-->

6 Daftar Keahlian Digital Marketing yang Wajib Dikuasai

6 Daftar Keahlian Digital Marketing yang Wajib Dikuasai
Kursus Digital Marketing (gambar:codeva.co.id)
Keahlian Digital Marketing, Digital marketing kini telah menjadi tumpuan yang cukup besar bagi sebuah bisnis. Perkembangan teknologi mempelopori adanya digital marketing dan ilmu ini akan terus berkembang.  Bagi kamu yang hendak bekerja di ranah ini perlu tahu apa saja keahlian yang dibutuhkan.

Profesi sebagai pemasar digital pun turut banyak diminati dan menjadi lapangan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Kamu tidak harus bekerja 8 jam sehari di kantor dari pagi sampai sore, karena bermodalkan laptop dan internet pekerjaan bisa dilakukan di mana saja.

Dan keahlian dalam bidang digital marketing seperti SEO bisa kamu pelajari di tempat kursus SEO terbaik di Codeva Academy dimana akan ada banyak manfaat belajar ilmu digital marketing untuk Kamu mulai dari memiliki jumlah pendapatan yang tidak sedikit hingga
untuk meningkatkan karir dalam pekerjaan

Keahlian yang Wajib Dimiliki oleh Digital Marketer

Sebelum menjajaki profesi ini, ada baiknya jika kamu mengenali apa saja keahlian yang wajib dikuasai. Untuk mempelajarinya, kamu bisa belajar dari profesional langsung, mengikuti kelas di universitas atau cara cepatnya dengan ikut kursus. Apapun cara yang dipilih, kamu yang belum paham sekali harus belajar dari dasar.

Keahlian yang dibutuhkan dalam digital marketing sendiri sebenarnya sangat luas. Setelah belajar dasarnya, maka kamu akan lebih mudah menentukan arah mana yang dituju. Daripada bingung, yuk kenali skill apa saja yang harus dikuasai.

1. Mengenal tentang konten

Apa itu konten? Mungkin kamu sudah sering mendengarkan pertanyaan ini. Dalam dunia digital marketing konten adalah ujung tombak yang harus dikuasai. Apakah kamu bisa membuat konten yang menarik dan memicu seseorang untuk membeli, inilah yang terpenting. Ada begitu banyak jenis konten seperti konten tulisan, gambar hingga video.

Keahlian menulis, edit foto, edit video bisa diasah. Yang terpenting adalah bagaimana bisa kamu menciptakan ide menarik sesuai dengan produk yang hendak ditawarkan.

2. Menguasai Wordpress

Wordpress kini sangat banyak digunakan dan karena alasan inilah yang membuat kamu harus menguasainya. Melalui Wordpress kamu bisa mengupload konten tulisan, foto dan audio visual secara bersamaan. Wordpress sendiri adalah mesin blog yang sangat dominan saat ini sehingga menguasainya adalah hal wajib.

Kamu bisa mengikuti kelas dasar Wordpress untuk menguasainya dan cobalah untuk membuat blog sendiri. Dari situ akan datang kesempatan untuk belajar dan mencermati perkembangannya untuk diimplementasikan dalam bisnis.

3. Mengenal karakter sosial media

Skill selanjutnya yang harus dimiliki adalah paham betul akan karakter dari masing-masing sosial media. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menyasar target audience dan membangun link. Kamu tidak harus menjadi seorang influencer untuk mengenalnya. Cukup dengan mengetahui konten seperti apa yang dibutuhkan dari masing-masing sosial media.

Nantinya konten yang akan dibuat akan disebarluaskan melalui sosial media supaya menarik perhatian para calon konsumen.

4. Menguasai SEO dan SEM

Belajar tentang blog akhirnya akan mengarah pada SEO dan SEM di mana konten dalam blog bisa meraih peringkat di Google. SEO atau Search Engine Optimization dan SEM yaitu Search Engine Marketing adalah kunci untuk mendapatkan peringkat tersebut. Ada banyak yang harus dipelajari seperti keyword, penempatannya, ukuran gambar, dll.

Dengan menguasai SEO dan SEM kamu akan terus mengikuti perkembangan algoritma Google supaya tujuan engagement selalu tercapai.

5. Kemampuan analisis

Tak hanya membuat konten, untuk mengetahui apakah konten yang kamu buat dan sebarluaskan bekerja maka kuasai juga ilmu analisis. Untuk mempelajarinya maka kamu perlu menguasai tools untuk mengukur jumlah visitor dari blog serta sosial media. Dari data tersebut kamu harus pandai menganalisis untuk mengetahui tren kedepannya serta langkah yang harus diambil.

6. Email marketing

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah skill tentang email marketing. Keahlian ini sangat dibutuhkan karena email mampu membentuk hubungan dengan konsumen secara personal. Sangat berbeda dengan sosial media yang sifatnya lebih umum, perlu kesinambungan untuk membujuk calon konsumen melalui email marketing.

Ada beberapa strategi berbeda yang perlu kamu kuasai untuk menggunakan email sebagai tools marketing.

Sudah jelas bukan bahwa kemampuan seorang digital marketer begitu luas, kamu tidak harus menguasai semuanya secara mendalam tetapi setidaknya mengetahui. Barulah kamu bisa memilih bidang manakah yang ingin diperdalam ilmunya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel