-->

Jelaskan 3 Jenis Klasifikasi Agama (Wahyu dan Non Wahyu, Agama Misionaris dan Non Missionaris, dan Agama Ras (lokal) dan Universal)

3 Jenis Klasifikasi agama, Ahmad Abdullah al-Masdoosi Mengklasifikasikan Agama ke dalam 3 kategori yaitu: Wahyu dan Non Wahyu, Agama misionaris dan Non Missionaris, dan Agama Rasial (lokal) dan universal.
Jelaskan 3 Jenis Klasifikasi Agama (Wahyu dan Non Wahyu, Agama Misionaris dan Non Missionaris, dan Agama Ras (lokal) dan Universal)
Adapun penjelasan dari 3 kategori agama tersebut adalah sebagai berikut:

1. Agama Wahyu dan Non-wahyu

Agama wahyu yang menghendaki agar mengarahkan kepada Tuhan, Rasulnya dan Kitab-kitabnya. Sedangkan agama Non-Wahyu tidak mengikatkan aturan tata cara seperti agama wahyu.

2. Agama Misionaris dan Non-misionaris

Agama misionaris adalah agama yang mengharuskan pengadopsiannya untuk menyebarkan kepada seluruh manusia, sebaliknya agama non-misionaris tidak mewajibkan pengalokasiannya kepada seluruh manusia.

3. Agama Rasial dan Universal

Agama Rasial adalah agama yang berbasis ras atau golongan tertentu saja, sedangkan agama universal adalah agama yang menjangkau seluruh umat di seluruh alam.

Referensi: Tugas Diskusi Mata Kuliah PAI Sesi 5 Umi Arofah (Buku Modul MKDU4221/Modul 5)

Belum ada Komentar untuk "Jelaskan 3 Jenis Klasifikasi Agama (Wahyu dan Non Wahyu, Agama Misionaris dan Non Missionaris, dan Agama Ras (lokal) dan Universal)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel