-->

Pelajari tentang hantavirus Pulmonary Syndrome

Pelajari tentang hantavirus Pulmonary Syndrome
Hantavirus (Sumber gambar: Google)
Hantavirus adalah sekelompok virus yang dibawa oleh tikus yang menyebabkan penyakit pada manusia. Hantavirus yang ditemukan di Eropa dan Asia menyebabkan suatu bentuk penyakit ginjal yang disebut dengan hemorrhagic fever with renal syndrome (HFRS). Hantavirus di Amerika menyerang paru-paru, menyebabkan hantavirus pulmonary syndrome (HPS). HPS hanya diidentifikasi sebagai penyakit yang terjadi di AS pada 1990-an.

Fakta-fakta kunci:

HPS jarang terjadi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 728 kasus penyakit diidentifikasi di Amerika Serikat antara tahun 1993 dan 2017. Kasus HPS telah diidentifikasi di 34 negara bagian, dengan 96% diidentifikasi di negara bagian barat Sungai Mississippi .

Hantavirus yang merupakan penyebab utama HPS di AS disebut virus Sin Nombre.
Tikus rusa adalah pembawa utama virus, dengan pembawa lain termasuk tikus berekor putih, tikus kapas dan tikus padi. Tikus rumah dan tikus Norwegia yang paling sering ditemui di komunitas perkotaan bukan pembawa.

Gejalanya meliputi timbulnya demam, menggigil, lemas, mual, muntah, dan nyeri perut yang diikuti oleh kesulitan bernafas.

HPS dapat berakibat fatal dengan cepat jika tidak diidentifikasi dan diobati segera.
Bagaimana Hantavirus Mempengaruhi Tubuh Anda

Hantavirus menginfeksi orang ketika mereka dihirup. Jika virus mencapai paru-paru Anda, ia dapat menginfeksi sel-sel yang melapisi pembuluh darah kecil di paru-paru, menyebabkan mereka menjadi "bocor." Pembuluh darah yang bocor memungkinkan cairan untuk mengisi paru-paru sehingga sulit bernapas.

Ketika virus menginfeksi jantung, kerusakan mengurangi kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kegagalan ini menyebabkan tekanan darah sangat rendah ("syok") karena oksigen tidak tersedia untuk semua sel tubuh. Ini dapat dengan cepat menyebabkan kegagalan sebagian besar atau semua organ dan dapat dengan cepat menyebabkan kematian.

Siapa yang Beresiko?

Populasi pedesaan dengan potensi paparan terhadap hewan pengerat liar berisiko. Ada beberapa kasus pasien yang mengalami HPS tanpa kontak yang jelas dengan tikus, tetapi ada kemungkinan bahwa mereka tidak mengenali paparan mereka. Karena HPS adalah penyakit yang menyebar melalui air liur tikus, urin atau feses, Anda mungkin tidak pernah melihat hewan pengerat dan masih menghirup udara yang terkontaminasi oleh virus. Sementara menghirup tetesan kecil virus adalah cara yang paling umum untuk terinfeksi, rute infeksi lain termasuk gigitan dari tikus yang terinfeksi, menyentuh sesuatu yang terkontaminasi oleh virus dan kemudian menyentuh mulut Anda atau berpotensi memakan makanan yang terkontaminasi oleh tikus yang terinfeksi. Dalam kasus-kasus ini, kesadaran akan kasus-kasus HPS lain di daerah tersebut dan tanda-tanda serta gejala yang mencurigakan harus mengingatkan Anda untuk mencari bantuan dan dokter untuk menegakkan diagnosis dan perawatan dini.

Catatan : Siapa pun yang terpapar virus dapat mengembangkan infeksi hantavirus, itu tidak hanya mempengaruhi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Biasanya dikaitkan dengan paparan pekerjaan dalam pekerjaan seperti konstruksi, kebersihan, pertanian dan pengendalian hama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel