-->

Hati-hati!!! SMS Penipuan Atas Nama Subsidi Pertamina Rp. 189 Juta

SMS Penipuan mengatasnamakan subsidi dari Pertamina beberapa waktu ini sangat marak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, modusnya mereka mengirimkan sms secara acak ke berbagai nomor ponsel yang berisi pesan bahwa anda mendapatkan subsidi dari pertamina yang kurang lebih isinya seperti gambar dibawah ini.
SMS Penipuan ini tentu saja sangat meresahkan masyarakat luas khususnya masyarakat awam yang belum mengerti model-model penipuan seperti dalam kasus sms subsidi pertamina ini.

Beberapa hari yang lalu seorang kawan memberi tahu saya bahwa dia mendapatkan hadiah yang lumayan besar dari pertamina yaitu sebesar Rp. 189.000.000, ini sangat menggiurkan sekali mengingat nomimal tersebut sangatlah besar untuk ukuran sebuah hadiah. Namun saya tetap menyarankan untuk waspada karena saat ini banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk mengambil keuntungan sendiri bahkan dengan menipu orang lain.

Kemudian hari ini saya sendiri yang mendapatkan sms hadiah subsidi yang mengatasnamakan dari Pertamina tersebut, saya penasaran dengan cara mereka memperdaya masyarakat melalui SMS subsidi pertamina ini.

Saya mencoba mengikuti arahan dari sms tersebut yaitu menghubungi nomor Whatsapp yang tertera disana, dan ternyata memang benar, modus penipuan sms subsidi pertamina ini memang telah dipersiapkan dengan lebih matang karena begitu saya mencoba menghubungi Nomor WA tersebut, langsung dibalas dengan pesan yang meyakinkan yaitu meminta foto atau screenshot SMS hadiah yang didapatkan oleh saya.
Hati-hati!!! SMS Penipuan Atas Nama Subsidi Pertamina Rp. 189 Juta
SMS saya screenshot dan dikirimkan kembali ke WA diatas, lagi-lagi mereka mengirimkan pesan mengucapkan selamat karena saya telah terpilih sebagai pemenang tanpa diundi, kemudian saya diminta untuk mengirimkan identitas diri berupa kode PIN pemenang, nama lengkap, nama bank, nama di rekening, nomor rekening, No. HP, Foto KTP, dan Foto buku rekening.
Hati-hati!!! SMS Penipuan Atas Nama Subsidi Pertamina Rp. 189 Juta
Pada tahapan ini saya tidak menuruti permintaan dari oknum yang mengatasnamakan  Pertamina tersebut. Saya berfikir penipuan ini tidak praktis, Mau nipu orang ko’ masih memberatkan calon yang akan ditipunya, dengan berbagai macam persyaratan sehingga siapapun meskipun tidak sedang ditipu akan mikir dua kali untuk melengkapi persyaratannya, apalagi masyarakat awam.

Akhirnya saya mengajak ketemuan saja orang yang akan memberi hadiah subsidi yang mengatasnamakan subsidi dari Pertamina tersebut dengan penawaran dari saya hadiah tersebut kita bagi 2, tapi ternyata mereka tidak mau dengan berdalih karena sudah aturan dari kantor dan pemerintah yang mengharuskan proses pengambilan hadiah via pengiriman atau transfer.

Sampai disini setelah dikejar panjang lebar saya dan pemilik hadiah tidak mendapatkan titik temu, sehingga kesimpulannya SMS Subsidi yang mengatas namakan dari Pertamina itu adalah penipuan.

SMS PENIPUAN MENGATASNAMAKAN PERTAMINA

Berikut ini saya telusuri kejanggalan dari pengiriman SMS Subsidi Penipuan tersebut:
  1. SMS Subsidi yang mengatasnamakan Pertamina tersebut dikirim ke sembarang nomor, saya dan teman saya telah mendapatkan sms yang serupa, dan bisa jadi banyak nomor lain yang mendapatkan pesan serupa. Mana mungkin hadiah utama bisa diberikan kepada banyak orang apalagi dengan nominal yang besar, duit dari mana?
  2. Website yang dirujuk merupakan web menggunakan domain blogspot yang notabene bisa dibuat siapa saja dengan sangat mudah dan gratis.
  3. Nominal hadiah terlalu besar Rp. 189 Juta, jika 20 orang saja yang mendapatkan hadiah dengan nominal tersebut berarti jumlah total 3,780 Miliar, dari mana uang begitu banyak akan diberikan secara cuma-cuma kepada anda oleh Negara melalui pertamina apalagi dimasa krisis ekonomi akibat pandemi seperti sekarang ini.
  4. Pemenang diwajibkan membayar biaya administrasi sebesar Rp. 350.000, ini baru biaya administrasi, belum pajak pemenang, biaya kirim atau transfer dan lain sebagainya.
  5. Meminta data identitas diri secara detail dari Nomor Handphone, Foto KTP, hingga Foto Rekening, Padahal kita belum tahu identitas tersebut akan diserahkan kepada siapa, kita tahunya mereka mengaku sebagai penyelenggara dari Pertamina Indonesia.
Sekilas itu kejanggalan dari SMS Subsidi yang mengatasnamakan dari Pertamina. sedangkan untuk mengamankan diri anda dari pengaruh SMS berisi penipuan saya akan menulis tips menghindari SMS Penipuan seperti SMS Subsidi mengatasnamakan Pertamina.

TIPS MENGHINDARI PENIPUAN ONLINE

Berikut ini saya akan menambahkan tips agar tidak mudah terpengaruh dengan modus penipuan secara online seperti SMS Bersubsidi yang mengatasnamakan Pertamina Indonesia:
  1. Jangan mudah percaya SMS, WA, Telp dari orang tidak dikenal yang mengatasnamakan Saudara, Pejabat, Instansi tertentu, BUMN, Artis, Dealer dan lain sebagainya.
  2. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming uang dalam jumlah besar, itu hanya pancingan saja, bisa jadi anda yang akan rugi karena terperdaya menyerahkan sejumlah uang kepada para oknum yang dengan sengaja mengambil keuntungan dari kelemahan anda.
  3. Sekarang coba dibayangkan jika mereka memang memiliki sejumlah uang yang cukup besar misalnya hadiah Rp. 189 juta akan diserahkan kepada anda, kenapa harus repot-repot meminta biaya administrasi, biaya transfer dll. Padahal kan mereka bisa saja langsung memotong berapa persen dari total hadiah tersebut.
  4. Jika anda tidak siap mental jangan pernah menghubungi nomor yang mereka berikan, karena mereka sudah menyiapkan 1001 kata yang bisa menghipnotis anda agar percaya kepada mereka.
  5. Jika anda terdesak dan terpancing untuk menyerahkan sejumlah uang, ingatlah untuk berkonsultasi dengan keluarga atau teman yang lebih mengerti atau langsung menghubungi kepolisian terdekat, ceritakan apa yang sedang anda alami sembari meminta pendapat atau solusi.
  6. Jangan mudah menyerahkan identitas diri kepada orang yang tidak dikenal karena bisa jadi mereka akan menggunakan identitas anda tersebut untuk tindakan yang merugikan orang lain.
  7. Kenali website-website resmi pemerintah maupun BUMN, biasanya website milik pemerintah berakhiran .go.id, atau .org, dan tidak akan memberikan hadiah melalui pemberitahuan SMS/WA dari nomor pribadi, namun anda akan dipanggil ke kantor perwakilan terdekat di kota anda untuk menerima hadiah.
  8. Selalu waspada dan menyaring terlebih dahulu info-info yang anda dapatkan dari media online.
SMS Berhadiah ini sebenarnya sudah marak terjadi sejak lama dan korbannyapun sudah banyak. Mereka selalu menggunakan modus penipuan yang berbeda yang sekiranya bisa menyakinkan anda dan mendapatkan uang anda.

BACA SELANJUTNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel