-->

Mengapa Pembelajaran Olahraga Harus Berdimensi Pemainan?

Usia anak-anak adalah usia yang identik dengan usia bermain sehingga setiap proses pembelajaran sangat perlu dilaksanakan dengan dimensi permainan, khususnya dalam pelajaran olahraga yang hampir keseluruhan materinya perlu dipraktekkan dengan gerak.
Mengapa Pembelajaran Olahraga Harus Berdimensi Pemainan?
Penyampaian materi dan praktek olahraga yang monoton akan cepat membuat anak bosan, sehingga daya serap materi tidak maksimal, dan pilihan terbaik dalam memilih metode olahraga adalah dengan menyisipkan permainan yang tetap berhubungan dengan materi, misalnya materi bentuk gerakan lari, guru terlebih dahulu membekali siswa dengan materi gerak lari tersebut kemudian mengajak siswa untuk bermain lari bendera (Lari mengambil bendera), Lari karung, lari kelereng dll.

Dengan menggunakan model pembelajaran olahraga sambil bermain, siswa dapat dengan mudah mengingat gerakan-gerakan maupun instruksi dari guru, serta mereka bersemangat mengikuti pelajaran olahraga yang dikemas dalam permainan.

(Sumber: Tugas Mata Kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga PGSD UT) Tentang Olahraga Berdimensi Permainan di Sekolah Dasar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close