-->

Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Perkembangan Teknologi?

Pandangan Islam terhadap perkembangan teknologi, Islam telah mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu khususnya ilmu agama yang bisa menjadi bekal di kehidupan akhirat nanti, selain ilmu agama islam juga menganjurkan mencari ilmu pendukung yaitu ilmu pengetahuan yang bersifat duniawi, namun dengan batasan ilmu pengetahuan tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama.
Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Perkembangan Teknologi?
Teknologi yang semakin canggih dapat dimanfaatkan oleh umat islam selama masih dalam kategori yang positif dan bisa mempermudah kegiatan ibadah kepada Allah SWT.

Contoh kecil penggunaan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah misalnya media sosial bisa menjadi tempat untuk saling mengingatkan bagi sesama muslim, mengingatkan tentang hal-hal yang wajib dilakukan dan yang harus ditinggalkan atau amar ma'ruf nahi mungkar.

Selain itu islam juga membuka diri terhadap ilmu pengetahuan, sehingga islam tidak hanya membahas tentang akhirat saja, namun juga memberikan hak kebebasan dalam mencari ilmu dan membuka diri terhadap perkembangan teknologi

Perintah mencari ilmu juga tercantum di dalam Al-qur'an Surat At-taubah QS. 9:122; yang Artinya:

"Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka untuk memperdalam ilmu pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya".

Sumber: Tugas Kuliyah Diskusi PAI Umi Arofah Universitas Terbuka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close