Cara mengisi data siswa di akun PDUM

Cara mengisi data siswa di akun PDUM
Cara mengisi data siswa di PDUM, PDUM merupakan kepanjangan dari Pangkalan Data Ujian Madrasah yang berfungsi untuk melakukan pendataan ujian akhir madrasah berstandar Nasional dan wajib diisi oleh seluruh lembaga madrasah dari jenjang MI, MTs, dan MA.

Pengisian akun PDUM dilakukan oleh madrasah yang telah memiliki username dan password dari Penma setempat, username ini khusus untuk mengakses akun PDUM sesuai lembaga yang didaftarkan. Username dan password PDUM tersebut berbeda untuk masing-masing lembaga madrasah.

Tahapan-tahapan pengisian data pada akun PDUM

Hal pertama yang harus dilakukan adalah login pada akun PDUM pada url:

LANGKAH 1 : LENGKAPI DATA PROKTOR
Cara mengisi data siswa di akun PDUM

Pada menu ini anda diminta untuk memasukkan data pengguna akun PDUM, dimulai dari isian Profil akun personal info: nama lengkap, status kepegawaian, NUPTK, Nomor Telepon HP, dan email. Dokumen /  Photo: upload dokumen / photo. Ubah Pasword: untuk mengubah password bawaan yang didapat dari penma kabupaten.

LANGKAH 2 : LENGKAPI DATA MADRASAH
Cara mengisi data siswa di akun PDUM

Pada form kedua petugas pengisi PDUM akan dihadapkan pada isian yang berisi Status Madrasah, NPSN, NSM, Nama Madrasah hingga Zona Waktu yang digunakan saat pelaksanaan  UAMBN 2019/2020 dan Metode UAMBN, apakah menggunakan UAMBN-BK (Berbasis Komputer) atau UAMBN-KP (Kertas dan Pensil)

LANGKAH 3 : UPLOAD DATA SISWA
Cara mengisi data siswa di akun PDUM

Langkah ke 3 Proktor diwajibkan untuk mengupload data siswa dalam bentuk excel dengan format seperti yang telah disediakan pada aplikasi PDUM, dalam format tersebut berisi kolom No. Urut, NSM, NISN, Nama Siswa, Rombel, Jenis kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, NISM, Agama, Nama orang Tua / Wali, Sesi, Server, dan Jurusan. Untuk kolom sesi dan server bagi madrasah yang bergabung dengan madrasah lainnya bisa ditanyakan pada madrasah penyelenggara.

Setelah isian lengkap silahkan klik menu tambah baru, unduh filenya, isi dan upload pada kotak upload data siswa.

LANGKAH 4 : PENGECEKAN DATA SISWA
Cara mengisi data siswa di akun PDUM

Sekarang saatnya untuk mengecek kembali data siswa yang telah diupload pada langkah sebelumnya. Jika masih terdapat kekeliruan data siswa maka anda dapat mengupload ulang file excel seperti pada langkah ketiga, atau bisa juga menggunakan menu edit persiswa yang keliru melalui aplikasi PDUM.
Pada langkah ke 4 ini, proktor juga perlu mengunggah foto sesuai dengan nama-nama siswa yang telah diupload sebelumnya

LANGKAH 5 : CETAK KARTU
Cara mengisi data siswa di akun PDUM

Setelah menyelesaikan 4 langkah sebelumnya, sekarang operator telah sampai pada langkah yang terakhir yaitu Cetak Kartu Siswa. Menurut notivikasi pada akun PDUM, dianjurkan untuk menggunakan browser Chrome versi paling baru untuk mencetak kartu siswa tersebut.
Sampai disini tugas operator dalam pengisian data siswa pada akun PDUM telah selesai, dan untuk lebih hati-hatinya agar operator agar mengecek kembali data siswa dengan teliti karena nantinya berkaitan dengan pembuatan ijazah. penulisan ijazah bisa anda simak penduannya di Pedoman Penulisan Blangko Ijazah Madrasah (MI, MTs, dan MA) Tahun 2020

Baca informasi lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dibawah ini

Input catatan deskripsi wali kelas Raport ARD

Ketentuan pelaksanaan ujian-ujian madrasah

Kalender pendidikan Tahun 2019/2020 Jawa Timur

Kalender pendidikan Tahun 2019/2020 Jawa Tengah

Kalender pendidikan Tahun 2019/2020 Jawa Barat

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis Feeder

Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020

Gara-gara Virus Corona, UN 2020 resmi ditiadakan

Belum ada Komentar untuk "Cara mengisi data siswa di akun PDUM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel