-->

10 Tahapan mengelola blog hingga menghasilkan uang

10 Tahapan mengelola blog hingga menghasilkan uang
Membuat blog menghasilkan uang, Menjadi Blogger merupakan salah satu cara menghasilkan uang secara online, dengan menjadi endorse maupun sebagai publisher iklan adsense.

Blog yang sudah menghasilkan uang bisa dijadikan mata pencaharian bagi pengelolanya atau bahkan pekerjaan utama, karena dari blog anda bisa mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas.

Anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap juga bisa mencari penghasilan sampingan dengan mengelola blog, dan khususnya anda yang saat ini belum bekerja dan ingin memiliki penghasilan, tidak ada salahnya mulai belajar membuat blog.

Namun yang perlu digaris bawahi bahwa menjadi blogger tidak akan langsung instan mendapatkan penghasilan yang tinggi, misalnya seperti model bisnis online lainnya yang dalam satu dua hari langsung mendapatkan jutaan rupiah, tapi setelah itu bisnisnya langsung berhenti. (Maaf saya tidak menyebutkan salah satu contohnya, agar persaingan mencari penghasilan online tetap sehat).

Menjadi Blogger adalah pekerjaan jangka panjang yang nantinya bahkan bisa mengalahkan penghasilan atau gaji dari pekerjaan tetap.

Mengelola blog sama halnya seperti pekerjaan lain, butuh ketekunan, kerja keras dan semangat. Karena ngeblog juga membutuhkan proses yang harus dijalani, dan tidak mudah. Kenapa saya mengatakan tidak mudah? Karena saya sudah menjalani prosesnya terlebih dahulu. Tapi saya bukan bermaksud menakut-nakuti anda yang ingin belajar blog dari awal atau menjadi blogger pemula.

Oh iya, saya beberapa tahun yang lalu membuat blog dengan belajar secara otodidak atau dalam artian belajarnya tidak terstruktur sehingga cukup lama menunggu agar bisa merasakan hasil dari blog.

Berdasar dari pengalaman tersebut akhirnya saya mencoba membuat kesimpulan tahapan-tahapan yang harus dipelajari oleh anda yang masih pemula dalam dunia blogger.

Apakah tahapan ngeblog ini harus diikuti? Menurut saya iya wajib diikuti. Karena nantinya ilmu dasar tahapan mengelola blog ini akan menjadi bekal anda setelah betul-betul terjun di medan tempur blogger. Mengapa demikian? Karena blogger juga memiliki tingkat persaingan yang tidak mudah. Tapi tenang saja, kita akan memiliki pasar tersendiri nantinya, pasar disini maksudnya wilayah otoritas blog kita di pencarian google.

Saya saat ini sedang mood untuk membahas tahapan penting bagi pemula yang ingin membangun blog, semua proses dasar dalam mengelola blog antapedia.com ini akan saya ulas dengan lengkap dalam artikel ini. Pastikan anda menyimaknya dengan baik dan langsung dipraktekkan. Luangkan waktu khusus untuk belajar tahapan membuat blog hingga memperoleh penghasilan tiap bulan. Bahasa kerennya langsung action aja, begitu.

Bagaimana, Tetap ingin lanjut belajar blog? Baiklah mari kita bahas satu persatu tahapannya berikut ini:

10 TAHAPAN BELAJAR BLOG HINGGA MENGHASILKAN UANG

Anda yang melanjutkan membaca bagian ini saya anggap serius ingin belajar proses mengelola blog, jika dirasa penting buatlah catatan pendek dari point penting yang didapatkan dalam artikel ini.

1. Membuat blog gratis di blogspot/blogger.com

Tahapan mengelola blog yang paling awal adalah dengan membuat blognya terlebih dahulu. Anda bisa membuat blog melalui fasilitas yang disediakan oleh google yaitu blogspot atau melalui www.blogger.com, dan ini gratis.

Jangan lupa memilih nama blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik yang akan dibahasnya nanti. Jika anda ingin membuat blog bisnis kaitkanlah nama blog anda dengan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis tersebut, atau fashion, kuliner, kecantikan, pendidikan dan bahkan blog general yang bisa anda isi dengan berbagai macam jenis artikel.

Lalu antapedia itu dari kata kunci apa ya? Hehe, berhubung saya dulu sangat awam tentang blog, maka saya membuat nama blog sesukanya saja sehingga sampai sekarangpun tidak diketahui blog ini fokus di pembahasan apa. Tapi untunglah setelah berbagai usaha kerja keras, trial dan error, akhirnya blog antapedia juga bisa bersaing dengan blog lain dan mendapatkan traffik kunjungan yang lumayan dari pencarian google.

2. Mengatur template/tema blog

Setelah membuat blog dan memilih nama yang sesuai dengan topic yang akan dibahas, sekarang saatnya anda mengatur atau memilih template blog yang sesuai dengan selera.

Blogger memiliki berbagai macam pilihan template/tema yang bisa digunakan, atau jika ingin yang lebih keren anda dapat membelinya kepada pembuat template seperti mas sugeng, igniel dan yang lainnya.

Usahakan mengganti template ini satu kali saja di awal persiapan blog, kerena menurut pengalaman saya dulu yang sering gonta-ganti template berpengaruh pada traffik yang sudah ada menjadi berkurang. Saya sempat mencari tahu di berbagai forum ternyata mengganti template mengharuskan google melakukan perayapan ulang karena struktur template telah berubah dari pada sebelumnya, dan saya tidak terlalu mendalami tentang pengaruh perubahan struktur template ini terhadap mesin pencarian.

Jika template sudah dirasa oke, maka kita beralih pada pembahasan selanjutnya ya.

3. Membuat Menu Navigasi Blog

Membuat menu navigasi fungsinya adalah untuk memudahkan pengunjung dalam mencari artikel atau info yang ingin dibaca, dan google sangat menyukai blog yang ramah pengunjung atau mengutamakan kenyamanan pembaca.

Selain itu, menu navigasi juga akan memperindah tampilan blog. Blog yang kita kelola akan terlihat kaya pembahasan karena kita menawarkan berbagai label atau kategori dan sub kategori di menu navigasi.

4. Mendaftar ke Google Search Console (Webmaster)

Blog yang sudah rapi bisa segera di daftarkan pada Google Search Console atau pengindeksan mesin pencarian, sekarang silahkan mendaftar ke Search Console, minimal masukkan alamat homepage blog anda terlebih dahulu untuk memastikan blog anda masuk dalam pencarian google atau bahasa kerennya terindeks oleh google. Kemudian submit setiap artikel yang telah selesai di posting. 

5. Riset Keyword Gratis (Google Keyword Planner)

Selanjutnya belajar disiplin membuat tulisan, dalam artian bahwa tulisan yang anda buat memang berpotensi dicari oleh orang dan blog kita akan mendapatkan kunjungan unik yang bersumber dari mesin pencarian atau search engine.

Riset Keyword membantu anda mengetahui tingkat persaingan dan banyaknya pencarian kata kunci dalam artikel, selain itu dengan mengetahui kata kunci yang ingin ditulis anda bisa tetap fokus dalam menulis artikel karena pembahasan telah diikat dengan kata kunci, dan google menyukai pembahasan yang fokus karena artikel tersebut dianggap bisa membantu pengunjung mendapatkan penyelesaian masalah seperti yang diinginkannya.

6. Posting Artikel dan Gambarnya

Dibagian ini saya menganggap anda sudah menyiapkan artikel yang ingin di posting di blog, setelah artikel siap anda bisa menambahkan gambar yang berkaitan dengan gambar atau gambar relevan yang bisa menguatkan isi artikel.

Gambar sebisa mungkin adalah hasil karya sendiri, kalau tidak, anda bisa mendapatkannya di situs-situs yang berbagi gambar gratis. Kalaupun terpaksa mengambil dari website/blog lain anda bisa meminta ijin terlebih dahulu atau minimal mencantumkan alamat sumber gambar yang anda gunakan.

7. Submit Artikel Ke Search Console (Artikel Muncul di Pencarian Google, Bing, dan Yandex)

Artikel yang sudah di posting bisa langsung anda submit ke google search console untuk memastikan artikel bisa masuk di search engine. Artikel yang disubmit ke webmaster memang tidak akan masuk di mesin pencarian secara instan tapi paling tidak artikel sudah masuk antrian untuk dirayapi oleh google.

Saya biasa mengecek artikel sudah masuk atau belum di pencarian google dengan cara mengetikkan site:url postingan, misalnya url artikel yang sedang anda baca ini: site:https://www.antapedia.com/2021/07/10-tahapan-mengelola-blog-hingga.html

Jika sudah masuk di pencarian google itu artinya artikel blog sudah dirayapi dan terindeks google. Tidak tidak perlu selalu memantau artikel tersebut. Tapi tugas selanjutnya adalah riset keyword dan menulis lagi. Begitu seterusnya hingga blog menjadi lebih kuat karena sudah kaya dengan artikel.

Jika blog diibaratkan dengan toko, maka artikel adalah barang dagangannya. Tambah lengkap barang yang dijual akan tambah banyak yang mengunjungi toko tersebut karena mereka bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan melalui toko tersebut. Tinggal pengelolanya ingin membuat toko kelontong, toko bangunan atau sekalian super market yang serba ada. Semuanya baik dan berpotensi menguntungkan dikemudian hari.

8. Mendaftar Aplikasi Google News

Fasilitas Google News bisa anda manfaatkan untuk menayangkan artikel melalui aplikasi tersebut. Tentunya banyak manfaat jika andaa mendaftar di google news, salah satunya adalah kunjungan ke blog anda akan berlipat ganda, karena selain dari pencarian google juga dari aplikasi google news.

9. Mendaftar Google Adsense

Mendaftar Google Adsense adalah saat yang paling ditunggu dan mendebarkan bagi blogger pemula, betapa tidak sejauh ini google adsense masih dianggap proses yang seram bagi blogger pemula. Hal ini wajar saja karena google memang tidak secara gamblang menentukan kriteria blog yang akan di terima google adsense.

Namun secara umum mendaftar google adsense bisa diterima jika blog sudah ramah pengunjung, seperti isi artikel yang tidak mengandung unsur sara, porn*grafi, judi dan sebagainya yang dilarang oleh pemerintah. Menu navigasi harus jelas, khususnya menu contact, privasi, desclaimer, dan daftar isi.

10. Setting Iklan (Otomatis dan Manual)

Jika blog sudah diterima oleh google adsense, silahkan setting iklan sesuai keinginan, baik itu iklan otomatis ataupun manual, anda bisa melakukan eksperimen peletakan iklan yang bisa menghasilkan hingga settingan iklan sudah dirasa cocok.

10 tahapan mengelola blog diatas adalah tahapan umum yang harus diikuti oleh blogger pemula, namun intinya tetap pada semangatnya dalam menulis artikel, pastikan anda dapat memposting artikel secara rutin, bisa post tiap hari, seminggu 2 kali, atau 1 kali dalam seminggu, yang penting bisa rutin mengisi artikel ke blog.

Blogger pemula cukup menguasai tahapan-tahapan diatas, setelah itu tinggal mengembangkan sesuai passion anda. Prosesnya nanti anda akan menemukan pemecahan dari masalah yang dihadapi saat mengelola blog. tetap semangat dan tidak mudah putus asa, itu kunci utamanya.

ARTIKEL BLOGGER LAINNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close