-->

Lakukanlah analisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan otonomi daerah di Indonesia!

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan otonomi daerah di Indonesia akan tercapai jika pemerintahnya dapat melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, memiliki niat yang baik dalam menjalankan kebijakan, dapat menyerap aspirasi masyarakat, masyarakat berperan aktif dalam program pembangunan, Pemerintah dan masyarakatnya taat hukum, dan adanya transparansi dalam setiap penerapan kebijakan maupun program pembangunan.
Lakukanlah analisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan otonomi daerah di Indonesia!
Untuk lebih detailnya faktor-faktor tersebut dibahas pada uraian dibawah ini:

1. Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih

Pemerintahan yang baik dan bersih akan menjadi indikator dalam mendukung keberhasilan otonomi daerah, karena dengan begitu, semua program visi dan misi daerah suatu daerah akan tercapai.

2. Niat baik dari pemerintah daerah untuk menjalankan kebijakan

Niat baik tentu saja akan menjadi kekuatan dalam menjalankan pemerintahan baik dalam memajukan faktor, ekonomi, pendidikan, wisata hingga sosial budaya. Berbagai kebijakan akan memiliki gairah dan berhasil jika pemerintahnya memiliki niatan yang baik, yang tentunya niatan baik tersebut akan diiringi dengan keseriusan kerja yang sesuai dengan target-target pembangunan yang harus dicapai.

3. Terserapnya aspirasi masyarakat

Aspirasi masyarakat merupakan proses perencanaan program kerja pembangunan yang berdasar aspirasi atau kebutuhan masyarakat, pemerintah perlu terus menggali berbagai macam aspirasi yang ada di masyarakat, karena masyarakat disuatu daerah yang lebih tahu dengan apa yang dibutuhkan secara mendesak, namun dengan catatan kebutuhan tersebut bersifat umum untuk dimanfaatkan bersama dan menghasilkan manfaat yang berkelanjutan.

4. Peran serta dan dukungan masyarakat di daerah tersebut

Peran serta masyarakat di daerah tersebut sangat dibutuhkan dalam mendorong keberhasilan otonomi daerah, karena meskipun pemerintah telah menerapkan tata kelola pemerintah yang bersih serta melaksanakan berbagai upaya yang maksimal dalam menjalankan kebijakannya, semua itu akan sia-sia jika masyarakat setempat tidak berperan serta dan tidak mendukung dengan adanya pembangunan di daerah tersebut.

5. Taat Hukum

Jika orang yang menjalanakan pemerintahan dan masyarakatnya taat hukum maka tidak perlu ditawar lagi, Negara akan makmur, otonomi daerah akan berhasil, masyarakat akan sejahtera.

6. Transparansi

Transparansi merupakan bentuk kejujuran pemerintah kepada rakyatnya, dengan transparansi rakyat bisa mengetahui kebijakan pemerintah, program, hingga penggunaan anggaran. Transparansi menghilangkan prasangka buruk dari masyarakat terhadap pemimpinnya sebagai pemegang kebijakan.

Sumber: Tugas 3 Sesi 7 PKN UT Umi Arofah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel