-->

Ayo Mondok! Jadi Santri Itu Keren

Apa sih mondok itu? Mondok berasal dari bahasa Jawa yang secara bahasa bisa diartikan sebagai kata bermukim atau bertempat tinggal. Namun untuk lebih luasnya mondok adalah sebuah istilah untuk menuntut ilmu bagi seorang santri yang menetap di sebuah lingkup pesantren yang setiap waktunya selalu diajarkan tentang ilmu agama dan ilmu pengetahuan hidup lainnya.
Ayo Mondok! Jadi Santri Itu Keren
Banyak orang bilang jadi santri itu jadul atau kuno. Namun sebenarnya pendapat itu salah besar. Bahkan jadi santri itu keren. Santri itu hebat dan sangat bermartabat. Mengapa seperti itu? Karena setiap hari dan bahkan setiap saat santri itu digembleng dengan ilmu-ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya.

Maka dari itu siapa orang yang berpendapat bahwa menjadi santri itu kuno maka dia salah besar. Karena sesungguhnya ilmu seorang santri lebih tinggi bahkan lebih Mulya dari pada pemuda di luaran sana.

Mengapa menjadi santri itu hebat dan bermartabat? Karena di pondok santri diajarkan untuk bertirakat atau lebih tepatnya mereka diajarkan untuk menahan diri dari sesuatu yang mewah. Santri dibiasakan untuk Qiyamullail atau bangun malam. 

Yang dimaksudkan bangun malam disini adalah bangun di sepertiga malam untuk melakukan ibadah-ibadah sunah. Mereka dituntut untuk Istiqomah beribadah dan sholat berjamaah. Salah satu kebiasaan para santri juga adalah melakukan puasa-puasa sunah seperti puasa Senin-Kamis dan puasa-puasa di bulan-bulan tertentu. 

Mereka juga diajari untuk membiasakan hidup bersih dengan melaksanakan Ro'an atau gotong royong membersihkan pondok tiap Minggu, mengambil sampah-sampah yang berserakan di jalan lalu membuangnya di tempat sampah, dan sebagainya.

Maasyaallah. betapa Mulya dan hebatnya kan para santri? Maka dari itu jangan pernah ada yang berpendapat bahwa santri itu kuno atau jadul apalagi sampai menghinanya. Karena sungguh kalian yang berilmu tinggi tidak ada apa-apa nya dibanding santri yang memiliki paket ilmu lengkap dunia akhirat, insyaallah.

BACA ARTIKEL LAINNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel