-->

Cara Membersihkan Karat Blok Mesin Motor dengan Sitrun/Asam Sitrat/Garam Asam/Karang Asem dan Mama Lemon

Membersihkan Blok Mesin Motor, Mesin motor yang jarang dibersihkan akan menyebabkan berkarat atau memiliki kerak kotoran yang melekat pada mesin. untuk membersihkan blok mesin motor ini perlu usaha ekstra karena dengan mencuci motor secara biasa saja hanya cukup membesihkan debu yang melekat di blok mesin.
Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dengan Sitrun/Asam Sitrat/Karang Asem dan Mama Lemon

Adalah asam sitrat yang dicampur dengna mama lemon yang akan membantu membersihkan karat blok mesin sepeda motor, Asam Sitrat ini memiliki dengan nama yang berbeda, dari sitrun, Citric Acid, atau dibeberapa daerah disebut dengan nama garam asem.

Pembersihan menggunakan asam sitrat ini mampu mengangkat lapisan karat pada blok mesin motor, sehingga mesin motor akan jadi mengkilap lebih bersih dari sebelumnya.

Sedangkan untuk hasil yang maksimal dari reaksi sitrun tersebut tergantung pada tingkat kotor dan karatnya blok mesin, sehingga jika karat sudah cukup parah maka perlu dilakukan pembersihan mesin menggunakan asam sitrat secara berulang hingga 2 atau 3 kali sesuai dengan kebutuhan.

MEMBERSIHKAN BLOK MESIN MOTOR MENGGUNAKAN ASAM SITRAT

Apa saja peralatan yang diperlukan untuk membersihkan blok mesin motor menggunakan garam asem atau sitrun? Antapedia telah mencoba cara sederhana penggunaan asam sitrat ini untuk membersihkan karat mesin motor dengan kebutuhan peralatan sebagai berikut:
  1. Persiapkan bahan Asam Sitrat/Sitrun
  2. Sabun Cuci Mama Lemon
  3. Wadah dan Air
  4. Kuas kecil atau Sikat Cuci Baju.
Selanjutnya silahkan campur Sitrun dan sabun Mama Lemon pada air yang sudah tersedia pada wadah, silahkan aduk beberapa kali, setelah itu siramkan sedikit demi sedikit campuran asam sitrat dan mama lemon pada blok mesin dan gunakan kuas kecil atau sikat cuci baju untuk membersihkan karat atau kotoran membandel di blok mesin motor.

Akan ada sedikit bau menyengat dari reaksi kimia yang melunturkan kotoran melekat pada blok mesin, setelah dirasa cukup silahkan bilas blok mesin hingga bersih. jika masih dirasa masih ada sisa kotoran karat yang melekat pada blog mesin, silahkan diulangi proses pembersihan hingga benar-benar bersih.  

Demikian cara membersihkan blok mesin sepeda motor menggunakan bahan pembersih asam sitrat atau garam asem, cara ini berlaku untuk membersihkan bahan-bahan berkarat lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close