Pengalaman menangkap dan memancarkan Wifi gratis mengunakan Router Tenda O3

Pengalaman menangkap dan memancarkan Wifi gratis mengunakan Router Tenda O3
Menangkap Wifi menggunakan Router Tenda O3
Menangkap Wifi Gratis, Wifi-an merupakan aktivitas yang paling disenangi oleh kawan penyuka internet, disamping kecepatannya melebihi data seluler pada smartphone kita, dibanyak tempat sudah menyediakan wifi secara gratis. Seperti di Desa saya, yang meskipun berada wilayah pegunungan sekitar 20 km dari kota. Namun kalau masalah internet tidak perlu diragukan lagi. Kantor Desa sengaja menggratiskan Wifi kepada masyarakat agar bisa mengakses internet dan mencari informasi apapun secara cepat.

Namun sementara ini Wifi gratis hanya bisa didapatkan di sekitar Kantor Desa, belum dapat dijangkau ke setiap RT. Namun kabarnya sudah direncanakan akan dipasang Wifi RT/RW. Nah memanfaatkan fasilitas gratis tersebut saya berinisiatif untuk menangkap Wifi yang di free-kan tersebut dari Kantor Desa agar bisa di akses dirumah. Menurut hemat saya eman-eman lah pemerintah menyediakan Wifi Gratis untuk rakyatnya kalau tidak dimanfaatkan.

Jarak dari pemancar Wifi Kantor Desa ke rumah saya sekitar 400 meter, medan perbukitan dan banyak terhalang pepohonan. Saya cek menggunakan laptop sinyal wifi tersebut tidak ada sama sekali dirumah saya, mungkin karena routernya hanya outdoor dengan jarak sekian meter.
Berawal dari keinginan untuk mencoba wifi gratis ini, atas rekomendasi teman bernama youtube, saya memberanikan diri membeli Router Tenda O3, harga lumayan terjangkau lah sekitar 400 ribuan. Saya baca ada tulisan 5 km Outdoor Point TO Point CPE.

Saat pertama kali saya gunakan Router Tenda O3 ini tidak bisa menangkap sinyal Wifi sama-sekali, saya berfikir mungkin memang sinyal wifinya yang tidak ada, tapi kemudian saya coba browsing tentang Router Tenda ini saya menemukan caranya yaitu meresetnya terlebih dahulu hingga 2-3 kali. Pada kasus yang alami ini seingat saya hanya 2 kali reset, setelah itu saya scan sinyal kembali ternyata ada sinyal Wifi yang dapat ditangkap.

Setelah itu saya coba mencari posisi peletakan Routernya, mungkin sekitar 5 m, atau masih berada dibawah genteng.

Bagaimana cara menangkap dan memancarkan Wifi menggunakan Tenda O3?
Caranya mudah saja:
  1. Sambungkan perangkat HP / Laptop pada sinyal Wifi Tendanya.
  2. Buka Browser, dikotak pencarian browser masukkan IP Adress 192.168.2.1
  3. Pada menu login, isikan username: admin, Pasword: admin (username & Password bawaan router tendanya), Negara pilih Indonesia
  4. Pilih WISP – Next, pilih Wifi yang akan ditangkap dan pancarkan kembali, klik Next hingga selesai.
  5. Sambungkan Perangkat (HP / Laptop) pada sinyal wifi yang baru saja dibuat, dan cobalah untuk mengakses Internet.
Sekarang kita sudah dapat menggunakan wifi gratis melalui Router Tenda O3, untuk menyembunyikan sinyal wifi yang sudah kita buat gunakan cara dibawah ini
  1. Login pada aplikasi tenda melalui IP Adress di browser (192.168.2.1)
  2. Klik menu Wireless
  3. Centang menu Disable, untuk menghilangkan sinyal wifi. Namun kita tetap bisa mengaksesnya dengan menambahkan jaringan Wifi yang telah dibuat tersebut pada perangkat yang ingin disambungkan. 
Baiklah cukup sekian cerita-cerita ringan tentang pengalaman menangkap dan memancarkan wifi menggunakan Router Tenda O3. Jika ada kendala atau pengalaman lain silahkan menambahkannya pada kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman menangkap dan memancarkan Wifi gratis mengunakan Router Tenda O3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel