-->

Ceritakan pengalaman Anda sebagai seorang guru di SD dalam menerapkan pendekatan partisipatif dan dalam bentuk kegiatan apa?

Penerapan Partisipatif merupakan model pembelajaran yang memaksimalkan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran kelas, sedangkan guru cukup menjadi perencana program, pelaksana program dan penilai program.
Ceritakan pengalaman Anda sebagai seorang guru di SD dalam menerapkan pendekatan partisipatif dan dalam bentuk kegiatan apa?
Contoh yang saya alami adalah pembelajaran Kesenian dan Keterampilan berupa karya seni menggambar, saya cukup merencanakan tema tertentu dari seni gambar yang akan dibuat oleh siswa, pada proses pelaksanaan menggambar, saya hanya mendampingi siswa tanpa harus banyak intervensi, dan memberi keleluasaan pada siswa untuk membuat bentuk variasi gambar dan pemilihan warna hingga siswa dapat menyelesaikan proses pembelajaran.

Terakhir saya melakukan penilaian atas kreasi siswa yang telah dilaksanakan.

Dari model pembelajaran partisipatif diatas, siswa memiliki keleluasaan secara mandiri dan partisipatif dalam pembelajaran sesuai dengan rencana program/petunjuk yang diberikan guru.

Sumber: Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan

Belum ada Komentar untuk "Ceritakan pengalaman Anda sebagai seorang guru di SD dalam menerapkan pendekatan partisipatif dan dalam bentuk kegiatan apa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel