulasi/Peraturan.
  5. APBD: diisi dengan nominal Anggaran Pendapatan Desa tahun sebelumnya dan Anggaran Pembelanjaan Desa Tahun Sebelumnya.
  6. Asset Desa: berisi Nama Aset, Vokume, Satuan, Nilai dalam Rupiah.
  7. Layanan: berisi form penggunaan Komputer, Fasilitas Internet, Kecepatan Akses Internet, Sistem Informasi, Sistem Keuangan, Jumlah Surat Keterangan Tidak Mampu, Jumlah Penduduk Belum Merekam KTP, Jumlah Penduduk Belum Tercatat di KK, Nilai Pelayanan Desa, Data Statistik Desa, Jumlah Petugas Statistik Desa, Ketersediaan Data SDGs Desa Tahunan, Nama Pendamping Desa.
  8. Kerjasama terdiri dari form pihak yang diajak, lingkup kerjasama, tahun berakhir, jumlah pemanfaat, nilai kerjasama (Rp)
  9. Lembaga Pemasyarakatan Desa: berisi nama lembaga, jumlah pengurus, jumlah anggota
  10. BUMD: Nama dan medsos BUMDES, Modal Awal dan struktur kepengurusan BUMDES.
  11. Unit Usaha Bumdes: Nama unit usaha, Jumlah unit usaha, jumlah pekerja, keuntungan bersih, Omset, Aset unit usaha.
  12. Infra Struktur dan lainnya: Sarana yang biasa digunakan sebagian besar penduduk dari Kantor Kepala Desa ke Kantor Camat, Kantor Bupati, Kantor Lainnya, Posyandu dan Lingkungan
2. SURVEY RT

Survey RT terdiri dari 19 form isian yang menjelaskan tentang kondisi umum RT baik dalam hal ekonomi, sosial, infrastruktur dan kemasyarakatan.
  1. Lokasi: Berisi nomor RT, Nama ketua RT, Alamat Nomor HP, Pulau Topografi Terluas RT, Letak Lokasi RT, Jumlah Warga di Lereng/Puncak, Penanaman atau pemeliharaan pohon di lahan kritis, Panjang Garis Pantai, Pemanfaatan laut perikanan tangkap, Pemanfaatan laut perikanan budidaya, Pemanfaatan laut tambak garam, Pemanfaatan laut wisata bahari, Pemanfaatan laut Transportsi umum, Kondisi Mangrove, Penanaman Mangrove, Jumlah Warga di Wilayah Pesisir, Jumlah Warga Tinggal diatas Air, Jumlah Warga Desa di dalam Hutan, Wilayah Desa di Tepi Hutan, dan Fungsi Hutan.
  2. Pengurus: Nama Jabatan, NIK, Nomor HP, Tahun Menjabat.
  3. Lembaga Ekonomi: Agen pengerahan TKI ke luar negeri, Tata ruang industry, Pengkalan Minyak Tanah dan LPG, Keberadaan Koperasi, Kios Sarana Produksi Petani/Nelayan,
  4. Industri: Jenis Industri, Jumlah Industri Kecil dan Rumah Tangga, Jumlah Industri Sedang , Jumlah Manajemen, Jumlah Pekerja, (Jika di RT ini tidak ada data, bagian ini tidak perlu disimpan/diupload).
  5. Sarana Ekonomi: Jenis Sarana Ekonomi, Jumlah Kondisi, Kemudahan untuk Mencapai (Jika di RT ini tidak ada data, bagian ini tidak perlu disimpan/diupload)
  6. Fasilitas Ekonomi
  7. Infrastruktur
  8. Lingkungan
  9. Bencana
  10. Mitigasi Bencana
  11. Sarana Pendidikan
  12. Kesehatan
  13. Kejadian Luar Biasa
  14. Agama/Sosbud
  15. Lembaga Keagamaan
  16. Lembaga Kemasyarakatan
  17. Keamanan
  18. Tindak Kejahatan
  19. Kegiatan Warga
3. SURVEY KELUARGA

4. SURVEY INDIVIDU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel