-->

Download Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 6 dan Kunci Jawabannya (Ujian Sekolah/Ujian Madrasah)

Soal UM/US Bahasa Indonesia SD/MI, Soal ujian sekolah dilaksanakan oleh siswa sd/mi sebagai proses akhir dari pendidikan tingkat dasar.

Diadakannya ujian sekolah ialah sebagai tolak ukur kemampuan siswa pada penguasaan masing-masing mata pelajaran, sekaligus sebagai bahan evaluasi guru atau sekolah dalam melakukan peningkatan kualitas pembelajaran yang akan diterapkan selanjutnya.
Download Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 6 dan Kunci Jawabannya (Ujian Sekolah/Ujian Madrasah)
Siswa yang akan mengikuti ujian sekolah/madrasah perlu berlatih berbagai soal mata pelajaran, agar dalam mengikuti ujian dapat menjawab soal dengan baik.

Secara umum soal yang diujikan tetap mengacu pada materi sebelumnya yang telah diajarkan pada siswa, sehingga siswa tidak perlu terlalu takut dengan soal yang akan dihadapi saat ujian nanti.

Kami akan membagikan contoh soal Ujian Sekolah atau Ujian Madrasah (US/UM) yang bisa dijadikan rujukan oleh guru dalam membuat soal, atau bisa menjadi bahan latihan siswa dalam menjawab soal.

Guru atau siswa dapat mengunduh contoh soal bahasa indonesia ini secara mudah melalui penyimpanan google drive. atau anda bisa langsung membacanya dibawah artikel ini, karena selain penyediaan file unduhan,; kami juga menyajikannya contoh soalnya didalam artikel ini. sumber file: MI Sabda Ria Nada Sumbermalang - Situbondo.
Anda juga dapat langsung melihat contoh soal ujian sekolah/madrasah kelas 6 dibawah ini. Kunci jawabannya terletak di halaman terakhir.

1.       Saat ini permainan online semakin mudah dijangkau. Tidak hanya di kota, di desa pun permainan ini sudah menjamur.

Makna kata menjamur pada kalimat tersebut adalah ….

A.    merata

B.    bermunculan

C.    berdatangan

D.    menyebar

 

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 2-4!

Jaguar adalah kucing terbesar ke tiga setelah harimau dan singa. Jaguar hanya di temukan di benua Amerika. Habitat jaguar umumnya di hutan hujan lebat. Walaupun demikian, jaguar di temukan juga di hutan lain dan dataran terbuka. Jaguar merupakan hewan karnivora. Makanan jaguar antara lain rubah dan rusa. Jaguar sering menyeret makanan ke pohon agar aman saat menyantapnya.

2.   Teks bacaan di atas mengandung aspek kata tanya....

A.    Apa dan dimana

B.    Apa dan bagaimana

C.    Dimana dan mengapa

D.    Siapa dan dimana

 

3.     Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah....

A. Berapa jumlah habitat jaguar?

B. Di mana habitat jaguar dapat di temukan?

C. Mengapa jaguar termasuk hewan omnivora?

D. Siapa yang turut melestarikan habitat jaguar?

 

4.     Kalimat utama dari paragraf tersebut di atas adalah....

A.    Jaguar merupakan hewan karnifora.

B.    Jaguar adalah kucing terbesar ketiga setelah harimau dan singa.

C.    Makanan jaguar antara lain rubah dan rusa.

D.    Jaguar sering menyeret makanan ke pohon agar aman saat menyantapnya.

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5-7

Air putih merupakan bahan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sekitar 50-70% tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan seluruh organ. Tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup dalam waktu lama jika tubuh kekurangan cairan.  Anjuran agar kita minum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air benar-benar harus kita lakukan. Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut.

 Masalah kesehatan akibat kurang minum air putih adalah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan mungkin mematikan. Sebagai akibat kurang minum air putih, maka tanda awal yang dapat diamati adalah jarang buang air kecil, berkemih air seni yang keluar tampak keruh atau kuning kecoklatan. Perlu diketahui, orang normal yang minum cukup akan buang air kecil secara teratur sepanjang hari, dan urine berwarna kuning terang atau bening. Kurang minum juga ditandai dengan mulut kering atau terasa lengket,  mata akan terlihat cekung dan mungkin sedikit mengeluarkan air mata ketika menangis. Kurang konsentrasi atau mudah lelah.

 

5. Ide pokok paragraf pertama adalah …

A.  Masalah kesehatan akibat kurang air minum.

B.  Anjuran agar kita minum air sedikitnya 8 gelas.

C.  Air putih penting bagi tubuh manusia.

D.  Asupan air mencukupi tubuh.

 

6. Simpulan pada teks paragraf kedua adalah ….

A.  Kekurangan minum menyebabkan kosentrasi meningkat.

B.   Kekurangan air putih melemahkan daya tahan tubuh.

C.   Ciri-ciri kekurangan air putih wajah terlihat ceria

D.  Hanya dehidrasi saja  akibat kekurangan air minum

7. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua adalah ….

A.  Manusia tidak dapat bertahan hidup dalam waktu lama jika tubuh kekurangan cairan

B.  Kurang minum juga ditandai dengan mulut kering atau terasa lengket.

C.  Masalah kesehatan akibat kurang minum air putih adalah kecerdasan menurun.

D.  Tanda awal akibat kurang minum air putih  adalah sering buang air kecil.

8. Bacalah paragraf berikut!

Gunung adalah salah satu kenampakan alam yang indah yang bisa juga dikatakan sebagai dataran yang menonjol dan lebih tinggi dari dataran disekitarnya. Pada umumnya gunung dapat mencapai tinggi hingga ratusan meter di atas permukaan laut.    

Ketinggin ini yang menyebabkan gunung tampak indah jika dipandang dari bawah maupun dari puncaknya. Dari atas puncak gunung kita bisa menikmati kesegaran air terjun yang turun dari tebing yang tinggi, sungai dengan aliran air yang jernih, bukit, bebatuan dan tebing yang kokoh, serta birunya langit di siang hari.

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A.  argumentasi

B.  eksposisi

C.  deskripsi

D.  narasi

 

9. Perhatikan paragraf berikut!

Jalanan Desa Mekarsari rusak dan dipenuhi lubang. Jalanan itu merupakan jalan besar karena menghubungkan dua desa. Banyak kegiatan warga yang terganggu karena rusaknya jalan itu. Beberapa warga pun khawatir akan keselamatan perjalanan mereka jika melewati jalanan itu. Pemerintah desa setempat telah melihat jalanan itu dan memutuskan untuk memperbaikinya. Mulai kemarin, sudah ada dua truk yang didatangkan untuk memperbaiki jalan.

Peristiwa yang akan terjadi berdasarkan teks di atas adalah … .

A.  Jalanan Desa Mekarsari akan tetap rusak.

B.  Jalanan akan bagus dan warga tidak akan resah lagi.

C.  Kepala desa  akan mendapatkan bantuan dari camat.

D.  Pengendara yang melewati jalanan tersebut harus hati-hati.

 

10.  Bacalah teks berikut!

Teks 1

Bunga mawar merupakan jenis tanaman yang memiliki batang keras dan berkayu. Tanaman ini batangnya dipenuh dengan duri, tetapi memiliki bunga yang indah, warna bunga tersebut Merah, putih dan juga merah muda yang terdapat dalam beberapa jenis tanaman bunga mawar.

Teks 2

Proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang hijau di mulai dengan tumbuhnya akar, batang, baru mulai daun Dibutuhkan waktu yang berbeda. Oleh sebab itu, akar tumbuh lebih panjang daripada batang dan daun Kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yang demikian itu, dipindahkan oleh tanah sebagai medium. Tanah pasir yang miskin tidak pasti hara, merupakan medium yang paling baik untuk kecepatan pertumbuhan.

Perbedaan isi laporan di atas adalah … .

A.  Kedua laporan di atas mengamati tumbuhan

B.  Laporan 1 mengamati bunga mawar, sedangkan laporan 2 mengamati kacang hijau

C.  Laporan 1 mengamati kacang hijau, sedangkan laporan 2 mengamati bunga mawar

D.  Kedua laporan di atas mengamati tentang tanaman hias

 

11. Bacalah teks berikut!

Pemanasan Global

 

Pemanasan global secara istilah sering disebut dengan global warming yaitu sebuah proses meningkatnya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan meningkatnya gas buang karbon yang salah satunya berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat adanya efek gas rumah kaca yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan. Gas-gas tersebut yang menimbulkan green house effect atau dalam bahasa Indonesianya disebut efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar ultraviolet tertahan dari dalam atmosfer.

Pemanasan global menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi. Sehingga jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut karena es kutub utara dan selatan mencair. Selain itu, pemanasan global juga membahayakan ekosistem terumbu karang. Akibat bumi yang semakin panas serta meningkatnya suhu laut dunia telah kehilangan sekitar 16 persen dari seluruh terumbu karang.

Paragraf di atas disajikan dalam table berikut:

No.

Paragraf

Ide Pokok Paragraf

1.

Kesatu

2.

Kedua

Akibat pemanasan global.

 

Berdasarkan teks di atas isian yang tepat untuk melengkapi tabel adalah ….

A.  Penyebab terjadinya pemanasan global.

B.  Definisi pemanasan global.

C.  Meningkatnya suhu di bumi.

D.  Efek gas rumah kaca.

 

12. Bacalah penggalan cerita berikut!

       Siang begitu terik. Koko dan Kiko baru saja pulang dari sekolah. Mereka saudara kembar sekolah di tempat yang sama.  Karena jarak rumah dan sekolah mereka dekat, mereka hanya jalan kaki.

       Setiba di rumah, mereka tak lantas masuk ke dalam. Mereka duduk-duduk dulu di bawah pohon mangga di halaman rumah sambil minum es teh bungkus.

Kiko yang bersandar di bawah pohon mangga tiba-tiba tersentak kaget. Ada sesuatu yang merayap di lengannya.

“Apa ini?” teriak Kiko.

Koko bingung melihat tingkah saudara kembarnya itu. Ia segera mencari tahu apa penyebabnya. Ternyata ada seekor ulat bulu yang merayap di lengan Kiko. Bukannya menolong, Koko justru menertawakan Kiko.

      Tapi Kiko bukanlah anak yang penakut dan cengeng. Setelah tahu kalau yang merayap di lengannya adalah ulat bulu, ia pun mencari patahan ranting dan menyingkirkan dari lengannya. Ulat bulu itu terjatuh ke tanah.

 

       Bagaimana cara Kiko menyingkirkan ulat yang merayap di lengannya?

A.  Lengan Kiko dikibas-kibaskan agar ulat terjatuh

B.  Ulat tersebut disingkirkan dengan tangannya

C.  Ulat tersebut disingkirkan memakai ranting pohon

D.  Kiko mengambil daun kering untuk menyingkirkan ulat


       Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 13-15!

          Suatu sore, Aisyah hendak bermain di taman bersama Nuria. Taman tersebut terletak tak jauh dari rumah mereka. Aisyah dan Nuria menuju taman dengan bersepatu roda. Sesampainya di taman, mereka melihat banyak orang sedang berolahraga atau sekedar berjalan-jalan. Aisyah dan Nuria terus bermain sepatu roda mengelilingi taman.


           Tiba-tiba sebuah bola basket mengenal kaki Nuria dengan keras. Nuria pun terjatuh. Aisyah mengajak Nuria ke pinggir jalan untuk memeriksa keadaan kakinya. Ternyata ada luka memar dan lecet di kaki Nuria. Seorang anak laki-laki berjalan membungkuk mengambil bola basket. Anak itu menghampiri mereka lalu meminta maaf. Akhirnya Aisyah dan Nuria segera pulang untuk mengobati luka yang dialami Nuria.

 

13. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah...

      A. Aisyah dan Nuria

      B. Nuria dan anak laki-laki

      C. Anak laki-laki dan orang yang berolah raga

      D. Orang yang berolah raga dan Nuria

 

14. Latar pada teks cerita tersebut adalah... .

       A. di lapangan

       B. di stadion

       C. di taman

       D. di alun-alun

 

15. Sifat tokoh anak laki-laki dalam cerita tersebut adalah... .

A. disiplin

B. bersahabat
C.
pemberani                              

D. bertanggung jawab

 

Bacalah puisi berikut untuk menjawab soal no 16!

 

Sepuluh November saat itu

Api yang membakar dadamu

Mengukuhkan semangat juangmu saat ini

Meskipun jasmanimu cacat

Jiwamu, pahlawan

Memihak yang benar

Semangat yang benar

Semangat itu bergemuruh di dada

Di hati para pemuda

 

16. Makna simbol api pada puisi tersebut adalah....

A.  perjuangan                             

B.  suara

C.  zat yang panas                       

D.  semangat

 

17.     Pahami kutipan cerita berikut!

Terik mentari menyengat di atas kepala, Mimi si monyet jalan tertatih-tatih sambil memegang perut. Ternyata dia menahan lapar. Selama 2 hari, dia kesulitan mencari makanan di hutan karena banyak tumbuhan yang kering terbakar. Air pun sulit dicari. Entah sampai kapan dia harus berjalan dan berharap semoga ada makanan untuk mengisi perutnya.

 

 

 

 

 

 

 

Simpulan isi cerita tersebut adalah…

A.   Perut Mimi sakit menahan lapar karena kesulitan mencari makanan dan minuman di hutan.

B.    Mimi sakit perut karena terlalu banyak berjalan mencari makanan dan minuman di hutan.

C.    Mentari yang menyengat membuat Mimi menahan perutnya yang lapar dan haus.

D.   Mimi sulit mencari minuman karena hutannya kering terbakar tak tersisa.

 

 

18.       Pahami kutipan cerita berikut!

Pada suatu hari, ketika Amir hendak pergi ke hutan, ibunya berpesan agar ia tidak mengambil sesuatu yang tidak jelas asalnya. Namun, sesampainya di sana ia melanggar pesan ibunya. Ia mengambil telur sebesar buah kelapa. Telur itu direbus dan dimakan. Setelah makan telur, tubuh Amir terasa gatal. Tidak lama kemudian, tubuhnya tumbuh sisik serta berubah menjadi seekor naga.

 

 

 

 

 

 

 

Penyebab terjadinya konflik dalam dongeng tersebut adalah...

A.     Amir merebus telur sebesar buah kelapa untuk dimakan agar berubah menjadi seekor naga.

B.      Amir melanggar pesan ibunya untuk tidak mengambil sesuatu yang tidak jelas asalnya.

C.      Ibu Amir tidak menghiraukan pesan Amir untuk tidak mengambil telur di dalam hutan.

D.     Amir dan ibunya pergi ke hutan mengambil telur sebesar buah kelapa untuk dimakan.

 

19. Amanat cuplikan dongeng di atas adalah...

A.  Kita harus menjaga apa yang menjadi milik kita.

B.  Kita tidak boleh takut menghadapi hidup.

C.  Kita harus berani menanggung resiko.

D.  Kita tidak boleh melanggar janji.

 


20. Tema dari cuplikan dongeng di atas adalah...….

A. Sisik Naga

B. Selalu bertindak jujur

C. Pesan Ibu

D. Telur Ajaib

 

21. Bacalah penggalan cerita berikut!

       Meski baru berusia 4 tahun Rizki ingin sekali bisa naik sepeda. Tinggi badannya juga belum seimbang dengan tinggi sepeda. Namun tak mengahalangi niat Rizki untuk belajar naik sepeda. Hampir setiap sore Rizki belajar naik sepeda bersama ayahnya, walau sering terjatuh Rizki tidak pernah merasa jera. Dia terus berusaha dan berusaha.

Prediksi kejadian yang sesuai dengan cerita di atas adalah …

A.  Rizki akan terus gagal naik sepeda.

B.  Rizki akan berhasil naik sepeda.

C.  Rizki akan merusak sepeda yang dipakainya.

D.  Rizki menyerah untuk tidak naik sepeda.

 

22. Bacalah cerita berikut!

Kira-kira satu bulan yang lalu, aku mengikuti pertandingan bulutangkis mewakili desa bertanding melawan pemain dari desa lain. Aku sangat yakin akan menjadi juara. Keyakinan itu membuatku malas berlatih.

Pertandingan pun dimulai. Pada babak pertama, aku berhasil mengalahkan lawan mainku dengan mudah. Namun, pada babak kedua aku kalah. Napasku terengah-engah karena jarang berlatih. Pada babak ketiga yang menentukan, ternyata perkiraanku selama ini salah. Aku dibuat kewalahan. Akhirnya aku kalah.

Nilai yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah …

A.     Kesombongan mengalahkan kejujuran.

B.      Kesombongan mengalahkan keyakinan.

C.      Kesombongan membuat orang menjadi kalah.

D.     Kesombongan membuat orang menjadi menang.

 

23. Bacalah penggalan cerita berikut!

Fahmi termasuk anak dari keluarga yang kurang mampu. Namun, di sekolah ia selalu juara satu. Kuncinya adalah selalu tekun belajar. Ia sangat percaya diri. Ia tidak minder bergaul dengan siapa saja. Tak heran, selain dikenal sebagai anak yang pandai, Fahmi juga dikenal sebagai anak yang supel, sopan, dan berakhlak mulia. Pernah teman-temannya memberikan pujian padanya, “ Fahmi, kamu hebat ya, selalu juara kelas!”  “Ah, kalian juga pasti bisa kalau rajin belajar, “ begitu jawabnya merendah.       

 

Keteladanan tokoh Fahmi dalam cerita tersebut adalah...                                                                                   

A. Ketekunan akan mendatangkan kebahagiaan.                                                                           

B. Rendah diri meskipun selalu berprestasi.

C. Tidak pantang menyerah dalam menghadapi tantangan .                               

D. Tidak mau kalah dengan temannya dalam hal prestasi.       

 

24. Perhatikan paragraf berikut !

Pada awal  membeli perumahan [ . . .] lebih memperhatikan aspek kuantitatif. Sebagai contoh, luas tanah dan bangunan, harga, dan besarnya cicilan tiap bulan. Namun, saat ini selera konsumen telah bergeser dari aspek kuantitatif ke  aspek kualitatif. Mereka semakin peduli pada kenyamanan lingkungan hidup.

Istilah tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

A.    produsen

B.    konsumen

C.    pengusaha

D.    kontraktor

 

25. Bacalah paragraf berikut !

Ketika berada di jalan, kita akan menemukan atau mengalami berbagai kejadian. Kejadian  tersebut dapat berupa kemacetan atau senggolan antarkendaraan. Kejadian lainnya, misalnya orang sembarangan menyeberang  jalan atau orang mengerem kendaraan secara mendadak. Beberapa kejadian seperti itu harus kita sikapi dengan (. . .). Sikap tersebut perlu diterapkan agar tidak ada perkelahian antar pengendara di jalan.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

A.    kepala tiga

B.    kepala batu

C.    kepala dingin

D.    kepala udang

 

26. Perhatikan paragraf berikut !

Lista memiliki rencana mengikuti les menari di sekolah. Ketika bertemu dengan Rina, mereka berdua berbincang. Rina memberi tahu Lista bahwa dirinya megikuti les menyanyi. Lista tiba-tiba berubah pikiran dan ingin mengikuti les menyanyi. Ketika pulang sekolah, Lista bertemu dengan Nuri. Lista mengetahui Nuri mengikuti les musik. Lista bingung dengan rencana awalnya untuk mengikuti les menari. Akhirnya, Lista memilih les musik seperti Nuri.

Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan pendirian Lista adalah....

A.    bagai air di daun talas

B.    bagai itik pulang petang

C.    bagai mencencang air

D.    bagai mentimun dengan durian

 

Perhatikan petunjuk acak pembuatan kincir air dari plastik!

(1)  Masukkan baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut.

(2)  Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling.

(3)  Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.

(4)  Kincir siap digunakan.

(5)  Pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus.

 

27. Urutan yang tepat pembuatan kincir air dari plastik adalah

A.   (2)-(1)-(3)-(4)-(5)

B.  (2)-(3)-(1)-(5)-(4)

C.  (5)-(1)-(4)-(2)-(3)

D.  (5)-(2)-(3)-(1)-(4)

 

28.      Perhatikan gambar berikut!

Kalimat deskripsi yang tepat sesuai gambar tersebut adalah . . .

A.    Ibu Mita tidak mengizinkan Mita untuk memanjangkan kukunya. Ibu pun meminta Mita untuk segera memotong kuku-kukunya yang panjang.

B.    Mita belum bisa memotong kuku sendiri. Ia melihat ibunya memotong kuku. Mita pun mengikuti cara ibunya memotong kuku.

C.    Kuku Mita sudah panjang. Mita belum bisa memotong kukunya sendiri. Ia pun meminta tolong ibu untuk memotongkan kuku-kukunya.

D.    Ibu dan Mita memiliki kuku yang panjang. Mereka pun memotong kuku bersama.                                                                                                                                                                                                                                                                

29. Bacalah kalimat acak berikut!

1)    Pagi-pagi kami telah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan selama di rumah nenek.

2)    Tanggal 17 Desember 2018, madrasahku libur akhir semester 1 selama tiga belas hari dan akan berakhir pada tanggal 1 Januari 2019

3)    Aku dan seluruh keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu ini untuk mengadakan liburan keluarga.

4)    Ketika itu kami memilih berlibur ke rumah nenek.

Urutan paragraf di atas yang benar adalah....

A.    2-3-4-1

B.    2-4-3-1

C.    3-1-2-4

D.    3-2-1-4

 

30.    Perhatikan hasil wawancara berikut!

Pada hari Jumat, 1 November 2020 kami berkunjung ke Museum Geologi Bandung.  Museum Geologi Bandung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1929. Tanggal peresmian itu bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik IV. Kongres tersebut dilaksanakana di Institut Bandung.

 

Topik dari hasil wawancara di atas  adalah . . .

A.  Berkunjung ke Museum Geologi. Bandung

B.  Sejarah Museum Geologi. Bandung

C.  Kongres di Institut Bandung.

D.  Peresmian Museum Geologi. Bandung.

 

31.  Bacalah teks berikut ini!

Bapak Ibu yang berbahagia,

Saat ini, banyak warga yang terjangkit penyakit demam berdarah dengue. Demam berdarah ini disebabkan virus yang dibawa oleh nyamuk. Sebagai warga yang bijak, kita harus menjaga kesehatan badan dan lingkungan agar tidak terkena penyakit ini. 

Oleh karena itu, ....

Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks pidato rumpang tersebut adalah

A.  Marilah kita biasakan diri hidup sehat dengan minum air putih yang cukup.

B.  Marilah kita  biasakan diri mencuci tangan sebelum makan.

C.  Marilah kita biasakan diri berolahraga  setiap  hari.

D.  Marilah kita cegah  perkembangbiakan nyamuk dengan menjaga kebersihan

 

32. Bacalah kalimat berikut ini!

Hampir seluruh warga  ...  pada keputusan lurah itu.

 

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A.  dukungan

B.  pendukung

C.  mendukung

D.  dukungannya

 

33.  Setiap hari Sabtu siswa kelas 6 aktip mengikuti kegiatan pramuka.

Penulisan kata aktip dalam kalimat tersebut yang benar adalah ....

A.  active

B.  aktib

C.  actif

D.  aktif

 

34. Bacalah paragraf beikut!

Dilaksanakan di lapangan Kelurahan Patokan upacara peringatan hari santri nasional. Upacara diikuti oleh siswa MI Situbondo, Guru, dan perangkat kelurahan. Upacara berlangsung dengan khidmad. Selesai upacara ada penampilan Polisi Cilik dan sepak bola bersarung.

 

Perbaikan tata kalimat yang bercetak tebal dalam paragraf tersebut yang benar adalah . . .

A.  Upacara peringatan hari Santri Nasional dilaksanakan di lapangan Kelurahan Patokan.

B.  Upacara peringatan hari Santri Nasional di lapangan Kelurahan Patokan dilaksanakan.

C.  Upacara hari Santri Nasional peringatan dilaksanakan di lapangan Kelurahan Patokan.

D.  Upacara peringatan hari Santri Nasional dilaksanakan kelurahan di lapangan Patokan.

 

35. Pemakaian ejaan yang benar terdapat pada kalimat...

A.             Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"

B. "besok pagi," katanya, "Mereka akan berangkat."

C. "mereka berhasil meraih medali emas," katanya.

D. Bibi bertanya, "kapan kita pulang?"

      

36.  Kalimat yang menggunakan tanda baca titik dua (:) dengan benar adalah...

A. Kakak akan menjenguk temannya yang sedang sakit dan membawakan buah-buahan: pisang, jeruk, apel, anggur, jambu.

B. Pada perayaan hari Kemerdekaan Indonesia, di alun-alun: terdapat festival makanan daerah, gudeg, gado-gado, dan rujak cingur.

C. Peserta lomba menggambar diwajibkan membawa: pensil, penghapus, penggaris, spidol, pewarna.

D. Ketika baru saja pindah rumah, Pak Rudi membeli: meja, kursi, lemari, kompor, televisi.

 

37.  Perhatikan  kalimat-kalimat  di bawaah ini!

(1 ) Aisyah membeli salak bali di Pasar Minggu.

(2 ) Aisyah membeli salak Bali di pasar Minggu.

(3 ) Aisyah membeli Salak Bali di Pasar Minggu.

(4 ) Aisyah membeli salak Bali di Pasar Minggu.

 

Penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut terdapat pada nomor….

A. 1

B.  2

C.  3

D. 4

       

38.    Perhatikan  kalimat  berikut!

hari/ tanggal        (…) Kamis, 29  Oktober 2020

Tanda baca  yang  tepat  digunakan  setelah hari/tanggal  adalah….

A.    tanda  titik ( . )

B.    tanda  koma ( , )

C.    tanda titik dua ( : )

D.    tanda titik koma ( ; )

 

39.    Cermati kalimat berikut!

Badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada selasa, 20 november 2020 sore.

Perbaikan penggunaan ejaan dalam kalimat tersebut adalah ....

A.  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada selasa, 20 november 2020 sore.

B.  Badan meterologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada selasa, 20 november 2020 sore.

C.  Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa, 20 November 2020 sore.

D.  Badan Meterologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca berpotensi hujan lebat di sejumlah daerah pada Selasa, 20 November 2020 sore.

40. Perhatikan kalimat berikut!

Ayo, angkut sampah-sampah ini ke bak sampah Pak.

Perbaikan penulisan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….

A.    Ayo! Angkut sampah-sampah ini ke bak sampah, Pak!

B.    Ayo, angkut sampah-sampah ini ke bak sampah, Pak.

C.    Ayo! Angkut sampah-sampah ini ke bak sampah, Pak.

D.    Ayo, angkut sampah-sampah ini ke bak sampah, Pak!



KUNCI JAWABAN

UJIAN MADRASAH  BAHASA INDONESIA

Tapel 2020-2021

 

NO

JWB

NO

JWB

NO

JWB

NO

JWB

1

B

11

B

21

B

31

D

2

D

12

C

22

C

32

A

3

B

13

A

23

C

33

D

4

B

14

C

24

B

34

A

5

C

15

D

25

C

35

B

6

B

16

D

26

A

36

A

7

B

17

A

27

A

37

A

8

C

18

B

28

C

38

C

9

B

19

D

29

A

39

C

10

B

20

C

30

B

40

D


OPTION JAWABAN :

40 ÷ 4 = 10

10 + 3 = 13

10 – 3 = 7

A

B

C

D

9

13

11

7

Jumlah soal

40


SOAL US/UM KELAS 6 SD/MI MAPEL UMUM LENGKAP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel