-->

Cara Mengikuti Tuton Online UT / Kuliah Online Melalui elearning.ut.ac.id

Cara Mengikuti Tuton Online UT, Para mahasiswa yang telah mendaftar kuliah di Universitas Terbuka tentu sudah mengetahui tentang istilah tutorial online atau yang biasa disebut tuton.
Cara Mengikuti Tuton Online UT / Kuliah Online Melalui elearning.ut.ac.id
Mengikuti Tutorial Online UT (Gambar: elearning.ut.ac.id)
Fasilitas Tuton Kuliyah online ini bisa diikuti mahasiswa yang mendaftar kuliah dengan tanpa tatap muka, atau tidak mengikuti pertemuan tatap muka secara langsung dengan tutor dan teman-teman kuliah lainnya.

Selain Tuton online, ada juga yang namanya Tutorial Web (Tuweb) yang pembelajarannya berbasis web seperti pertemuan menggunakan aplikasi Zoom, Whatsapp dll.

Sekarang kita akan membahas tentang kuliah online di UT menggunakan tuton online melalui situs elearning.ut.ac.id, situs ini disediakan oleh Universitas terbuka guna memudahkan kuliah bagi mahasiswa yang memiliki kesibukan kerja tetap setiap harinya, namun meskipun mahasiswa telah bekerja masih dapat mengikuti kuliah di Universitas terbuka secara online.

Tuton Online UT

Manfaat dari mengikuti kuliah tuton online ini yaitu mahasiswa dapat mengatur sendiri untuk mengikuti materi perkuliahan sesuai waktu senggang dari mahasiswa, jika mahasiswa memiliki pekerjaan di siang hari, maka bisa kuliah dimalam hari, begitu pula sebaliknya. dalam artian mahasiswa memiliki kesempatan kuliah selama 24 jam dalam sehari. tinggal pilih waktu sempatnya.

Untuk mengikuti tuton online ini mahasiswa perlu memiliki akun khusus di website elearning.ut.ac.id. di dalam akun elearning terdapat berbagai kebutuhan kuliah siswa disemua mata kuliah.

Menu-menu yang ada di situs elearning antara lain dashboard, Menu Profil, Nilai, Pesan, Preferences dll.

Secara umum penggunaan situs berbasis aplikasi yang bernama elearning ini cukup mudah digunakan, tidak jauh beda seperti media sosial yang banyak dimiliki oleh kawan-kawan saat ini. Jikapun masih terdapat kesulitan dalam mengidentifikasi menu-menu pembelajarannya, hal itu karena anda belum terbiasa saja dengan navigasi di aplikasi tersebut.

Cara menggunakan aplikasi elearning

Setelah melakukan aktivasi tuton, anda sudah bisa masuk dan mengetahui apa saja fasilitas atau menu yang ada di dalam aplikasi tuton online elearning ini.

1. Kunjungi https://elearning.ut.ac.id/ klik login dan isikan nomor induk mahasiswa dan password yang sudah dimiliki oleh mahasiswa.

2. Pada dashboard elearning anda akan disajikan halaman yang berisi format kesediaan untuk mengikuti tuton, silahkan klik untuk menyetujui, ikuti perintahnya hingga selesai.

Untuk mengetahui jumlah mata kuliah yang ada ikuti silahkan klik Kursus yang saya ikuti, disana akan muncul menu navigasi yang berisi daftar pelajaran/mata kuliah yang telah diregistrasi oleh mahasiswa.

Jika anda ingin masuk pada salah satu mata kuliah klik nama mata kuliah yang ada dalam daftar tersebut.

Anda akan dibawa pada laman awal tuton yang berisi sapaan tutor di tiap-tiap mata kuliah, di sana juga terdapat menu forum perkenalan yang harus diisi oleh mahasiswa, Tata tertib dalam mengikuti tutorial online, Rancangan aktivitas tutorial yang berisi pengumunan dan peta kompetensi dari mata kuliah.

Kemudian anda dapat melihat barisan sesi pelaksanaan mata kuliah yang terdiri dari 8 sesi, apabila tuton belum dimulai maka menu sesi tersebut masih belum aktif dan tidak bisa di klik, jika sesi sudah mulai maka anda bisa masuk pada sesi tutorial yang sedang berjalan.

CARA MENGISI ABSEN, MATERI PEMBELAJARAN, DISKUSI DAN QUIZ TUTON

Didalam sesi pembelajaran, anda akan diberi tugas yang terdiri dari:

1. Kehadiran

Silahkan klik menu kehadiran untuk mengisi absen bahwa anda bisa mengikuti sesi mata kuliah yang sedang berjalan. 

2. Materi Pembelajaran

Menu materi pembelajaran berisi materi dari sesi yang akan anda ikuti, silahkan pelajari materi tersebut sebagai bagian dari pembelajaran mata kuliah anda. 

3. Diskusi

Forum diskusi ini disediakan bagi mahasiswa setelah mengikuti materi pembelajaran yang diberikan oleh tutor, didalam halaman diskusi, tutor/dosen akan memberikan tugas yang harus dijawab oleh mahasiswa.

4. Quiz

Halaman Quiz merupakan latihan bagi mahasiswa dalam setiap sesi perkuliahan sebagai tolak ukur mandiri siswa dalam penguasaan mata kuliah pada sesi tersebut.

Dari 4 tugas pengisian diatas wajib diikuti oleh mahasiswa sebagai bukti keaktifan kuliah dari tiap mahasiswa. setiap menu dari kehadiran, materi pembelajaran, diskusi, dan quiz akan dinilai oleh dosen masing-masing. dan jangan lupa durasi belajar anda di setiap sesinya juga dinilai oleh tutor, jadi ada tingkat kewajaran durasi belajar mahasiswa dalam setiap sesi.

Jangan lupa untuk mengetahui batasan waktu kursus dalam setiap sesinya, karena jika waktunya sudah terlewat, maka anda tidak akan bisa lagi masuk pada sesi tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

MENGETAHUI NILAI TUTON ONLINE ELEARNING

Mahasiswa dapat mengetahui nilai-nilai yang didapatkan saat mengikuti kegiatan tutorial online dalam setiap sesinya, silahkan klik icon mahasiswa yang berada disebelah kanan pencarian, setelah itu klik menu nilai-nilai.

Akan muncul halaman yang berisi nama mata kuliah atau kursus yang diambil, jika anda ingin mengetahui nilai dari semua tutorial online silahkan klik pada masing-masing mata kuliah.

Demikianlah panduan atau cara mengikuti kuliah online melalui elearning di Universitas Terbuka, semoga bisa bermanfaat.

Tag: tuton online ut, cara mengikuti tuton online ut, aktivasi tuton online ut, jadwal tuton online ut, cara masuk tuton online ut, panduan tuton online ut, cara mengirim tugas tuton online ut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close