-->

Bagaimana pengukuran keterampilan teknik bulu tangkis?

Pengukuran keterampilan teknik bulu tangkis, Setidaknya ada 4 keterampilan dasar dalam permainan bulu tangkis yang dijadikan dasar patokan dalam menguasai teknik permainan bulu tangkis.
Bagaimana pengukuran keterampilan teknik bulu tangkis?
Adapun keempat keterampilan dasar bulu tangkis yaitu:
  1. Cara memegang raket (grip)
  2. Stance (Sikap berdiri)
  3. Foot work (gerakan kaki)
  4. Teknik pukulan (Strokes)
Adapun perincian dari keempat keterampilan dasar diatas ialah sebagai berikut:

1. Cara memegang raket (grip) 

Permainan bulu tangkis hampir keseluruhan mengandalkan pergelangan tangan sehingga ketepatan tangan dalam memegang raket akan menjadi penentu dari hasil skor yang diperoleh dalam permainan bulu tangkis.

Ada istilah pegangan forehand saat akan melakukan pukulan forehand, demikian pula pegangan backhand untuk pukulan backhand.

2. Stance (Sikap berdiri)

Dalam permainan bulu tangkis juga sangat memperhatikan cara berdiri dalam beberapa kebutuhan bertahan di dalam permainan khususnya pada saat melakukan servis, menerima servis dan pada saat rally atau permainan sedang berlangsung.

3. Foot work (gerakan kaki)

 sebagai penyeimbang dari keterampilan 1 dan 2 diatas, gerakan kaki menjadi sangat penting dalam melakukan pukulan shuttlecock yang sesuai dengan posisinya, contoh pemain yang menggunakan pegangan kanan maka kaki kanan selalu berada diujung/akhir atau setiap langkah selalu diakhiri dengan kaki kanan, pukulan shuttlecock di belakang, maka posisi kaki kanan berada di belakang. beberapa gerakan lain yang perlu dikuasai oleh pemain bulu tangkis anatar lain adalah perggerakan ke belakang kiri, ke samping kanan, pergerakan menyilang dan meloncat.

4. Teknik pukulan (Strokes)

Teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis terbagi menjadi tiga bagian yaitu pukulan bawah, pukulan lurus atau samping, dan pukulan atas.

Dari teknik pukulan diatas masih dapat diuraikan lagi secara spesifik menjadi pukulan dengan ayunan raket bawah berupa servis tinggi, pendek dan servis kedut. Pukulan mendatar atau menyamping ialah Drive, Drive dropshot. Pukulan dari atas kepala dikenal dengan nama overhead lob, overhead smash, chopped, dropshot, dan around the head.

Sumber: Materi Tugas Diskusi sesi 8 UT Umi Arofah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close