Tips-Tips Untuk Ibu Yang Melahirkan Secara Caesar

Tips Untuk Ibu Yang Melahirkan Secara Caesar
Tips Ibu yang melahirkan Caesar (Gambar:freepik.com)
Melahirkan merupakan proses natural yang dialami setiap wanita. Pada dasarnya setiap wanita ingin  dapat melahirkan secara normal, namun karena beberapa alasan operasi caesarpun terpaksa dilakukan. Perawatan setelah melahirkan secara caesar memang berbeda dengan persalinan normal pada umumnya. Perawatan luka operasi caesar perlu dilakukan secara telaten agar cepat sembuh. Tidak perlu takut dengan bekas luka tersebut sehingga anda tidak melakukan aktivitas biasanya. Berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang sudah melahirkan secara caesar, diantaranya:

1. Sering jalan-jalan

Setelah melahirkan secara caesar, para ibu disarankan untuk memperbanyak jalan-jalan. Tidak perlu yang jauh, anda juga bisa jalan kaki di sekitar ruangan rumah anda. Selain membuat tubuh terasa segar, dengan banyak berjalan kaki, luka bekas operasi tersbeut lebih cepat sembuh. Jangan terlalu banyak tidur atau berbaring karena justru jahitan bekas luka caesar akan lebih lama kering.

2. Perbanyak buang air kecil

Jika ingin buang air kecil, sebaiknya jangan ditahan. Namun segeralah pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Meskipun luka jahitan akan terasa sakit, tetapi hal itu tidak masalah untuk banyak bergerak. Hal yang perlu diperhatikan adalah usahakan jangan mencuci organ intim dengan air panas atau hangat.

3. Sering menggendong bayi

Jangan takut luka caesar anda akan sakit karena menggendong bayi. Karena bagaimanapun juga bonding antara ibu dan anak sangat diperlukan. Gendonglah bayi anda, karena bonding yang kuat dapat mempercepat luka pada bekas jahitan operasi anda.

4. Hindari mandi air hangat

Mandi air hangat memang membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan nyaman. Namun untuk ibu yang sudah melahirkan dengan caesar sebaiknya dihindari sampai bekas luka anda mengering atau sembuh. Karena air hangat dapat membuat luka bkeas jahitan menjadi lebih lama untuk sembuh. Sebaliknya jika anda mandi air dingin, justru akan mempercepat proses penyembuhan luka jahitan.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk anda yan sudah melahirkan secara caesar. Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap, anda bisa mengunjungi websitenya di https://guesehat.com/

Belum ada Komentar untuk "Tips-Tips Untuk Ibu Yang Melahirkan Secara Caesar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel