-->

Mata Uang Digital Dogecoin (DOGE)

Mata Uang Digital Dogecoin (DOGE)
Mata Uang Doge (Sumber: dogecoin.com)
Apa itu Dogecoin? (DOGE)

Dogecoin adalah cryptocurrency yang terinspirasi oleh meme populer yang dikenal sebagai Doge, gambar anjing Shiba Inu yang disertai dengan frasa Comic Sans warna-warni yang dimaksudkan untuk menyampaikan monolog batinnya.

Diluncurkan pada akhir 2013, Dogecoin menjadi populer pada saat pengembang baru saja mulai mengeksplorasi kemungkinan yang diberikan oleh penemuan Bitcoin ( BTC ).

Memang, pembuatannya adalah upaya untuk menghadirkan kepribadian dan aksesibilitas ke teknologi baru, yang membantu mendorong Dogecoin menjadi pusat percakapan industri hingga 2014. 

Yang lebih mengejutkan, bahkan bagi pembuatnya, Dogecoin terus menikmati basis penggemar yang antusias dan komunitas online yang dinamis. Hingga hari ini, cryptocurrency-nya, DOGE, masih dipertukarkan, terutama untuk memberi tip pada pembuat konten online atau untuk upaya crowdfunding.

Salah satu alasannya adalah bahwa Dogecoin beroperasi seperti banyak cryptocurrency lainnya karena ia menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk menukar nilai, melalui internet, tanpa penjaga gerbang keuangan tradisional.

Bagaimana cara kerja Dogecoin?

Kode Dogecoin awalnya disalin dari cryptocurrency sebelumnya yang sekarang sudah tidak berfungsi yang disebut Luckycoin, itu sendiri merupakan cabang dari Litecoin (LTC).

Dari desain sebelumnya ini, Dogecoin meminjam algoritma konsensus berbasis Scrypt untuk menegakkan bagaimana jaringan komputer yang menjalankan perangkat lunaknya mencapai konsensus tentang riwayat transaksinya. 

Seperti Bitcoin, siapa pun yang menjalankan perangkat lunak Dogecoin dapat mendedikasikan kekuatan komputer untuk menyediakan layanan ini - sebuah proses yang sering disebut "penambangan" - sebagai imbalan atas kesempatan untuk mendapatkan mata uang kripto yang baru dicetak. 

Eksperimen Dogecoin yang paling menonjol, bagaimanapun, adalah kebijakan moneternya. Misalnya, sekarang tidak ada batasan berapa banyak Dogecoin yang dapat dicetak oleh perangkat lunak.

Awalnya total pasokan Dogecoin dibatasi pada 100 miliar DOGE, tetapi pengembang menghilangkannya beberapa bulan setelah peluncuran dengan tujuan membuat pasokan uangnya menjadi inflasi.

Seiring waktu, kelimpahan pasokan ini akan menghalangi para penambang untuk mengamankan blockchain Dogecoin, dan pada tahun 2014, proses penambangannya terintegrasi dengan Litecoin. Ini berarti siapa pun yang menambang Litecoin juga dapat menambang Dogecoin tanpa pekerjaan tambahan. 

Pada Februari 2018, lebih dari 113 miliar DOGE telah ditambang, dan 5 miliar DOGE terus dirilis oleh perangkat lunak setiap tahun. 

Siapa yang membuat Dogecoin?

Dogecoin diluncurkan pada Desember 2013 oleh programmer Billy Markus dan pemasar Jackson Palmer yang menciptakan koin sebagai semacam lelucon berdasarkan meme Doge. 

Palmer meninggalkan proyek tersebut pada tahun 2015, tetapi Markus tetap menjadi pengembang utamanya hingga hari ini.

Meskipun terselubung dalam lapisan lucu, pengembang Dogecoin telah bersikeras selama bertahun-tahun bahwa mereka benar-benar mengambil proyek, dan tanggung jawab mereka kepada pengguna, dengan serius. Sebagai bukti, proyek ini bahkan akan memulai beberapa eksperimen penting dalam desain cryptocurrency. 

Dogecoin juga akan menyoroti pentingnya komunitas dalam sistem uang kripto, karena penggunanya berada di balik beberapa upaya crowdfunding profil tinggi, termasuk mengumpulkan $ 50.000 dalam DOGE untuk membantu mengirim Tim Gerobak Luncur Jamaika ke Olimpiade 2014. 

Mengapa DOGE memiliki nilai?

Bahkan setelah kesenangan dan hiburan dari ide awal Dogecoin mereda, pasokan mata uang jaringan terus mempertahankan daya beli dan mulai digunakan dalam perdagangan online. 

Seperti cryptocurrency lainnya, Dogecoin memiliki nilai tukar mengambang dengan aset digital lainnya, dan juga dapat dibeli, diperdagangkan, dan ditukar dengan mata uang fiat atau barang fisik. 

Namun, Dogecoin terus menjadi yang paling sering digunakan dalam pemberian tip online melalui jejaring sosial seperti Reddit, di mana DOGE dipertukarkan antara rekan dan pembuat konten.  

Mengapa menggunakan DOGE?

Nilai jual terbesar Dogecoin adalah komunitas penggemar yang antusias, yang dikenal sebagai Shibes, yang sering menggunakan mata uang untuk memberi tip kepada pembuat konten yang karyanya mereka sukai. 

Mengingat pasokannya yang tidak terbatas, DOGE mungkin kurang menarik sebagai investasi, tetapi DOGE tetap merupakan mata uang kripto yang sangat nyata karena memiliki nilai yang dapat disimpan atau ditukar. 

Dengan demikian, pendatang baru terus menemukan Dogecoin sebagai titik masuk yang kurang serius dan lebih mudah diakses ke komunitas yang terkadang bermusuhan yang mengisi industri cryptocurrency.

(Artikel ini telah tayang dalam bahasa inggris di website: https://www.kraken.com/learn/what-is-dogecoin-doge).

Update harga Dogecoin saat ini, Selasa, 09/02/2021 Pukul 19.32 ialah Rp. 1.130

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel