-->

Manfaat Program Keaksaraan dan Program Taman Bacaan Masyarakat

Indonesia membuat undang-undang tentang sistem pendidikan nasional yang mengatur penyelenggaraan pendidikan baik secara formar maupun nonformal yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.
Manfaat Program Keaksaraan dan Program Taman Bacaan Masyarakat
Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikannya, masyarakat bisa memilih fasilitas belajar yang disediakan oleh pemerintah maupun atas inisiatif masyarakat.

Misalnya program keaksaraan, warga yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara formal dalam pendidikan dasar dapat mengikuti program keaksaraan, tujuanya adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar membaca, menulis, berhitung, berbicara dll.

Program Keaksaraan bisa menjadi pilihan terbaik bagi warga belajar yang sudah dewasa atau berkeluarga karena kegiatannya dilakukan pada hari-hari tertentu saja tidak setiap hari, sehingga tidak mengganggu waktu bekerja maupun mengurus keluarga.

Kemudian Taman bacaan masyarakat menjadi pelengkap daripada kebutuhan masyarakat dari berbagai usia, selain dapat dapat dikunjungi kapan saja oleh warga yang ingin menambah ilmu pengetahuannya, taman belajar memiliki tempat yang dekat dengan lingkungan warga, misalnya di area balai desa sehingga warga akan merasa nyaman untuk mengunjungi taman bacaan masyarakat.

(Sumber: Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan tentang Manfaat Program Keaksaraan dan Program Taman Bacaan Masyarakat, PGSD UT)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel